Selasa, 28 September 2021
Selasa, 28 September 2021

Wisata Cipanas Geger Bentang Ciamis, Dekat Air Terjun dan Bisa Terapi

Berita Ciamis, galuh.id – Objek wisata Cipanas Geger Bentang (Gerben) merupakan ikon wisata yang ada di Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Objek wisata ini berada di kaki gunung. Di sana terdapat kolam air panas secara alami dari celah bebatuan. Kemudian oleh warga setempat ditampung kedalam sebuah kolam yang saat ini menjadi sebuah ikon wisata di tempat tersebut.

Saat ini objek wisata Gerben ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cikupa, Kecamatan Banjaranyar.

Baca Juga: Curug Gumawang Banjaranyar, Potensi Wisata Alam Baru di Ciamis

Menurut tokoh setempat, Endi Supendi objek wisata Gerben ini mulai dibuka pada tahun 2007.

“Mulai dibukanya sejak masa Kepemerintahan bapa Ata yaitu pada tahun 2007 dan diresmikan oleh bapa Engkon Komara yang pada saat itu sebagai Bupati Ciamis,” kata Endi kepada Galuh ID, Sabtu (18/7/2020).

Wisata Cipanas Geger Bentang Menyajikan Kolam Air Panas

Objek wisata ini selain menyajikan kolam air panas juga terdapat dua curug atau air terjun yang berdempetan.

“Lantaran posisinya berdempetan layaknya seorang pengantin, maka warga menyebutnya curug Panganten. Tak hanya itu, destinasi wisata ini juga terdapat sepuluh sampai dua belas Goa yang tentunya wajib dikunjungi,” katanya.

Dia menuturkan, air panas yang ada di kolam tersebut merupakan aliran air panas yang keluar secara alami dari celah bebatuan. Air panas ini bisa digunakan untuk terapi berbagai penyakit seperti gatal-gatal, encok, rematik dan struk.

“Wisatawan yang datang ke sini kebanyakannya sih berniat untuk terapi di kolam air panas ini. Namun banyak pula yang cuma ingin menikmati indahnya pemandangan,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk memasuki area wisata ini, wisatawan cukup membayar tiket 2000 rupiah per orangnya dan membayar uang parkir 2000.

Di hari-hari tertentu, yakni di hari libur seperti hari minggu wisatawan yang berkunjung bisa mencapai ratusan orang.

“Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan dapat menggunakan motor atau mobil dalam waktu kurang lebih tiga puluh menit dari jalan raya Banjar -Pangandaran. Jangan khawatir, jalannya pun sudah bagus,” pungkasnya.

Tantri (20), seorang wisatawan yang berasal dari Kota Banjar mengatakan, dirinya bersama teman – temannya hendak menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di sekitar objek wisata Gerben seperti curug Panganten.

“Saya bersama teman -teman ingin menikmati indahnya pemandangan alam di sini dengan mengambil gambar dan berswafoto di curug Panganten,” katanya.

Terapi Air Panas

Sementara wisatawan lainnya bernama Andri menuturkan, kedatangan dirinya ke objek wisata Gerben ini berniat ingin menghilangkan penyakit rematik dan encok.

“Saya dan keluarga datang ke sini untuk terapi di kolam air panas. Mudah-mudahan saja penyakitnya bisa hilang,” harapnya.

Informasi yang didapat dari penunggu atau Kuncen curug Panganten, bahwa curug ini bisa membawa pengaruh bagi seseorang yang mandi di lokasi curug tersebut.

Menurutnya, apabila ada calon pengantin yang sebelum menjalankan akad nikahnya mandi di lokasi tersebut, maka wajah kedua calon pengantin tersebut akan terlihat bercahaya bak seorang raja dan ratu.

Sementara bagi pemuda atau pemudi yang sulit mendapatkan jodohnya, apabila mandi kemudian berzikir di curug Panganten maka akan mudah mendapat jodohnya. (GaluhID/Uus)

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan