Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Work Form Home Berakhir, New Normal ASN Mulai 5 Juni

Berita Nasional, galuh.id – Work Form Home (WFH) bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan berakhir, selanjutnya akan diterapkan tatanan normal baru atau New Normal ASN.

ASN akan melaksanakan tatanan normal baru mulai tanggal 5 Juni 2020, seperti yang disampaikan Menteri PANRB Indonesia, Tjahjo Kumolo.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), itu berharap ASN agar dapat beradaptasi.

“ASN harus bisa  beradaptasi pada perubahan new normal pada situasi pandemi virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda pada saat ini,” katanya.

Menteri PANRB telah mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor 58/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru.

Pada SE tersebut menjelaskan tentang penyesuaian sistem kerja bagi ASN, saat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjalankan penyelenggaraan pemerintahan.

Selain menjalankan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan, ASN harus dapat menjalankan pelayanan publik menyongsong tatanan normal baru yang produktif dan aman.

Aman yang dimaksud adalah aman dari Covid-19, yaitu dengan memprioritaskan aspek kesehatan dan keselamatan bagi ASN dengan menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan tersebut harus dapat diterapkan pada aktivitas keseharian ASN di lingkungan kerjanya masing-masing.

Dalam adaptasi terhadap tatanan new normal baru di lingkungan kementerian/lembaga/daerah meliputi beberapa hal.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan oleh ASN

Dalam adaptasi tersebut terdapat penyesuaian sistem kerja ASN, serta dukungan sumber daya manusia dan dukungan infrastruktur dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk penyesuaian sistem kerja, ASN harus menaati ketentuan jam kerja yang berlaku setelah dilakukan penyesuaian sistem kerja saat pandemi Covid-19.

Penyesuaian sistem kerja pada ASN tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas atau aktivitas kesehariannya.

Kemudian dalam penyesuaian sistem kerja tersebut dapat dilaksanakan melalui fleksibilitas dalam pengaturan lokasi bekerja, yakni pelaksanaan tugas kedinasan secara WFO  dan WFH.

Untuk dukungan sumber daya manusia, yang perlu diperhatikan adalah dalam manajemen SDM ASN, seperti penilaian kinerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.

Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) memastikan kedisiplinan pegawai, sedangkan pimpinan unit kerja melakukan pemantauan dan pengawasan.

Selanjutnya adalah dukungan infrastruktur, kebutuhan ASN dalam melaksanakan tugas, akan dipersiapkan oleh PPK yang bertugas mempersiapkan dukungan sarana dan prasarana.

Selain itu tidak kalah pentingnya penerapan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, dengan memperhatikan keamanan informasi dan cyber.

Kemudian PPK harus menyesuaikan lingkungan kerja dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menkes mengeluarkan SE Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan tersebut, tercantum pelaksanaan penyesuaian sistem kerja ASN akan diatur lebih lanjut oleh PPK masing-masing. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Sindir Kasus Penyiraman Novel Baswedan, Nama Komika Bintang Emon Viral

Berita Nasional, galuh.id - Media sosial diramaikan dengan aksi komika, Bintang Emon. Videonya yang mengkritisi kelanjutan kasus penyiraman penyidik KPK, Novel Baswedan...

PSSI Membuat Regulasi Dadakan, Persipura Putri Didiskualifikasi

Berita Olahraga, galuh.id - Kompetisi Liga 1 Putri berujung antiklimaks, tim Persipura Putri gagal melaju ke final setelah diputuskan WO (Walk Out)...

Samsung Galaxy M11, Harga 2 Jutaan Spesifikasi Handal

Samsung Galaxy M11 merupakan HP 4G yang memiliki triple kamera serta memiliki kapasitas baterai yang sangat besar. Harga HP ini pun terbilang...

Desa Sukasari Banjarsari Gelar HKP Ciamis Tingkat Desa

Banjarsari, galuh.id Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Desa Sukasari tahun 2019 digelar di Kebun Wisata Wiradadaha, Senin (23/9/2019). Berbagai...

Talimeng Ciamis Bagi-bagi Takjil di Bulan Suci Ramadan

Ciamis, galuh.id - Ibu-ibu yang tergabung dalam komunitas Tali Silaturahmi Sambil Ameng (Talimeng) Ciamis melakukan bakti sosial dengan berbagi takjil di Alun-alun...