Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

5 Warga Indramayu Positif Corona , Ini Yang Dilakukan Gugus Tugas Jawa Barat

Berita Jabar, galuh.id – Terdapat 5 warga Indramayu positif Corona , sehingga Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat harus bertindak.

Tindakan yang dilakukan dengan penguatan koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Indramayu, untuk penelusuran lebih lanjut agar kasus positif tidak melonjak.

Karena 5 warga Indramayu positif Corona tersebut merupakan satu keluarga, sehingga dikhawatirkan kasus positif dari transmisi local akan melonjak.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulanan Covid-19 Jabar, Berli Hamdani yang menyampaikan upaya untuk mempersempit.

“Kami lakukan koordinasi dengan gugus tugas setempat untuk melakukan surveillance, pelacakan kontak, dan pemeriksaan,” jelas Berli, Jum’at (15/5/2020).

Selain itu menurut Berli, pemeriksaan meliputi Rapid Diagnostic Test (RDT) dan tes Swab melaluli metoda Polymerase Chail Reaction (PCR).

Kemudian sebagai antisipatif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut harus diisolasi, dan pelacakan pada orang-orang yang telah kontak dengan pasien.

Hal tersebut dilakukan sebagai deteksi dini untuk mencegah agar penularan tidak meluas, sehingga menghambat pencegahan penularan Covid-19.

Selain itu, Berli menambahkan, perlakuan jenazah suspek Covid-19 akan dilakukan sesuai protocol kesehatan yang dianjurkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan WHO.

Perlakukan jenazah tersebut dilakukan sebagai upaya dalam pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) yang berasal dari jenazah.

Jenazah Akan Dicatat Sesuai Pedoman WHO Yang Telah Diperbaharui

Kemudian untuk yang meninggal dalam kondisi memiliki gejala, dimasukan pada data korban pandemi sehingga dapat tercatat sesuai pedoman dari WHO.

Pedoman WHO yang diperbaharui tersebut menurut Berli, sudah disosialisasikan pada fasilitas pelayanan kesehatan, rumah sakit darurat dan rumah sakit rujukan.

Berli menambahkan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal akan diperlakukan layaknya seperti yang terkonfirmasi positif, dan akan dilakukan tes.

“Yang meninggal akan diperlakukan seperti kasus positif, meskipun statusnya PDP, dan yang pernah kontak akan diisolasi,” pungkas Berli. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

SE Mendagri Picu Gesekan Masyarakat, 583 Desa di Jabar Gagal Gelar Pilkades

Berita Jabar, galuh.id - Surat edaran (SE) Mendagri tentang penundaan Pilkades menimbulkan pertentangan. Sudah berjalannya tahapan penyelenggaraan dinilai dapat memicu gesekan dari...

HUT RI dan Jabar Tak Gelar Kegiatan yang Berpotensi Kumpulkan Massa

Berita Jabar, galuh.id - Memperingati HUT RI dan Jabar ke-75, pemprov Jabar tidak menggelar kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa. Peringatan HUT Republik...

Jabar Kendalikan Kasus Covid-19 Tempati Urutan Kelima di Indonesia

Berita Jabar, galuh.id - Provinsi Jabar berhasil kendalikan kasus Covid-19. Bahkan, Jawa Barat saat ini berhasil menempati urutan kelima dari 34 provinsi...

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Sinopsis Film Annabelle, Boneka Pembawa Malapetaka

Sinopsis film Annabelle terinspirasi dari boneka nyata yang diyakini berhantu. Film Annabelle merupakan bagian dari waralaba film The Conjuring, yang sama-sama menampilkan...

Harga Redmi 9A Hanya 1 Jutaan, Spesifikasi Unggul

Harga Redmi 9A menjadi salah satu pertanyaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki HP terbaru dari Xiaomi ini. HP Xiaomi Redmi 9A...

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...