Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Agar Tenang Dalam Beribadah, Masjid di Ciamis Ini Adakan Piket Kebersihan

Berita Ciamis, galuh.id – Agar tenang dalam beribadah masjid di Ciamis adakan piket kebersihan setiap harinya. Piket dilakukan secara sukarela oleh warga.

Masjid Jami Istabiqul Khoer yang berada di Perum Taman Jati Indah Panyingkiran Ciamis yang adakan piket setiap harinya.

Menurut Ketua RW 09, Andri Harimawan, piket tersebut diadakan agar jamaah nyaman dan tenang, dan juga tentunya untuk mencegah Covid-19.

“Piket tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan juga untuk menciptakan rasa aman pada jamaah,” jelas Andri.

Untuk pembagian piket tersebut menurut Andri ditawarkan langsung pada warga Perum Taman Jati Indah, sehingga sifatnya sukarela.

Sedangkan untuk jadwal piket kebersihan diserahkan pada masing-masing petugas piket, sehingga waktunya pun berbeda beda.

Sejak diberlakukannya Karantina Wilayah Terbatas, Masjid yang berada di lingkungan RW 09 ini tetap digunakan untuk salat berjamaah.

Terdapat beberapa perbedaan seperti adanya sarana cuci tangan dan juga jamaah harus membawa alas atau sajadah masing-masing.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Istabiqul Khoer, Ustadz Dede Suparman menyampaikan aktifitas ibadah di masjid tersebut tidak dihentikan.

“Untuk salat berjamaah, salat tarawih masih dilakukan, hanya saja tetap memperhatikan dengan menggunakan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ustad Dede Sambut Baik Adanya Piket Kebersihan di Masjid

Sementara itu diadakannya piket atau pembagian jadwal untuk membersihkan masjid, Ustad Dede menyambut dengan baik hal tersebut.

Warga Perum yang piket pun secara sukarela mengajukan diri untuk melakukan piket, sehingga untuk waktunya diberikan kebebasan.

Setiap hari, meskipun berbeda waktu namun warga dengan sukarela membersihkan masjid tersebut, misalnya ada yang pagi hari, siang maupun sore.

Salah satu warga yang melakukan piket, Mamay menyampaikan kegiatan piket tersebut selain untuk menjaga kebersihan masjid juga untuk mengisi waktu.

“Selain untuk kebersihan dan menjaga pencegahan virus Corona, membersihkan masjid ini untuk mengisi waktu atau ngabuburit,” jelas Mamay.

Tidak heran setiap harinya masjid tersebut nampak bersih, sehingga meskipun jamaah tidak membawa alas atau sajadah, salat tetap nyaman. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...