oleh

Akibat Amblas, Akses Jalan di Cipaku Ciamis Putus Total

Hubungi
 
 

Akibat Amblas, Akses Jalan di Cipaku Ciamis Putus Total

Berita Ciamis, galuh.id – Kondisi ruas jalan yang menghubungkan dua dusun, yakni Dusun Buniasih dan Dusun Cijoho, di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, rusak parah.

Hal itu diakibatkan amblasnya ruas jalan beberapa waktu lalu. Warga pun berharap pemerintah dapat segera memperbaikinya.

Loading...

Yadi, warga setempat mengatakan, peristiwa amblasnya ruas jalan penghubung Dusun Buniasih dan Dusun Cijoho terjadi pada Rabu (19/02/2020) lalu.

Sebelum jalan penghubung itu amblas, dirinya yang pada saat kejadian tengah berada di lokasi. Ia mengaku mendengar suara gemuruh dan suara derak pepohonan yang terbawa tanah bergerak.

“Ada suara seperti gemuruh dan tanah bergetar, lalu suara itu hilang, saya kaget begitu lihat jalan ternyata sudah amblas,” terangnya.

Yadi mengatakan, kerusakan jalan sangat menyulitkan aktivitas transportasi masyarakat setempat. Akibat jalan amblas, pengguna jalan pun otomatis terganggu.

Dia berharap, Pemkab melalui dinas terkait segera memperbaiki jalan yang amblas tersebut. Sehingga transportasi di wilayahnya bisa kembali berjalan dengan normal.

“Jalan ini adalah akses lalu lintas penting untuk warga, jadi saya harap pemerintah bisa secepatnya memperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Desa, Yana Mulyana menyebut, amblasnya ruas jalan Desa penghubung antar Dusun Buniasih dan Dusun Cijoho ini akibat hujan deras yang terus mengguyur.

Jalan di Cipaku Ciamis Amblas Dikarenakan Hujan Deras

Pergeseran tanah akibat hujan deras yang terus mengguyur. Sehingga akses jalan penghubung antar Dusun Buniasih dan Dusun Cijoho, di Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis, putus total akibat amblas.

“Peristiwa ini terjadi beberapa hari lalu, saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Cipaku dan sekitarnya,” terangnya.

Yana menuturkan, saat ini kondisi jalan yang amblas semakin hari semakin memprihatinkan. Hal itu bisa membahayakan bagi pengguna jalan yang melewati lokasi tersebut.

“Sangat bahaya, apalagi untuk kendaraan roda empat karena bahu jalan hanya menyisakan 50 sentimeter,” terangnya.

Lanjutnya, masyarakat menginginkan agar jalan tersebut dapat segera diperbaiki. Selain menghambat transportasi, kondisi jalan amblas pun akan sangat berbahaya untuk dilalui oleh pengguna jalan.

Pihaknya mengaku sudah melaporkan peristiwa jalan amblas ini kepada pemerintah setempat, dan sudah ada tinjauan langsung ke lokasi oleh Pemkab Ciamis.

“Sudah ada tinjauan dari Pemkab Ciamis, tapi belum ada kejelasan terkait kapan bisa dilakukan perbaikan,” tukas Yana. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA