Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Aliansi Mahasiswa Ciamis Geruduk Gedung DPRD Tolak Revisi UU KPK

Ciamis, galuh.id – Aliansi mahasiswa anti korupsi dari berbagai organisasi kemahasiswaan diantaranya dari Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), BEM IAID, BEM STAI, BEM unigal dan DPM Unigal.

Aksi ratusan mahasiswa tersebut merupakan aksi penolakan Revisi UU KPK Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Korupsi yang dimulai dari Gedung Islami, Center Ciamis kemudian konvoi ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis.

Dalam aksi tersebut langsung diterima oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Nanang Permana SH, Politisi senior dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ada 4 tuntutan aliansi mahasiswa anti korupsi diantaranya, menolak Revisi Undang-Undang KPK, kembalikan marwah KPK sebagai lembaga negara yang independen, melemahkan KPK adalah bentuk afirmasi terhadap tindakan korupsi dan segera lakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi.

Selain itu, menurutnya, Revisi Undang-undang No 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi akan melemahkan KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi.

“UU Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi tentu akan merugikan masyarakat, lantaran jika lembaga pemberantas korupsi dipersempit kewenangannya maka koruptor akan lebih leluasa memakan uang rakyat,” ujar Ketua HMI Ciamis, Hernawan Mahabrata kepada wartawan, Jumat (20/9/2019).

Dia menjelaskan, salah satu upaya pelemahan KPK adalah adanya poin yang menjadikan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara. Lalu, kegiatan penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan yang dilakukan KPK pun harus berdasarkan izin dewan pengawas.

“Itulah yang akan mengganggu independensi KPK dalam memberantas korupsi,” ucapnya. (galuh.id/Taz)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.