Senin, 25 Januari 2021
Senin, 25 Januari 2021
 
 

Aplikasi Google Meet, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Aplikasi Google Meet banyak digunakan saat berbagai pertemuan harus dilakukan secara online atau daring.

Melakukan pertemuan daring melalui sebuah layanan aplikasi menjadi hal yang lumrah juga dengan biaya cukup murah sekarang ini.

Kemajuan teknologi informasi seolah disertai pula dengan majunya industri aplikasi yang sangat membantu aktivitas harian.

Baca Juga: Aplikasi Meeting Online yang Memudahkan saat Work From Home

Tanpa terhalang jarak dan cukup dengan koneksi jaringan internet, maka Anda sudah bisa memandang kawan bicara. Ini menjadi hal yang sangat mengasyikan.

Berbagai macam topik yang dapat dibahas melalui video konferensi pun tentu akan berpengaruh terhadap jumlah partisipan atau bahkan durasi video konferensi.

Melakukan pertemuan daring pun menjadi pilihan yang unik pula untuk menghemat biaya transportasi atau biaya lainnya yang harus dikeluarkan.

Aplikasi Google Meet untuk Pertemuan Daring

Dari sekian banyak aplikasi yang digunakan untuk video konferensi, Google Meet hadir sebagai salah satu pilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudahnya.

Jika anda pernah atau bahkan sering melakukan pertemuan daring di Google Meet , sudahkan anda mengetahui atau merasakan kelebihan atau kekurangannya?

Berikut ini kami bahas kelebihan dan kekurangan melakukan pertemuan daring di Google Meet.

Kelebihan Google Meet

Gratis

Kelebihan melakukan pertemuan daring di Google Meet, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pemakaian awal yang harus dikeluarkan.

Aplikasi Google Meet tersedia dengan gratis yang dapat di unduh dengan mudah melalui Play Store atau App Store, Anda dapat memanfaatkan aplikasi gratis ini dengan cukup leluasa tentunya dengan fitur- fitur tertentu.

25 Partisipan

Jika Anda mengadakan pertemuan daring di Google Meet, maka Anda mendapat batasan partisipan hingga 25 orang.

Jumlah tersebut akan sangat mungkin dimanfaatkan oleh Anda untuk pertemuan daring dengan jumlah 25 orang, atau mungkin dapat dimanfaatkan pula untuk kegiatan kelas yang biasanya memiliki 20 siswa.

Namun jika Anda menginginkan peserta yang lebih banyak, tentu bisa berlangganan G-Suite dengan batasan 100 atau bahkan sampai 250 partisipan.

Tampilan Video HD

Tampilan jernih ketika melakukan video konferensi adalah dasar untuk memilih sebuah aplikasi pertemuan daring.

Aplikasi Google Meet sudah tersedia resolusi High Definition yang membuat video tampak lebih jernih. Anda tidak akan mengeluhkan karena tampilan video yang tampak kacau.

Enkripsi Video

Dengan terdapatnya layanan enkripsi video, anda akan sanagat diuntungkan dalam segi keamanan.

Sederhananya pihak Google Meet memberi komitmen pada pengguna agar aktifitas dalam video konferensi terjaga kerahasiannya. Sehingga tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan Google Meet

Belum Ada Fitur Hemat Data

Melakukan pertemuan daring di aplikasi Google Meet pun tentu memiliki kekurangan, salah satunya yaitu belum adanya fitur hemat data.

Padahal, dengan adanya fitur hemat data tentu akan membuat data tidak terbuang percuma atau bahkan boros.

Saat ini mungkin anda harus bersiap apabila data anda terkuras ketika melakuan video konferensi dengan menggunakan Google Meet .

Perlu Jaringan Internet Stabil

Secara umum dalam aplikasi aplikasi video konferensi, jaringan internet menjadi kunci pokok yang membuat aplikasi bekerja seperti yang seharusnya.

Hal yang sangat mungkin terjadi ketika melalkukan video konferensi dengan internet yang tidak stabil, maka video akan sering sekali delay.

Hal ini bukan hanya dirasakan ketika melakukan pertemuan daring di aplikasi Google Meet saja, tapi juga mungkin terjadi pada aplikasi video konferensi lainnya.

Belum Semua Fitur Free

Google Meet memang tersedia secara gratis alias free, namun tak sepernuhnya fasilitas yang tersedia dalam Google Meet gratis.

Untuk melakukan pertemuan daring di Google Meet dengan layanan lengkap, maka anda harus mengeluarkan biaya.

Sederhananya, untuk mendapatkan atau menggunakan beberapa fitur tertentu, pengguna harus berlangganan atau membeli paket Google Suite dengan biaya yang yang telah ditentukan Google.

Setelah Anda mengetahui betul mengenai kelebihan dan kekurangan pertemuan daring di Google Meet, pastikan Anda lebih bijak dalam memilih aplikasi apapun yang terpasang dalam perangkat anda.

Lakukan analisa terlebih dahulu sebelum memasang aplikasi apapun, termasuk aplikasi Google Meet. Perhatikan berbagai aspeknya terutama aspek keamanan. Tetap waspada karena data pribadi anda tentu akan terakses. Semoa bermanfaat. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

Artikel Terkait

Vivo Y20 versi 2021, Simak Spesifikasi Lengkapnya!

Vivo Y20 versi 2021 merupakan produk terbaru yang diperkenalkan oleh brand smartphone ternama asal Tiongkok. HP Vivo Y20 dengan gaya 2021 ini sebelumnya telah ada...

Vivo X60 Pro Plus Resmi Rilis, Ketahui Spesifikasi dan Harganya!

Vivo X60 Pro Plus secara resmi meluncur pertama kali pada Kamis, 21 Januari 2021 untuk pasar China. Smartphone terbaru ini sebagai pelengkap dalam kategori...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A32 Mumpuni, Intip Bocoran Lengkapnya

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A32 telah beredar luas di dunia maya mengenai komponen apa saja yang tersemat. Apalagi Samsung selalu memberikan kejutan untuk setiap produknya...

Temukan Kami

48,104FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya