Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021
 
 

Bangun Perumahan di Ciamis, Developer Harus Tempuh Syarat Ini

Berita Ciamis, galuh.id – Ada sejumlah syarat yang harus pengembang atau developer penuhi ketika hendak membangun perumahan untuk masyarakat.

Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi, menjelaskan syarat pertama membangun perumahan adalah site plan.

Di dalam site plan itu ada gambar rencana atau denah rencana proyek yang akan develepor bangun.

Komposisi lahan pembangunan akan diperiksa terkait sejauh mana kesesuaian lahan terhadap kepentingan komersial serta fasilitas umum.

”Kita akan kaji denahnya. Apakah layak huni atau tidak. Karena kaitannya dengan layanan masyarakat,” kata Aris, Sabtu (20/2/2021).

Layak huni yaitu bangunan rumah harus memperhatikan segi keselamatan, begitu pun dengan rutilahu.

Lanjut Aris, developer juga harus memperhatikan faktor kesehatan rumah hunian, terutama mengenai pencahayaan dan penghawaan.

”MCK dan pengolahan air limbah juga kita persyaratkan,” ucapnya.

Syarat berikutnya yang harus developer tempuh adalah fasilitas PSU (Prasarana Sarana dan Utilitas).

Prasarana seperti jalan utama, drainase. Wajib ada sarana ruang terbuka hijau dan sarana peribadatan seperti mesjid. Utilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) pun harus terpenuhi.

Fasilitas PSU minimal 40 persen dari luasan yang ada. ”Dari site plan 100 persen, 40 persennya itu peruntukkannya untuk PSU,” jelas Aris.

Selanjutnya, memperhatikan jarak antara rumah hunian dengan TPS. Lalu ada kewajiban developer menyediakan 2% dari lahan untuk TPU.

Menurut Aris, karena adanya pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 belum ada developer yang mengajukan pembangunan rumah hunian.

“Tapi untuk perluasan ada, seperti Perum Kota Galuh. Kemarin juga mengajukan pengembangan perum,” katanya.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan evaluasi perum yang sudah berjalan dan memberi masukan terkait syarat yang harus terpenuhi.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada developer perumahan dan membantu dalam pengurusan perizinan. (GaluhID/Evi)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Marak Klaster Perkantoran Covid-19, WFH di Ciamis Diberlakukan Lagi

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah kabupaten Ciamis menyiapkan sejumlah upaya agar klaster perkantoran Covid-19 tidak semakin meluas. Penularan virus corona saat ini terjadi di sejumlah...

30 Pegawai BPKD Ciamis Positif Covid-19, Klaster Perkantoran Marak

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 30 pegawai BPKD atau Badan Pengelolaan Keuangan Daerah di Ciamis positif Covid-19. Kabid P2P Dinas Kesehatan Ciamis, Bayu Yudiawan, mengatakan...

ORARI Daerah Jawa Barat Kunjungi Bupati Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - ORARI Daerah Jawa Barat kunjungi Bupati Ciamis, maksud dari kunjungan tersebut salah satunya adalah silaturahmi. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menerima langsung...

Temukan Kami

47,940FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya