Bangunan Milik Pengusaha Material di Sempedan Sungai Cikaso Banjarsari Roboh

113

Ciamis, Galuh.ID – Bangunan yang berdiri di pinggir Sungai Cikaso, Dusun Sukamaju RT 02 RW 01 Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Ciamis roboh. Bangunan yang berada tepat di dekat jembatan penyeberangan menuju pasar tradisional Banjarsari ini roboh pada Kamis (16/11/2018) sekitar pukul 05.00 WIB.

Robohnya bangunan yang baru berdiri ini akibat dari gerusan air sungai. Sebelumnya sebagian bangunan tertimpa pohon dan ambrol, sebagian material bangunan masuk ke sungai, sehingga sungai tersumbat, arus sungai pun mengikis bangunan, akibatnya bagian gudang bangunan tersebut roboh dan sebagian pondasi rusak terseret aliran sungai.

Diketahui pemilik bangunan adalah H. Doni. Sebelum pembangunan, pohon yang tumbang sudah menimbulkan konflik antara pemilik pohon dan H. Doni yang akan membeli pohon tersebut karena membahayakan.

Menurut Bogel, salah satu warga sekitar dirinya mendengar suara gemuruh di pagi hari, “pukul 05.00 WIB tadi saya mendengar suara gemuruh, tadinya saya tidak menduga ada bangunan yang roboh, setelah mendekat ke sumber suara ternyata bangunan milik pengusaha material Haji Doni roboh,” ujar Bogel.

Sementara itu, Kepala Dusun Sukamaju Desa Banjarsari, Yana Herdiana, bangunan yang rubuh itu akan digunakan sebagai gudang, “tetapi sekarang masih kosong dan belum diisi, masih sekitar 90% pembangunan,” kata Yana.

Ani Supiani, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD kabupaten Ciamis mengatakan jika bangunan dengan luas 25 x 15 meter ini berdiri di pinggir sungai dan masuk dalam sempedan sungai.

“Jadi bangunan tersebut berdiri di bibir sungai sekitar 3 meteran, sehingga bisa dipertanyakn perijinannya, baik IMB atau lainnya. Tetapi untuk bertanya masalah perizinan bukan termasuk kewenangann kami, BPBD kabupaten Ciamis,” kata Ani.

(UUS/K. Putu Latief)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini