Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Bansos Tasikmalaya Cair, Warga Dapat Rp 300 Ribu

Berita Tasikmalaya, galuh.id – Bansos Tasikmalaya cair Selasa, 1 September 2020. Pencairan Bansos Tasikmalaya tahap pertama dilaksanakan pada bulan Mei 2020, warga menerima uang sebesar Rp 500 ribu.

Baru pada awal bulan September ini pemerintah kota Tasikmalaya kembali mencairkan dana stimulus ekonomi Covid-19. Warga yang berhak menerima bantuan ini bisa membawa Bansos di kelurahan masing-masing.

Bansos Tasikmalaya Cair Tahap 1

Bansos Tasikmalaya tahap 1 dilakukan pada akhir bulan Mei 2020 yang lalu melalui kantor pos. Petugas Pos Indonesia datang ke RW setempat untuk memberikannya secara langsung.

RW 02 Kelurahan Cikalang membagikan bansos tahap 1 ini di Masjid Jami Nurul Falaah yang berada di jalan Kebontiwu III. Seluruh warga sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut dan bahagia terutama para pedagang kecil.

Eko (36) warga kelurahan Cikalang mengungkapkan bahwa bantuan ini sangat membantu sekali dirinya yang seorang penjual cuanki keliling. “Uang ini akan saya pergunakan untuk makan sehari-hari dan juga tambahan modal usaha,” ungkap Eko.

Senada dengan Eko, pedagang gorengan bernama Juhana (56) juga mengungkapkan kegembiraannya. “Uang ini akan saya pergunakan untuk modal usaha yang habis akibat pembelinya tidak ada karena korona,” ungkapnya.

Saat Bansos Tasikmalaya cair pada tahap pertama, para warga penerima mengaku senang dan terbantu. Adanya bantuan tersebut kembali mengembalikan roda perekonomian mereka yang sedang turun.

Bansos Tasikmalaya Cair Tahap 2 dan 3

Empat bulan berlalu tanpa ada kabar bantuan kedua dan ketiga yang tak kunjung datang akhirnya tiba juga. Namun kali ini ada beberapa perubahan mekanisme untuk mengambil bantuan tersebut.

Warga kota Tasikmalaya kini harus datang ke kantor kelurahan setempat untuk mengambil bantuan tersebut. Para warga yang menerima bansos akan diberikan surat pengambilan oleh RT setempat.

Persyaratan yang harus dibawa untuk mencairkan bansos tersebut adalah undangan pengambilan, Fotocopy KTP dan KK.

Selain mekanisme yang berubah, dana yang dikeluarkan juga berbeda dari tahap 1 yang mendapat Rp 500 ribu. Pada bulan September ini para warga akan diberi uang senilai Rp 300 ribu per bulannya.

Artinya warga penerima bansos ini mendapatkan Rp 600 ribu saat Bansos Tasikmalaya cair September ini. Penerima bantuan ini menerima uang dari tahap 2 dan 3 sekaligus Rp 600 ribu terhitung Rp 300 ribu per bulan.

Warga yang menerima Bansos Tasikmalaya ini bisa datang ke kantor kelurahan masing-masing.

Berikut adalah jadwal pencairan bansos tahap 2 dan 3 per kecamatan di Kota Tasikmalaya.

Senin, 31 Agustus 2020, Cipedes, Purbaratu, Cibeureum, Tamansari dan Cihideung.
Selasa 1 September 2020, Tawang, Mangkubumi dan Bungursari.
Rabu 2 September 2020, Indihiang dan Kawalu.

Pelaksanaan pengambilan Bansos Tasikmalaya cair tahap 2 dan 3 ini dilakukan dengan protokol kesehatan. Warga yang datang diwajibkan menggunakan masker dan juga social distancing.

Sementara itu, salah seorang wargam Edah (54) menanyakan kenapa bantuan Tasikmalaya cair hanya Rp 300 ribu ini kepada pihak ketua RW.

Ketua RW 02 Kelurahan Cikalang menjelaskan bahwa beliau telah mengikuti rapat antar RW untuk urusan Bansos ini.

Ia menerangkan bahwa kata Walikota pada saat rapat tersebut memang mewacanakan bahwa warga menerima Rp 300 ribu. Ini bukan pemotongan dari pihak RW ataupun kelurahan karena memang dari pusatnya seperti itu.

Ketua RW pun mengatakan bahwa wajar hal itu ditanyakan karena banyak berita bahwa pihak RT dan RW melakukan pemotongan sepihak. Ia menegaskan bahwa pihak RT RW dan kelurahan Cikalang tidak ikut campur, hanya sebagai penyalur saja.

Dengan begitu maka sudah terjawab, bahwa memang bantuan tahap 2 dan 3 di kota Tasikmalaya adalah Rp 300 ribu. Tidak pemotongan terutama dari pihak RT dan RW setempat.

Bansos Tasikmalaya cair tahap 2 dan 3 ini diharapkan membuat roda perekonomian kota Tasikmalaya berjalan kembali. Diharapkan agar warga menggunakan uang tersebut untuk kegiatan produktif dan tidak hanya konsumtif. (GaluhID/Putra)

Loading...

Artikel Terkait

Minggat Cinta Tak Direstui, Gadis Cantik Asal Tasikmalaya Akhirnya Ditemukan Polisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Gadis cantik asal Tasikmalaya yang kabur dari rumah akhirnya ditemukan oleh anggota Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA)...

Wanita Cantik di Tasikmalaya Tinggalkan Rumah, Keluarga Lapor Polisi

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Wanita cantik di Tasikmalaya meninggalkan rumah tanpa memberitahukan terlebih dahulu pada orang tuanya sejak Kamis (3/9/2020).

Gara-gara Upah, Pegawai Tambak Udang di Tasikmalaya Babak Belur Dikeroyok Teman Kerja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tasikmalaya kembali geger karena pegawai tambak udang dikeroyok hingga nyaris terbunuh. Diketahui bahwa korban dan tersangka merupakan rekan...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...