Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Belasan Nakes Positif Corona, Layanan Puskesmas Banjarsari Ciamis Ditutup

Berita Ciamis, galuh.id – Pelayanan di Puskesmas Banjarsari Ciamis tutup sementara. Hal itu lantaran belasan tenaga kesehatan atau nakes terkonfirmasi positif Covid-19.

Selama berlangsungnya penutupan, seluruh ruangan Puskesmas dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan.

Kepala Puskesmas Banjarsari Ciamis, Emay Marlina, membenarkan bahwa penutupan Puskesmas tersebut lantaran tenaga kesehatannya terkonfirmasi positif Corona.

“Ada 18 nakes yang positif Corona. Terdiri dari laki-laki dan perempuan,” ucap Emay kepada galuh.id melalui sambungan telepon, Minggu (27/6/2021) sore.

Penutupan Puskesmas Banjarsari berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 27-29 Juni 2021. Puskesmas akan kembali buka pada Rabu 30 juni 2021.

Penutupan sementara ini, kata Emay, untuk mensterilkan seluruh ruangan Puskesmas dengan menyemprotkan desinfektan selama tiga hari.

Lantaran hanya bergejala ringan, 18 nakes tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

“Mereka hanya bergejala ringan. Namun ada juga yang tidak bergejala. Kebanyakan sih tak bergejala. Untuk yang bergejala hanya batuk dan flu saja,” jelasnya.

Untuk warga yang hendak berobat, Emay menyarankan agar berobat ke Puskesmas terdekat. Seperti Puskesmas Ciulu dan Cigayam.

Menurutnya, lonjakan kasus Covid-19 bukan hanya di Kecamatan Banjarsari saja. Tetapi saat ini hampir seluruh wilayah di Indonesia pun kasusnya melonjak.

Lonjakan Pasien Kasus Positif Covid-19 di Banjarsari

Untuk Kecamatan Banjarsari, rata-rata sekarang tiap desa terdapat lonjakan kasus positif Corona.

“Yang kemarin bikin lonjakan di wilayah Banjarsari adalah di kolam renang Tirta Bagja Desa Sindanghayu,” ucap Emay.

Kasusnya berawal dari pemilik kolam renang Tirta Bagja meninggal dunia, dan ada 6 karyawannya waktu itu yang sakit. Lalu, keenam karyawan yang sakit itu menjalani swab.

“Hasilnya, keenamnya positif Corona. Dari yang positif itu kemudian berkembang kepada yang lain,” terangnya.

Pihaknya pun memohon dorongan doa agar nakes Puskesmas Banjarsari dan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 cepat lekas sembuh.

Selain itu, juga mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan atau prokes.

“Kita saja (nakes) yang sudah vaksinasi dan selalu mematuhi prokes tetap saja terkena Corona. Apalagi kalau tidak menjalankan itu semua,” pungkasnya. (GaluhID/Uus)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan