Namun dana yang disalurkan kepada bank-bank yang disebutkan tidaklah serentak. Ada alur yang dijalani sehingga dana bisa masuk ke rekening penerima dengan aman.
Berikut alur BLT Tahap 5 :
1. HRD mengumpulkan data pekerja yang memiliki gaji dibawah 5 juta sekaligus peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.
2. HRD mengirimkan data para calon penerima beserta nomor rekening kepada BPJamsostek.
3. BPJS Ketenagakerjaan melakukan validasi terhadap data tersebut
4. Setelah melewati tiga tahapan validasi, data nomor rekening calon penerima BLT diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan
5. Dilakukan check list oleh Kemnaker sampai empat hari. Setelah itu daa diserahkan pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
6. KPPPN menyalurkan BLT kepada bank yang terdaftar, khususnya bank yang masuk menjadi anggota Himbara seperti BRI, BNI, Mandiri.
7. Bagi rekening swasta seperti BCA dan lainnya akan menerima saluran BSU dari anggota Bank Himbara.
Berdasarkan alur tersebut dapat disimpulkan bahwa dana untuk calon penerima BLT yang memiliki rekening bank anggota Himbara dapat menerima bantuan lebih cepat.
Sedangkan yang memiliki rekening bank swasta termasuk Bank BCA membutuhkan waktu lebih panjang karena harus melalui transfer antar bank.
Penyaluran dana BLT BPJS Tahap 5 Bank BRI, BNI, Mandiri maupun bank swasta seperti BCA ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan target Kemnaker dalam mempercepat proses penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Tahap 5. (GaluhID/Hega)