oleh

BMI Ciamis Minta Tim Gugus Tugas Membuka Data Penyebaran Positif Covid-19 Hasil Rapid Test

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id– Bintang Muda Indonesia atau BMI Ciamis, meminta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis untuk membuka data dan informasi terkait hasil Rapid Test yang positif kepada publik, termasuk data daerahnya sampai ke tingkat desa.

Maulana Hasanudin, aktifis BMI Ciamis dan Jawa Barat, mengatakan, apabila data dan informasi tentang hasil rapid test atau Rapid Diaagnostic Test (RDT) dan PCR yang positif dibuka.

Maka akan mendorong partisipasi semua kalangan untuk melakukan aksi sosial yang lebih tepat sasaran.

“Data dan informasi yang disebarkan secara luas tentang RDT positif dan PCR positif, secara internal pemerintah daerah berguna untuk merancang kegiatan preventif dan promotif Covid-19,” kata Maulana dalam rilis yang diterima Galuh ID, Minggu (12/4/2020).

Data tersebut, lanjut Maulana, juga akan mendorong dan mempercepat tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan standar protokol Covid-19 dalam kesehariannya. Misalnya memakai masker, pembatasan sosial dan pola hidup bersih dan sehat.

“Daerah tetangga Ciamis, yakni Kota Banjar dan Kota Tasik ,data RDT positifnya dipublikasikan ke khalayak. Karena itu kami mendesak Tim Gugus Tugas untuk membuka data dan informasi termasuk RDT positif ke publik. Hal itu seperti daerah lain sampai ke tingkat Desa,” tegas mahasiswa S2 Universitas Galuh Ciamis ini

BMI Ciamis juga meminta Tim Gugus Tugas untuk memantau dan mengkoordinasikan kerja penanganan Covid-19 termasuk kerja relawan.

“Karena di lapangan masih terlihat ada kerja antar lini yang belum terpimpin dan terkoordinasi,” tandasnya.

Senada dengan itu, Sopwan Ismail, anggota DPRD Kabupaten Ciamis, mengatakan, banyak warga yang menuntut Pemda terbuka dalam informasi terkait RDT positif.

Selainnya mengenai informasi penting lainnya terkait penanganan Covid-19 di Ciamis. Dirinya pun berjanji akan mendorong Pemda untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut.

“Saya mengapresiasi perhatian dan permintaan masyarakat dan akan mendorong Pemda melalui gugus tugas untuk memenuhi tuntutan masyarakat tersebut,” singkatnya. (GaluhID/Ndu)

Loading...
loading...

Penulis : K Putu Latief

Gambar Gravatar
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA