Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Bupati Ciamis Raih Penghargaan Proklim 2020 dari Kementerian LHK

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meraih penghargaan Proklim 2020. Penghargaan tersebut sebagai Apresiasi Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Apresiasi itu diberikan pada acara penghargaan Proklim secara virtual dalam rangka Puncak Festival Iklim tahun 2020, diikuti oleh kepala daerah se-Indonesia, Jumat (23/10/2020).

Penghargaan tersebut sebagai apresiasi terhadap kebijakan-kebijakan dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca dan Pengendalian Perubahan Iklim pada tingkat tapak wilayahnya.

Bupati Ciamis sebagai kepala daerah di provinsi Jawa Barat yang menerima penghargaan PROKLIM.

Penghargaan ini bukan pertama kali yang diraih Kabupaten Ciamis. Pada tahun sebelumnya, Bupati Ciamis juga mendapat penghargaan Proklim bersama Bupati Purwakarta.

Penghargaan PROKLIM yang diraih Bupati Ciamis dan Bupati Purwakarta di tahun sebelumnya diserahkan pada peringatan Hari air Sedunia di Waduk jatiluhur Purwakarta.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar menjelaskan bahwa penghargaan Proklim bisa diraih Ciamis atas kebijakan-kebijakan Bupati Ciamis yang konsisten dalam upaya pengendalian iklim di tingkat tapak.

Kemudian, kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati Ciamis terkait penurunan emisi gas rumah kaca harus konsisten.

Kebijakan Bupati Ciamis Raih Penghargaan Proklim 2020

Kebijakan penurunan emisi gas rumah kaca tersusun dalam RPJMD Kabupaten Ciamis yang tertuang pada poin misi ke empatnya. Diantaranya, pemanfaatan SDA berbasis pembangunan berkelanjutan.

Misi itu lalu diimplementasikan dalam sebuah program yang diatur oleh SK Bupati Ciamis, tentang penetapan lokasi Program Kampung Iklim di Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2020.

Sementara teknis programnya, kata Taufik. Dipertegas lagi oleh Surat Edaran (SE) Bupati Ciamis tentang Pelaksanaan Program Kampung Iklim.

”Setiap tahunnya kabupaten Ciamis aktif mengikuti program Proklim. Sejak ikut serta tahun 2013-2020, Ciamis telah memperoleh trophy dan sertifikat di 10 lokasi,” ucap Taufik.

Termasuk meraih penghargaan PROKLIM tahun 2020 di 3 lokasi. Hal itu yang disampaikan pada acara puncak Proklim yang diikuti Bupati Ciamis, pada Jumat (23/10/2020) pagi.

Tahun ini, Kabupaten Ciamis mendapatkan penghargaan Proklim di 3 lokasi. Diantaranya Dusun Pasir Peuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis.

Berikutnya, Dusun Antralina, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti. Terakhir, Dusun Pasirtamiang Tonggoh, Desa Pasirtamiang, Kecamatan Cihaurbeuti.

”Sampai tahun 2020 secara keseluruhan usulan Proklim Kabupaten Ciamis telah menghasilkan 28 lokasi yang telah diverifikasi,” imbuh Kepala DPRKPLH Ciamis. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...