Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Bupati Herdiat ‘Belah Duren’ di Festival Durian Kalijaya Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis menggelar acara Festival Durian, berlokasi di lapangan desa setempat yang dilaksanakan selama lima hari, mulai 19 hingga 23 Februari 2020.

Para penikmat durian bisa makan sepuasnya di acara ini. Pastinya, semua durian ini merupakan jenis lokal yang diambil dari petani di wilayah Desa Kalijaya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang hadir di acara tersebut, berkesempatan membelah duren didampingi Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana.

Belah duren tersebut sekaligus secara simbolik membuka Festival Durian Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Usai membuka acara, Herdiat beserta rombongan pun langsung berkeliling menyambangi stand-stand pameran yang menjajakan aneka jenis durian dan menicicipinya.

“Durian asli Kalijaya ini rasanya jauh lebih enak dibanding durian lainnya, kalau tidak percaya, datang ke sini dan buktikan sendiri rasanya,” katanya, Rabu (19/2/2020).

Herdiat menuturkan, durian Kalijaya memiliki potensi sehingga perlu dikembangkan agar hasil durian di desa Kalijaya ini bisa lebih dikenal hingga ke luar daerah.

Selain di Desa Kalijaya, wilayah Benteng juga mempunyai potensi sebagai penghasil durian lokal.

“Di Benteng juga ada penghasil durian, durian Kalijaya dan Benteng sama-sama enak,” ujarnya.

Tidak hanya durian yang menjadi ikonnya, di Desa Kalijaya ini juga ada kopi dan manggis yang sudah terkenal hingga ke luar daerah.

“Oleh karena itu, potensi ini akan kita upayakan pengembangannya melalui UMKM,” tutur Herdiat.

Festival Durian Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kalijaya

Sementara itu, Kepala Desa Kalijaya, Yosep Kurniawan menyampaikan, Festival Durian ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kalijaya.

“Acara ini menjadi kesempatan bagi para petani durian untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya,” katanya.

Hingga saat ini, Desa Kalijaya sudah menggelar Festival Durian sebanyak tiga kali. Dengan dilaksanakannya acara ini secara rutin, diharapkan penghasilan para petani bisa terus meningkat.

Lantaran dulu, durian Kalijaya tidak dikenal luas di masyarakat. Harganya pun tergolong murah, berkisar Rp 7.000 hingga Rp 20.000.

Setelah diadakannya festival, kata Yosep, kini durian Kalijaya bisa terkenal di kalangan luas dan memiliki nilai jual yang signifikan.

“Durian lokal Desa Kalijaya ini meski berukuran kecil dan bulat namun memiliki daging yang tebal dan rasanya lebih manis,” tandasnya. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...