Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Sampai Maret 2021 lewat www.stimulus.co.id dan PLN Mobile

Cara dapatkan token listrik gratis hingga bulan Maret 2021 bisa pelanggan lakukan melalui situs www.stimulus.co.id.

Perpanjangan dari program subsidi listrik gratis ini telah PT PLN konfimasikan sejak 7 Januari 2021 melalui situs www.pln.co.id dan postingan Instagram @pln_id

Dengan adanya lanjutan program ini, PLN berharap masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 bisa mendapatkan keringanan.

Baca Juga: Listrik Gratis PLN Januari 2021, Berikut Cara Klaimnya

Tidak hanya itu, secara tidak langsung program token listrik gratis juga bisa meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian berjalan seperti sedia kala.

Adapun bantuan ini masih menyasar kepada pengguna listrik 450 VA dan 900 prabayar yang nantinya bisa mereka dapatkan setiap satu bulan sekali.

Menurut rincian yang ada, PLN akan memberikan bantuan kepada 34 juta pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Selanjutnya, bantuan juga akan diberikan kepada 459 ribu pelanggan 450 VA dari golongan bisnis dan industri.

Seperti tahun lalu, nantinya pelanggan daya 450 VA akan mendapatkan token listrik gratis selama satu bulan. Sedangkan untuk pelanggan daya 900 VA mendapatkan keringanan sebesar 50 persen.

Cara Dapatkan Token Listrik Gratis

Pada awal Januari 2021, PLN memberikan tiga pilihan kepada masyarakat untuk mengklaim token listrik gratis melalui situs resmi PLN, nomor WhatsApp PLN, dan aplikasi PLN Mobile.

Namun sayangnya, mulai periode berikutnya, masyarakat hanya bisa mengklaim token listrik dengan dua cara yakni lewat situs PLN dan aplikasi PLN Mobile.

Layanan WhatsApp yang PLN hapuskan merupakan kebijakan baru yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan token dengan satu sentuhan saja.

Untuk cara dapatkan token listrik gratis lewat situs resmi PLN dan aplikasi PLN Mobile, bisa Anda ikuti seperti petunjuk berikut ini.

Situs Resmi PLN

Cara ini terbilang sangat mudah, karena pelanggan hanya perlu mengakses situs resmi PLN yakni www.pln.co.id dan memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran pada formulir yang tersedia.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

  1. Buka peramban Internet dan buka alamat www.pln.co.id. Anda juga bisa melakukan pencarian otomatis dengan mengetik kata kunci ‘PLN’ pada Google.
  2. Setelah masuk, terdapat menu portal pelanggan. Pilih saja menu ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  3. Halaman formulir akan muncul, Anda bisa mengisi data seperti ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom yang tersedia.
  4. Jika sudah, masukkan juga kode verifikasi atau kode Captcha yang muncul pada sebelah kiri formulir.
  5. Apabila gambar tidak muncul, Anda bisa menekan tombol ‘refresh’ untuk memuat ulang atau menggantinya.
  6. Cek kembali data yang Anda masukkan, jika sudah sesuai tekan tombol ‘Cari’ untuk memprosesnya.
  7. Apabila memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, token listrik gratis atau diskon akan muncul pada layar.
  8. Token tersebut bisa Anda masukkan ke stand meteran sesuai dengan ID atau nomor meteran yang terdaftar sebelumnya.

Aplikasi PLN Mobile

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika kini PLN juga menghadirkan aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan pelanggan dalam mengklaim token listrik gratis.

Aplikasi PLN Mobile bisa Anda unduh baik melalui Google Play Store atau App Store sesuai dengan sistem operasi dari smartphone masing-masing.

Jika sudah terpasang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke aplikasi PLN Mobile
  2. Login dengan akun Google atau email sebelum melanjutkan.
  3. Setelah muncul beranda yang berisi informasi nama dan nomor ID pelanggan, tekan menu ‘PLN Peduli Covid 19’ pada bagian Info & Promo.
  4. Kemudian, masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran.
  5. Tekan tombol ‘Kirim’ untuk memproses data.
  6. Token listrik gratis dari PLN akan muncul pada layar. Lalu Anda bisa memasukkannya ke stand meteran sesuai dengan ID atau nomor meteran yang terdaftar sebelumnya.

Tidak Semua Pelanggan Mendapatkan Bantuan

Meski bantuan ini secara umum diberikan kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA. Namun terdapat aturan khusus bagi golongan 900 VA untuk mendapatkannya.

Hal ini karena hanya golongan 900 VA bersubsidi yang berhak mendapatkan diskon. Hal ini bisa Anda lihat pada struk pembayaran yang ada setiap bulannya.


Jika terdapat kode ‘R1M’ ataupun ‘R1MT’, maka pelanggan daya 900 VA tidak berhak mendapatkan diskon 50 persen. Namun apabila terdapat kode ‘RI’ maka pelanggan bisa mendapatkan promo ini.

Cara dapatkan token listrik gratis ini hanya akan berlangsung selama 30 hari saja. Sehingga bagi Anda yang ingin mendapatkannya kembali harus mengulangi cara yang sebelumnya. (GaluhID/Hega)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan