Senin, 14 Juni 2021
Senin, 14 Juni 2021
BJB

Cara Meluruskan Rambut Secara Permanen

spot_img

Cara meluruskan rambut bisa dilakukan dengan cara alami atau menggunakan produk khusus. Setiap metode yang dipilih memiliki kelebihan dan kekurangan, serta menghasilkan ketahanan yang berbeda-beda.

Alasan seseorang meluruskan rambut pun beragam. Bosan dengan rambut yang keriting atau bergelombang, ingin mengubah penampilan, atau sekedar mencoba gaya baru. Beberapa orang terlihat lebih menarik dengan rambut lurus.

Cara Meluruskan Rambut, Cek Disini


Ada beberapa cara dalam meluruskan rambut, yaitu dengan bahan alami, produk rambut, dan menggunakan alat. Memiliki rambut lurus tak hanya cocok untuk wanita, tetapi pria juga bisa. Untuk mengetahui mana yang terbaik, yuk simak penjelasan berikut ini.

Meluruskan dengan Bahan Alami

Sediakan bahan-bahan berupa pisang, madu, dan minyak zaitun. Kedua bahan ini sangat baik untuk merawat dan memperbaiki tekstur rambut. Dengan menggabungkan keduanya, rambut tak hanya menjadi lebih kuat, tetapi juga menjadi lurus mudah diatur.

Blender dua batang pisang, beri dua sendok madu dan dua sendok minyak zaitun. Setelah tercampur halus, usapkan ke rambut secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih menggunakan air dingin dan lihat hasilnya.

Kelebihan dari cara meluruskan rambut secara alami yaitu mudah dipraktekan oleh pemula. Bahan-bahannya murah dan mudah didapat. Tidak menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

Kekurangannya, agak ribet karena harus menyiapkan campuran bahan-bahan. Hasil bertahan selama beberapa hari, dan untuk rambut yang sangat keriting tidak bisa lurus sempurna.

Meluruskan Rambut dengan Alat

Alat pelurus rambut yang paling umum adalah catok rambut. Catok rambut bekerja dengan mengalirkan listrik menjadi panas, mirip seperti kita menyetrika pakaian. Setiap alat catok dapat memberikan hasil berbeda, tergantung merk.

Pertama-tama siapkan heat protectant atau pelindung panas untuk rambut. Bisa menggunakan bahan alami seperti argan oil dan coconut oil. Bisa juga menggunakan produk heat protectant yang sudah jadi, misalnya Makarizo atau Lucido-L.

Usapkan heat protectant ke rambut yang setengah kering. Pisahkan rambut dengan jepitan atau ikat rambut menjadi tiga bagian yaitu kanan, kiri, dan belakang. Mulai catok rambut sedikit demi sedikit dari tiap bagian.

Cara meluruskan rambut dengan alat memiliki kelebihan, yaitu hasil bisa lebih bagus ketimbang menggunakan cara alami. Terutama untuk rambut yang keriting, dengan alat catok rambut bisa menjadi lurus sempurna.

Jika belum menguasai cara menggunakan catok rambut, waktu pengerjaan bisa memakan waktu 30 menit hingga satu jam. Dibutuhkan waktu lebih lama untuk bersiap-siap, dan sulit dilakukan dalam keadaan terburu-buru.

Namun cara meluruskan rambut dengan catok ada kekurangan, yaitu tingkat kesulitannya menengah. Tidak semua orang bisa mencatok rambut sendiri, dan pemilihan catok rambut yang salah dapat menyebabkan rambut rontok.

Meluruskan Rambut dengan Produk Khusus

Cara meluruskan rambut dengan produk khusus bisa dilakukan sendiri di rumah, atau pergi ke salon. Namun dimanapun tempat yang Anda pilih, tahap pengerjaannya tetap sama dan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam. Hasil yang didapat permanen.

Produk pelurus rambut yang paling umum adalah Makarizo dan Matrix. Cuci rambut terlebih dulu menggunakan shampo, jangan gunakan conditioner. Keringkan dengan hair dryer lalu bagi menjadi empat bagian.

Mulai oleskan produk pada bagian pangkal rambut 1 cm. Biasanya merk Makarizo memiliki Step 1. Diamkan selama 20-40 menit, pastikan semua bagian sudah terproses dengan baik. Rambut yang dioles akan menjadi kaku, namun jika rambut perlahan kembali ke posisi semula tandanya sudah terproses.

Cuci dan catok rambut secara bertahap. Lanjutkan ke Step 2, lakukan seperti di Step 1 namun cukup diamkan selama 15 menit saja. Gunakan conditioner, diamkan lagi selama 5 menit lalu bilas hingga bersih. Cara meluruskan rambut secara permanen telah selesai.

Jika sudah meluruskan rambut secara permanen, Anda juga harus merawatnya dengan telaten. Produk pelurus rambut mengandung zat kimia yang keras bagi rambut, sehingga apabila rambut tidak diberi vitamin, rentan terjadi kerusakan.

Kelebihan dari cara meluruskan rambut dengan produk khusus ini hasilnya memuaskan, rambut akan terus lurus sampai tumbuh panjang. Namun produk yang dibeli tentu mahal, selain itu tingkat kesulitannya tinggi. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan