Rabu, 21 April 2021
Rabu, 21 April 2021
BJB

Cara Mencegah WhatsApp Disadap, Berikut Tipsnya!

Cara mencegah WhatsApp disadap saat ini masih jarang pengguna yang mengetahui atau menyadarinya. Pada dunia maya, kejahatan seperti penyadapan akun sering terjadi dengan pesatnya penggunaan media sosial.

Apalagi penyadap pun tidak hanya melakukannya pada akun orang terkenal saja atau perusahan yang sudah besar. Tetapi bisa saja menimpa pada akun perpesanan milik seseorang seperti aplikasi WhatsApp.

WhatsApp saat ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer. Meskipun terkesan sepele, namun penyadapan akun WhatsApp dapat berdampak buruk bahkan fatal bagi pengguna.

Baca Juga: Tanda WhatsApp Tersadap oleh Peretas, Ayo Waspadai!

Mulai dari pengguna kehilangan privasi karena pesan pribadi dan datanya yang bocor hingga penyalahgunaan. Karena itu pengguna harus mengetahui cara mencegah WhatsApp disadap.

Selain beberapa hal itu, melalui penyadapan akun WhatsApp ini, orang-orang juga akan merasa rugi secara finansial. Terkadang setelah menyadap akun WhastApp ada yang menggunakannya untuk menipu.

Maka dari itu, pengguna perlu sekali untuk memastikan bahwa akun WhatsApp pribadi tidak ada yang menyalah gunakan. Tentunya pengguna juga harus waspada agar jangan sampai akun WhatsApp tersadap.

Apalagi penyadap saat ini dapat dengan mudah melakukannya lewat aplikasi penyadap WhatsApp. Bahkan pelaku penyadapan bisa juga orang tua, pasangan, hingga orang asing yang melanggar privasi pengguna.

Tanpa adanya usaha tambahan dalam melindungi akun WhatsApp dan cara mencegah WhatsApp disadap nantinya aktivitas penyadapan bakal sangat mudah terjadi.

Meskipun, terkadang banyak yang mengira bahwa orang tua atau pasangan menyadap WhatsApp untuk alasan yang baik.

Tetapi tidak ada salahnya bagi pengguna agar sedikit lebih berhati-hati supaya akun WhatsApp aman. Kabar penyadapan pada aplikasi perpersanan WhatsApp beberapa waktu belakangan ini sedang banyak orang yang membicaraknnya.

Banyak orang yang mencoba menyadap atau meretas akun WhatsApp seseorang dengan berbagai cara. Tentunya bagi pengguna yang belum mengetahui cara mencegahnya, wajib untuk menyimak informasi berikut ini.

Dengan mengetahui cara pencegahannya, bisa sebagai faktor pendukung untuk mengurangi resiko bocornya pesan-pesan WhatsApp Anda.

Cara Mencegah WhatsApp Disadap

Agar akun WhatsApp Anda aman, berikut tips yang harus Anda lakukan:

Kunci Akun WhatsApp

Pengguna dapat melengkapi keamanan akun WhatsApp dengan menggunakan pengunci aplikasi. Tujuan mengunci akun WhatsApp ini agar perpesanan dan data tidak dapat penyadap bobol sehingga akan aman.

Dengan adanya pengunci aplikasi, siapapun yang hendak membuka WhatsApp seseorang harus memasukan kode khusus yang hanya pemilik yang mengetahuinya.

Download Aplikasi Whatslock

Untuk mengunci WhatsApp, pengguna dapat mendownload aplikasi Whatslock pada Play Store. Whatslock sendiri merupakan aplikasi pihak ketiga yang kegunaannya untuk mengamankan Whatsapp dengan kode yang rumit.

Sehingga setiap kali akan membuka Whatsapp, sesorang harus memasukkan sandi yang hanya pengguna mengetahuinya.

Maka dari hal itu, cara mencegah WhatsApp disadap ini tidak dapat orang lain lakukan pada akun WhatsApp milik Anda.

Istimewanya, Whatslock tidak hanya dapat mengunci WhatsApp saja namun juga dapat untuk mengunci aplikasi lainnya. Contohnya galeri, kontak, media sosial, dan lain sebagainya.

Mengurangi Penggunaan WhatsApp Melalui Jaringan WiFi Publik

Biasanya, cara yang paling banyak penyadap gunakan untk mengakses akun aplikasi WhatsApp Anda yaitu melalui koneksi Wifi yang tidak aman.

Perlu pengguna ketahui bahwa sebagian besar penyadap melakukan pada email melalui jaringan Wifi. Nah, cara yang sama juga pada semua aplikasi lain yang ada pada smartphone pengguna salah satunya WhatsApp.

Ada yang berpendapat bahwa dengan cara mencegah WhatsApp disadap dengan mengurangi penggunaan jaringan publik, ini juga penting untuk Anda lakukan.

Sebab koneksi jaringan Wifi publik yang tidak aman merupakan tindakan yang berisiko, sebaiknya pengguna menghindari penggunaan koneksi Wifi publik.

Cara kerja ketika penyadap dapat mengakses akun WhatsApp milik seseorang yaitu jika pemilik menggunakannya melalui koneksi jaringan lokal atau wifi.

Jadi, itulah sebabnya kenapa Anda harus menghindari masuk pada koneksi jaringan Wifi publik yang tidak aman dan mengurangi pemanfaatannya.

Sehingga cara ini dapat Anda tempuh untuk mencegah dan menghindari dari risiko akun WhatsApp agar tidak tersadap.

Beberapa cara mencegah penyadapan WhatsApp tersebut wajib pengguna lakukan supaya melindungi akun dari berbagai aktivitas penyadap.

Cara mencegah WhatsApp disadap dapat mengantisipasi hilangnya privasi perpesanan yang dapat merugikan pengguna. (Galuh.id/Tiwi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
241PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya