Rabu, 28 September 2022
Rabu, 28 September 2022
More

    Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Tanpa Ribet

    Apakah kamu merupakan salah satu pengguna brand iPhone? Jika iya, sudahkah kamu memahami fitur-fiturnya, terutama bagaimana cara mengaktifkan hotspot iPhone?

    Sebenarnya, cara mengaktifkan hotspot di iphone bisa dibilang mudah. Kamu bisa menemukan opsi tersebut di halaman pengaturan.

    Iklan

    Namun, meski begitu ternyata masih banyak beberapa pengguna yang bingung. Terutama bagi para pengguna HP Android yang baru saja beralih ke smartphone garapan Apple tersebut.

    Nah, lalu bagaimana sih cara mudah mengaktifkan hotspot iPhone tanpa perlu ribet? Sebelumnya, apakah kamu mengetahui secara pasti mengenai fitur hotspot?

    Hotspot merupakan suatu istilah bagi sebuah area dimana pengguna dapat mengakses jaringan internet asalkan perangkat memiliki fitur WiFi (Wireless Fidelity). Dengan adanya hotspot, pengguna dapat mengakses jaringan internet tanpa melalui kabel.

    Baca Juga: Cara Cek iPhone Bekas, Hati-Hati Ketipu!

    Iklan

    Jangkauan dari hotspot sendiri, kurang lebih hanya beberapa ratus meter tergantung dari frekuensi serta signal yang dimilikinya.

    Hotspot tersebut, biasanya digunakan sebagai tethering yang bermanfaat untuk berbagi sumber daya internet ke perangkat lain. Bagi pemula, memunculkan hotspot di iPhone mungkin tidak semudah di Android karena fitur tersebut disembunyikan oleh sistem iOS.

    Sehingga, kamu perlu melakukan beberapa langkah terlebih dahulu agar fitur tersebut dapat muncul. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan, sebenarnya cukup mudah.

    Berikut merupakan beberapa cara mengaktifkan hotspot iPhone yang harus kamu ikuti.

    Begini Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone

    Ikutilah cara berikut untuk mengaktifkan hotspot di perangkat iPhone kamu.

    • Pertama, bukalah menu “Pengaturan”
    • Setelah itu, pilih bagian “Seluler” dan “Hotspot Pribadi atau Pengaturan”
    • Kemudian, tekan opsi “Hotspot Pribadi”
    • Geser tombol di samping “Izinkan Akses”

    Apabila pilihan Hotspot Pribadi tidak tampil, cobalah hubungi operator untuk memastikan bahwa kamu bisa mengakses Hotspot Pribadi dengan paket.

    Langkah Memunculkan Hotspot di iPhone Melalui Setting APN

    Ternyata, memunculkan pengaturan hotspot di Iphone dapat dilakukan dengan cara mengubah pengaturan APN. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

    • Pertama, bukalah menu “Pengaturan”
    • Selanjutnya, pilih opsi “Cellular” dan “Cellular Data”
    • Tekan “Options” dan pilih opsi “Cellular Data Network”
    • Pada menu bagian “Cellular Data Network”, akan muncul fitur yang bernama Personal Hotspot
    • Setelah itu, isilah APN, username serta kata sandi sesuai provider yang kamu gunakan. Jika sudah selesai mengisi, kemudian akan muncul Personal Hotspot di awal menu pengaturan.
    • Selesai

    Izinkan Keluarga Terhubung Secara Otomatis

    Selain menjelaskan tentang cara mengaktifkan hotspot iPhone, artikel kali ini juga akan menjelaskan tentang fitur yang masih berhubungan dengan Hotspot.

    Pada perangkat iPhone, kamu bisa mengatur fitur Keluarga Berbagi. Melalui fitur tersebut, keluarga kamu dapat terhubung ke Hotspot Pribadi secara otomatis tanpa perlu memasukkan kata sandi.

    Baca Juga: Cara Update iOS pada iPhone, Ternyata Mudah Banget!

    Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

    • Buka menu Pengaturan pada perangkat yang berperan sebagai hotspot, setelah itu ketuk opsi “Hotspot Pribadi” dan pilih “Keluarga Berbagi”.
    • Nyalakan fitur bernama “Keluarga Berbagi”. Apabila pilihan tersebut tidak kamu temukan, kamu bisa mempelajari cara mengatur fitur Keluarga Berbagi pada website resmi Apple.
    • Masukkan nama setiap anggota keluarga kamu dan tentukan apakah mereka perlu mendapatkan persetujuan untuk dapat terhubung ke Hotspot Pribadi kamu.

    Memutus Sambungan Perangkat

    Apabila kamu ingin memutus seluruh sambungan perangkat, silahkan matikan Hotspot Pribadi, Bluetooth, atau lepaskan kabel USB yang terhubung pada perangkat.

    Mengatur atau Mengubah Password Wi-Fi

    Setelah tahu cara mengaktifkan hotspot iPhone, demi keamanan sambungan hotspot nirkabel, kamu harus menetapkan kata sandi Wi-Fi kamu. Cara mengubah kata sandi Wi-Fi adalah dengan membuka Pengaturan > Seluler > Hotspot Pribadi.

    Atau kamu juga bisa melalui menu Pengaturan > Hotspot Pribadi, kemudian pilih kata sandi Wi-FI.

    Ketika membuat kata sandi, panjang minimal yang ditentukan adalah delapan karakter dan menggunakan karakter ASCII. Apabila kamu menggunakan karakter non-ASCII, maka perangkat lain tidak bisa terhubung dengan Hotspot Pribadi kamu.

    Karakter non-ASCII sendiri, meliputi karakter yang termasuk dalam bahasa Jepang, Rusia, Tionghoa, dan masih banyak lagi. Sedangkan, karakter ASCII meliputi:

    • Seluruh huruf dalam bahasa Inggris, baik huruf kecil maupun kapital
    • Angka 0 sampai dengan 9
    • Beberapa tanda baca

    Saat proses pergantian kata sandi, semua perangkat yang terhubung akan terputus.

    Itulah penjelasan mengenai cara mengaktifkan hotspot iPhone secara mudah dan tanpa ribet. Semoga bermanfaat! (GaluhID)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    TEMUKAN KAMI

    186,042FansSuka
    41,532PengikutMengikuti
    0PengikutMengikuti
    377PengikutMengikuti
    6,452PelangganBerlangganan