oleh

Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat, Bisakah?

 
 

Cara mengatasi susah tidur bisa dilakukan tanpa obat. Diantaranya sikap optimis bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Kesehatan, galuh.id– Banyak yang mengeluhkan sulit tidur. Coba kita mengingat kembali, apa yang menyebabkan seseorang sulit tidur? Tidur yang yang berkualitas ditentukan oleh beragam faktor.

Terdapat penelitian baru, dikatakan bahwa sikap pesimistis dan optimis seseorang bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Jika kamu sudah melakukan beragam cara agar bisa tidur. Menurut sebuah penelitian, mungkin ada cara mengatasi susah tidur lainnya yang bisa membantu kamu memperbaiki kualitas tidur, yaitu kecenderungan sikap optimis.

Penelitian dalam jurnal ‘Behavioral Medicine’ menemukan, keterkaitan antara sikap optimis dengan kualitas tidur. Seseorang yang optimis cenderung mampu tidur lebih baik.

Temuan ini didasarkan pada studi Coronary Artery Risk Development in Young Adults (CARDIA), Tim meneliti 3.548 partisipan berusia 32-51 tahun yang ikut serta.

Untuk menilai tingkat optimisme para peserta, tim peneliti meminta mereka untuk merespon beberapa pernyataan. Para peserta melaporkan kualitas tidur mereka sebanyak 2 kali dalam rentang 5 tahun.

Mereka menggunakan monitor aktivitas secara objektif mengukur berapa lama mereka tertidur nyenyak, dan berapa lama mereka merasa gelisah.

Penelitian menemukan, partisipan dengan skor optimismenya lebih tinggi, cenderung tidur selama 6-9 jam setiap malam dan 74% lebih kecil kemungkinannya mengalami insomnia.

“Hasil ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara optimisme dan berbagai karakteristik tidur yang dilaporkan sendiri setelah disesuaikan untuk beragam variabel, termasuk karakteristik sosiodemografi, kondisi kesehatan, dan gejala depresi,” kata Dr. Rosalba Hernandez.

Kualitas tidur yang buruk adalah masalah kesehatan masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai kualitas tidur yang sama. Jika kamu termasuk orang-orang pesimistis atau sulit tidur, cara mengatasi susah tidur cukup dengan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Stop konsumsi kafein pada sore hari atau malam hari
  2. Olahraga rutin
  3. Kurangi rokok dan hindari alkohol
  4. Atur pola tidur: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk saat hari libur.
  5. Jangan terlalu lama tidur siang.
  6. Buatlah suasana kamar tidur kondusif, misalnya tidur dalam kondisi gelap atau pakai lampu tidur dengan cahaya minim, atur suhu ruangan, tempat tidur dan selimut nyaman, menyalakan aromaterapi, dll.
  7. Jauhkan smartphone atau perangkat elektronik lainnya dari jangkauan, atur ke mode silent.
  8. Hindari penggunaan obat tidur terutama tanpa anjuran dokter.

Untuk kamu yang pesimistis, paling tidak lakukanlah cara mengatasi susah tidur di atas demi mendapatkan tidur yang berkualitas,tentunya tak perlu sampai harus mengonsumsi obat. Selamat mencoba.(galuh.id/Maisyara)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA