Minggu, 14 Agustus 2022
Minggu, 14 Agustus 2022
More

    Cara Menghapus Cache Biar HP Gak Lemot

    Apakah Anda mengetahui apa itu data cache? Menurut Anda, apakah data tersebut berpengaruh terhadap performa smartphone atau laptop? Bagaimana cara menghapus cache pada HP?

    Bagi beberapa orang, mungkin permasalahan mengenai data cache adalah hal yang tidak begitu penting. Namun, apakah benar demikian?

    Iklan

    Dalam sebuah perangkat smartphone atau laptop, terdapat sistem penyimpanan data untuk memudahkan prosesor bekerja dan menjalankan berbagai macam aplikasi.

    Nah, setiap aplikasi yang dipasang pada smartphone nantinya akan memiliki data cache. Sehingga Anda perlu mengetahui cara menghapus cache pada HP supaya penyimpanan tidak penuh.

    Baca Juga: Apa Itu RAM HP? Ini Penjelasannya

    Namun, saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus cache. Sebelum mengetahui bagaimana cara menhgapus data cache pada HP, Anda harus mengetahui apa itu data cache.  

    Iklan

    Agar Anda tidak kebingungan mengenai pertanyaan seputar data cache, simak penjelasan berikut ini!

    Mengenal Apa Itu Data Cache

    Dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi para pengguna ponsel atau desktop, istilah data cache pasti sudah tidak asing lagi. Namun, sebenarnya data cache tersebut dibutuhkan atau malah membahayakan sih?

    Anda pasti pernah mengalami memori smartphone yang penuh secara tiba-tiba karena cache yang menumpuk. Apalagi bila Anda tidak pernah membersihkan data cache aplikasi secara rutin.

    Cache merupakan data yang bersifat sementara. Data tersebut disimpan pada penyimpanan internal smartphone Anda dan mencatat segala aktivitas pada aplikasi yang digunakan.

    Contohnya ketika Anda membuka aplikasi penelusuran, kemudian mengakses situs Instagram dengan menuliskan alamat situs pada kolom pencarian.

    Pastinya Anda akan melakukan login dengan memasukkan E-mail dan password. Semua data yang Anda masukkan pada aplikasi penelusuran, akan tercatat dan disimpan dalam cache.

    Sehingga ketika Anda membuka aplikasi penelusuran dan ingin mengakses Instagram, Anda tidak perlu mengetikkan lagi alamat situs tersebut.  Hal itu dikarenakan semua data sudah tersimpan pada data cache.

    Baca Juga: Apa Itu Cache Data dan Bagaimana Cara Menghapusnya?

    Nah, sampai sini apakah Anda sudah paham mengenai data cache? Selanjutnya, bagaimana sih cara menghapus cache pada HP?

    Cara Menghapus Cache pada HP

    Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus cache pada HP, apa saja cara tersebut? Ini dia penjelasannya.

    1. Menghapus Cache Aplikasi Melalui Kelola Aplikasi

    Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah menghapusnya secara manual, melalui setelan/pengaturan pada masing masing aplikasi.  Agar lebih jelas, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

    • Buka pengaturan, kemudian cari menu “Aplikasi”
    • Pada menu “Aplikasi”, akan terlihat aplikasi  apa saja yang terpasang di ponsel Anda. Pilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus data cache nya
    • Setelah berhasil menentukan, tekan aplikasi tersebut kemudian cari opsi “Penggunaan Penyimpanan” dan tekan pilihan “Hapus Cache”
    • Menggunakan Aplikasi Pembersih Bawaan Dari HP

    Cara menghapus cache pada HP selanjutnya yaitu melalui aplikasi bawaan yang berada di HP tersebut. Biasanya setiap ponsel menyediakan aplikasi pembersih cache bawaan, sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan cache aplikasi.

    Baca Juga: Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs Paling Mudah!

    Hapus Cache di HP Realme

    Berikut adalah cara menghapus cache pada HP Realme. Apabila Anda pengguna HP Realme, Anda dapat mengikuti cara berikut

    • Buka aplikasi Pengelola Telepon
    • Tekan menu “Bersihkan Penyimpanan”
    • Tekan tombol “Bersihkan” untuk menghapus sampah sementara
    • Setelah proses penghapusan selesai, kinerja ponsel Anda akan terasa lebih ringan.
    • Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Dari PlayStore

    Jika ternyata ponsel yang Anda gunakan tidak memiliki aplikasi pembersih cache bawaan, Anda bisa menginstall aplikasi tambahan pada PlayStore.

    Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan scanning virus, penambah kecepatan, dan beberapa fitur tambahan lainnya.

    Caranya sangat mudah dan juga cukup sederhana, berikut pemaparannya.

    • Install aplikasi pembersih cache pada PlayStore, Anda bisa menginstall aplikasi dengan ratting tertinggi contoh seperti clean master ataupun CC cleaner.
    • Apabila aplikasi sudah terpasang, Anda akan ditunjukan tampilan homepage dengan berbagai pilihan fitur pada aplikasi.
    • Kemudian Anda bisa memilih “berkas sampah” atau “analisa”, nah pada proses ini aplikasi akan menganalisa semua sampah pada perangkat Anda.
    • Selanjutnya jika proses sudah selesai, bersihkan semua cache memori penyimpanan Anda dengan klik “bersihkan sampah” dan tunggu hingga proses selesai

    Itulah beberapa cara membersihkan cache pada HP yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa perangkat Anda.

    Proses pembersihan ini harus Anda lakukan secara rutin supaya performa HP tetap dalam kondisi maksimal. Dan tidak banyak sampah cache yang menumpuk dalam perangkat yang dapat mengganggu performa.

    Anda bisa membersihkannya setiap hari, ataupun setiap Anda merasa performa perangkat Anda sudah mulai menurun. Penjelasan mengenai cara menghapus cache pada HP cukup mudah dipahami bukan! (GaluhID/Annisa)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    380PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan