Selasa, 27 Juli 2021
Selasa, 27 Juli 2021
BJB

Cara Minum Kopi yang Baik Bagi Kesehatan

spot_img

Cara minum kopi yang baik perlu diketahui agar tak menyebabkan efek samping. Kopi merupakan minuman yang disukai semua orang, tetapi konsumsi kopi berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

Efek samping yang bisa terjadi adalah insomnia (gangguan tidur), gelisah, sakit kepala, dan jantung berdetak lebih cepat. Kopi bekerja sebagai stimulus agar orang menjadi lebih konsentrasi terutama dalam bekerja, tapi jika diminum sembarangan maka tidak baik bagi kesehatan.

Cara Minum Kopi yang Baik, Ini Tipsnya

Membuat Kopi Sendiri di Rumah

Cara minum kopi yang baik adalah dengan membuatnya sendiri. Sekilas cara ini terkesan lebih mahal dan ribet karena perlu membeli peralatan, serta menggiling biji kopinya sendiri. Tetapi jika Anda penyuka kopi sejati, membeli coffee maker adalah investasi.

Anda bisa membuat kopi di rumah kemudian membawanya ke kantor menggunakan tumbler kesayangan Anda. Meski rasanya tidak seenak kafe langganan, tetapi kopi buatan sendiri lebih sehat dan terjamin kebersihannya.

Membuat kopi sendiri dapat mendukung gerakan go-green karena kita membantu mengurangi sampah plastik dari penggunaan cup sekali pakai. Meski beberapa kafe menggunakan cup dari kertas, tetapi bahan kertas yang digunakan ternyata bukan berasal dari kertas yang mudah terurai.

Tahukah Anda, bahwa 1 kilogram biji kopi bisa menghasilkan 1.000 sachet kopi instan. Jika Anda terbiasa menyeduh kopi instan setiap hari, maka ada banyak gula yang Anda konsumsi, karena kafein yang terkandung di dalamnya hanya 0,1% dari tiap sachet.

Gunakan Penyaring Kertas

Dalam serbuk kopi terkandung zat cafestol, senyawa yang memicu kadar kolesterol dalam darah menjadi tinggi. Menggunakan penyaring kertas adalah cara minum kopi yang baik, karena jenis filter ini dapat menyerap cafestol.

Namun, kafein dan antioksidan dari kopi tidak ikut tersaring. Sehingga Anda bisa merasakan manfaat dari cara minum kopi yang baik. Kafein membuat kewaspadaan meningkat, sedangkan antioksidan berguna untuk menambah sistem imun.

Secara umum penyaring kopi dari kertas berbentuk kerucut terbalik yang cocok digunakan pada model dripper V60. Satu lembar filter hanya untuk satu kali pakai. Hindari filter berwarna putih yang menggunakan zat pewarna klorin.

Batasi Penggunaan Gula dan Pemanis Tambahan

Bagi sebagian orang, minum kopi tanpa gula rasanya kurang enak karena terlalu pahit. Menggunakan gula dan susu kental manis biasanya dapat mengurangi rasa pahit, sekaligus menambah sedikit rasa manis.

Alih-alih menggunakan gula, Anda bisa mengganti dengan pemanis alami sebagai cara minum kopi yang baik. Misalnya dengan madu, kayu manis, atau stevia. Madu memberi rasa manis dan menjaga kesehatan tubuh.

Walaupun pemanis alami tetap mengandung kalori, tetapi tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Menggunakan pemanis alami bukan berarti Anda bebas mengambilnya, tetapi untuk meminimalisir efek samping dari kopi.

Minum Kopi Dosis Kecil Secara Berkala

Ketika Anda sedang memesan di kafe terkenal, pasti Anda tergoda membeli ukuran large ketimbang medium atau small. Alasannya karena ukuran large hanya memiliki selisih harga sedikit ketimbang ukuran di bawahnya.

Namun, cara ini tidak baik dilakukan terlalu sering. Cara minum kopi adalah dengan mengkonsumsi kopi dosis kecil setiap 2 jam sekali daripada kopi ukuran large sekaligus.

Selain itu perhatikan jam minum kopi. Jika Anda terbiasa tidur pada jam 10 malam, maka batas akhir mengkonsumsi adalah jam 5 sore. Tubuh Anda perlu terbebas dari kopi selama 6 jam untuk bisa mempersiapkan tidur.

Jika Anda mengkonsumsi antibiotik, tunggu minimal 30 menit untuk bisa mengkonsumsi kopi. Waktu penyerapan antibiotik bisa lebih lama karena ada lapisan pelindung pada kapsul. Agar lebih aman, jeda 1-2 jam akan menghindarkan Anda dari resiko.

Efek samping yang terjadi bisa berupa tekanan darah tinggi, sakit kepala, gelisah dan mudah marah. Beberapa orang mengalami kesulitan tidur.

Tak hanya antibiotik, pada dasarnya seluruh obat-obatan dapat menimbulkan interaksi dengan kafein dari kopi. Cara minum kopi yang baik adalah dengan memberi jeda dengan konsumsi obat. Pertimbangkan untuk membuat kopi sendiri untuk melestarikan lingkungan. (GaluhID/Elsa)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan