Selasa, 15 Juni 2021
Selasa, 15 Juni 2021
BJB

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

spot_img

Berita Nasional, galuh.id – Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Pemerintah akhirnya membuka pendaftaran gelombang 4 program Kartu Pra Kerja pada hari Sabtu (8/8/2020).

Untuk jumlah kuota penerima Kartu Prakerja pada gelombang mengalami peningkatan dari gelombang sebelumnya, yakni menjadi 800 ribu orang.

Sementara untuk besaran insentif yang akan diberikan masih sama. Yaitu dengan jumlah total Rp 3,55 juta bagi peserta pelatihan.

Pendaftaran kartu prakerja dapat dilakukan melalui dua cara. Yakni secara daring (online) dan luring (offline). Hal tersebut berdasarkan Permenko No 11/2011.

Untuk pendaftaran secara daring dilakukan melalui situs resmi program Kartu Prakerja.
Sementara luring dilakukan melalui kementerian/lembaga (K/L) atau pemerintah daerah.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online

Cara daftar daring

Pendaftaran cara daring melalui website resmi Prakerja dapat dilakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan melalui K/L atau pemerintah daerah.

Apabila mempunyai keterbatasan infrastruktur telekomunikasi, peserta bisa melakukan pendaftaran dengan pelayanan bantuan K/L atau pemerintah daerah.

Layanan bantuan dari K/L atau pemerintah daerah (pemda) untuk pendaftaran peserta program kartu Prakerja ini tidak meminta pungutan atau biaya.

Sementara dengan cara mandiri, berikut ini tahapannya:

• Jika belum punya akun, maka calon peserta harus membuat akun terlebih dahulu di laman https://prakerja.go.id/ kemudian Klik daftar sekarang
• Berikutnya, masukkan email dan kata sandi (password), Klik daftar
• Tunggu notifikasi via email, buka email, kemudian lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email tersebut
• Jika sudah punya akun di laman https://prakerja.go.id/ login ke akun Anda
• Isi verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan klik berikutnya
• Selanjutnya, lengkapi data diri Anda, unggah foto KTP, dan lakukan swafoto dengan KTP
• Lakukan verifikasi nomor hp, klik kirim
• Lalu, masukkan kode OTP yang telah dikirimkan lewat SMS ke nomor yang didaftarkan
• Klik verifikasi
• Isi pernyataan pendaftar hingga selesai, lalu klik oke
• Melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar
• Setelah selesai, Anda bisa memilih gelombang yang diinginkan

Cara daftar luring

Permohonan pendaftaran Kartu Prakerja dengan cara luring melalui K/L atau pemerintah daerah dapat dilakukan secara individu maupun kolektif.

Cara luring ini bisa dilakukan melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah, terutama Dinas Ketenagakerjaan.

Metode luring bisa dipilih jika pada keterbatasan infrastruktur telekomunikasi dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Bidang Perekonomian Rudy Salahudin mengatakan, untuk pendaftaran cara luring, pemohon harus datang langsung ke instansi tersebut.

Setiap calon peserta wajib mengisi formulir yang memuat nama lengkap, NIK pada KTP elektronik, tanggal lahir, nomor KK, e-mail, nomor hp, alamat domisili, pendidikan terakhir.

Selain itu, peserta juga harus mengisi status kerja pelatihan yang diinginkan di dalam formulir tersebut.

Calon peserta juga wajib melampirkan fotokopi KTP dan melampirkan beberapa pernyataan.

Antara lain pernyataan kebenaran data, pernyataan tidak akan melakukan kecurangan, serta pernyataan bersedia dituntut dan mengganti kerugian negara.

Dari permohonan tersebut, nanti secara kolektif dikumpulkan oleh K/L. Kemudian dari K/L nantinya akan mengirimkan pendaftaran permohonan.

Setelah disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, permohonan pendaftaran calon peserta gelombang 4 Prakerja akan dikirimkan kepada PMO.

”Nanti PMO yang akan mengukuhkan penetapan calon peserta tersebut,” jelas Rudy, dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8/2020).

Gelombang 4 Prioritas yang Terdampak Covid-19

Pendaftaran kartu Prakerja gelombang 4 ini diprioritaskan bagi pekerja terdampak akibat Covid-19 yang namanya sudah terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja.

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja, tercatat sudah ada 3 jutaan pekerja yang terkena PHK oleh perusahaan karena Covid-19.

Dari 3 juta orang yang di-PHK, sebanyak 1,7 juta pekerja datanya sudah lengkap by name by address. Sedangkan sisanya masih dalam tahap verifikasi.

Diikuti 11,3 Juta Peserta

Untuk diketahui, program andalan Presiden RI Jokowi saat kampanye ini banyak sekali peminatnya.

Sejak awal dibuka pada tanggal 11 April 2020 lalu hingga saat ini, sudah ada sekitar 11,3 juta orang yang ikut mendaftar program Prakerja.

Namun sampai gelombang ke 3, pemerintah baru menerima sekitar 680 ribu peserta Prakerja.

Kartu Prakerja sendiri sempat terhenti sekitar 2 bulan lebih setelah pendaftaran gelombang 3 selesai.

Alasan keterlambatan pembukaan gelombang 4 karena komite Prakerja tengah melakukan evaluasi program secara menyeluruh.

Nah, sekarang pendaftaran sudah kembali dibuka. Segera daftar kartu prakerja gelombang 4 online dengan cara seperti yang disebutkan di atas ya! (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan