Minggu, 13 Juni 2021
Minggu, 13 Juni 2021
BJB

Daftar Prakerja Gelombang 4: Siap-siap Akhir Juli 2020, Ini Caranya

spot_img

Berita Nasional, galuh.id – Daftar Prakerja gelombang 4 bisa dilakukan pada akhir Juli 2020, hal tersebut dijanjikan oleh pemerintah setelah sempat tertunda.

Sebelumnya pemerintah memiliki rencana membuka program Kartu Prakerja gelombang 4 pada akhir Mei 2020 atau setelah Hari Raya Idul Fitri.

Namun karena pemerintah sedang melakukan evaluasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan program, pembukaan untuk Prakerja gelombang 4 mengalami keterlambatan.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli 2020, Ayo Daftar!

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, menyampaikan tentang dibukanya program Kartu Prakerja gelombang 4.

Namun untuk tanggal daftar Prakerja gelombang 4, Panji menyampaikan belum ada kepastian, namun akan diumumkan melalui akun instagram @prakerja.co.id.

“Gelombang 4 kartu prakerja dibuka pada akhir Juli ini, sesuai target komite, namun untuk tanggal pastinya belum ada kepastian,” jelasnya.

Panji menjelaskan untuk keputusan akhir Juli 2020 sudah ada, untuk tanggalnya akan diumumkan melalui instragram Kartu Prakerja dan siaran pers.

Pernyataan Panji tersebut disampaikan pada media, Senin (20/7/2020). Sementara untuk tanggal pasti daftar Prakerja gelombang 4 akan ada siaran pers selanjutnya.

Hingga saat ini menurut Panji, pihak manajemen pelaksana masih terus melakukan pembayaran insentif pada peserta Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Pembayaran insentif sebesar Rp. 600 ribu tersebut dibayarkan pada peserta yang telah menyelesaikan seluruh pelatihannya.

Selain itu manajemen juga tengah memberikan rating serta ulasan, juga mengaktifkan rekening dan juga telah melaksanakan prosedur Know Your Customer.

Untuk membantu peserta, manajemen Program Kartu Prakerja juga menyediakan fitur penggantian rekening apabila terdapat rekening yang harus diganti.

Daftar Prakerja Gelombang 4 Segera Dibuka dengan Kuota Terbanyak

Adanya keterlambatan pembukaan kartu Prakerja gelombang 4 karena terdapat evaluasi secara menyeluruh dan pembayaran insentif peserta yang belum tersalurkan.

Pemerintah melakukan beberapa pembenahan pada Program Kartu Prakerja agar pelaksanaannya terus mengalami perbaikan pada setiap gelombang.

Adanya ketelambatan tersebut, diakibatkan perbaikan dan juga rekomendasi dari beberapa pihak untuk Program Kartu Prakerja.

Daftar Prakerja gelombang 4 dibuka pada akhir Juli ini, dan ada perbedaan dengan gelombang sebelumnya, terutama pada jumlah peserta.

Direncanakan pada program Kartu Prakerja gelombang 4 ini peserta bisa mencapai 500 ribu peserta, lebih banyak dari gelombang-gelombang sebelumnya.

Jumlah kuota untuk peserta yang bisa mendaftar pada program Kartu Prakerja gelombang 4 disampaikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono.

“Direncanakan kuota pendaftaran pada gelombang 4 ini peserta bisa mencapai 500 ribu peserta, dan ini merupakan kuota terbanyak,” jelas Susiwijono.

Menurut Susiwijono, terjadi peningkatan kartu Prakerja gelombang 4 dari gelombang sebelumnya, yaitu dengan kuota sebanyak 300 ribu peserta.

Sejak 11 April 2020 sebanyak 11,3 juta pendaftar yang berasal dari 513 kabupaten dan kota kecuali Kabupaten Delyai, Papua.

Kemudian jumlah peserta dari gelombang 1 sampai dengan gelombang 3 terdapat 680 ribu penerima Kartu Prakerja.

Jumlah penerima Kartu Prakerja ada tambahan di luar pendaftar sesuai usulan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS sebanyak 143 ribu peserta.

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4

Daftar Prakerja gelombang 4 dibuka akhir Juli 2020 ini mengalami beberapa perbaikan, diantaranya aturan dan juga adanya verifikasi lembaga pelatihan.

Aturan turunan tersebut sedang disiapkan, hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahudin.

Aturan turunan tersebut menurut Rudy untuk mengganti Permenko Nomor 3 Tahun 2020 yang di dalamnya terdapat teknis penyelenggaraan Kartu Prakerja.

Selain adanya aturan turunan yang mengganti Permenko, terdapat verifikasi pada lembaga pelatihan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia.

“Ada lembaga pelatihan sedang diverifikasi oleh BPKP RI, aturan pelaksanaan dan turunan kita harapkan cepat selesai,” jelas Rudy.

Sehingga menurut Rudy jika verifikasi dan aturan pelaksanaan dan turunan selesai, maka program Kartu Prakerja gelombang 4 pada minggu keempat Juli bisa dibuka.

Sementara itu untuk syarat daftar Prakerja gelombang 4, pertama pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan usia paling rendah 18 tahun.

Syarat lainnya selain harus WNI dan usia paling rendah 18 tahun, peserta sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Selanjutnya untuk mendaftarkan diri buka website www.prakerja.go.id, lalu klik ‘Daftar Sekarang’, isi dan ikuti prosedur pendaftaran yang tersedia, klik kirim.

Data peserta akan diverifikasi, jika lolos akan dikirimkan pemberitahuan melalui email, yang selanjutnya mendapat bantuan dan melakukan pelatihan.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang Kartu Prakerja, bisa menghubungi pusat bantuan (021)25541246 (Senin-Jumat) pukul 08.00-19.00, atau email info @prakerja.go.id.

Anda bisa daftar Prakerja gelombang 4 pada akhir Juli dengan jumlah kuota terbanyak, Anda bisa bersiap-siap dari sekarang. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan