oleh

Desa Sukasari Banjarsari Gelar HKP Ciamis Tingkat Desa

 
 

Banjarsari, galuh.id Hari Krida Pertanian (HKP) tingkat Desa Sukasari tahun 2019 digelar di Kebun Wisata Wiradadaha, Senin (23/9/2019).

Berbagai produk hasil pertanian warga Desa Sukasari dipamerkan dan dijual pada HKP ini.

Acara ini juga tambah meriah dengan adanya panggung hiburan calung Purunyus.

Pjs Kepala Desa Sukasari, Iyon Zain Trio Mulyono, mengatan, HKP di Desa Sukasari sudah dilaksanakan dua kali, yaitu tahun 2018 dan tahun 2019.

Acara ini, kata dia, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia melalui peningkatan kapasitas Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) Desa Sukasari yang didanai dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Lilis Widianingsih, dalam sambutannya mengatakan, HKP pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbanga hati dan sekaligus mawas diri bagi para petani.

Lilis berharap penyelenggaraan HKP di Desa Sukasari tidak sekedar bermakna seremonial.

“HKP ini benar benar dapat memberikan sumbangan dan motivasi bagi masyarakat pertanian di Banjarsari,” harapnya.

Lebih lanjut Lilis mengatakan, pada musim kemarau tahun 2019 sekitar 500 hektar sawah di kecamatan Banjarsari terkena musibah puso.

“Untuk mendapat pengganti akibat terkena puso, petani harus masuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).
Salah satu yang telah mengajukan AUTP di kecamatan Banjarsari yaitu dari Desa Cibadak,” terangnya.

Usai mengikuti HKP di Desa Sukasari, rombongan Dinas Pertanian, meninjau Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) dengan didampingi BPD dan ketua kelompok Darma Usaha Tani Sukasari. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA