Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Diminta Data Penerima BLT Dana Desa, Pemdes Ciamis: Perbupnya Mana?

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintah Desa (Pemdes) diminta untuk menyiapkan data calon penerima BLT Dana Desa. Pihak Pemdes kemudian mempertanyakan Peraturan Bupati Ciamis.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Cijeungjing, M. Abdul Haris, S.Sos.I, Selasa (23/6/2020).

“Untuk data calon penerima bantuan kami sudah siap, tapi mana Peraturan Bupatinya, karena calon penerima tersebut harus dibuatkan Perdesnya,” jelasnya.

Baca Juga : Pemdes di Ciamis Diminta Segera Mendata Penerima BLT Dana Desa

Menurut Haris, idealnya untuk Peraturan Desa dasarnya adalah Peraturan Bupati, maka dari itu pihaknya mempertanyakan Perbup tersebut.

“Sampai sekarang belum ada Perbupnya, karena ada aturan atau teknis yang menjelaskan terkait bantuan yang berasal dari Dana Desa,” tambahnya.

Sedangkan untuk data, Haris mengakui desa-desa sudah menyiapkan daftar calon penerima bantuan dari Dana Desa tersebut.

Hanya saja belum bisa ditetapkan dalam Peraturan Desa yang disahkan melalui proses musyawarah khusus desa.

Haris menambahkan untuk pembuatan Perdes tidak serta merta atau bisa begitu saja dibuat, harus ada dasarnya.

Perbup Ciamis itulah yang menurut Haris akan menjadi dasar dibuatkannya Perdes tentang bantuan BLT Dana Desa.

Terlebih Pemerintah Desa diberikan kewenangan untuk menentukan jumlah penerima, dan juga bisa mengganti atau tetap seperti data penerima bantuan semula.

Selain dipertanyakannya Peraturan Bupati Ciamis, Haris mempertanyakan bantuan stimulan dari Gubernur Jawa Barat yang sampai saat ini belum ada keputusan.

Haris menjelaskan, Pemerintah Desa sudah mengirimkan data calon penerima bantuan stimulan gubernur, pendataan dilakukan oleh relawan desa.

Dengan belum adanya penyaluran atau keputusan dari bantuan stimulan gubernur, menjadi kekhawatiran jika terjadi double bantuan.

“Kami menunggu keputusan bantuan stimulan dari gubernur, karena sebagai bahan pemetaan untuk penerima BLT DD,” jelas Haris.

Jika bantuan stimulan gubernur tersebut sudah cair atau sudah ada keputusan siapa saja yang menerima, pemerintah desa akan lakukan pemetaan.

“Kami mohon pada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menindak lanjuti bantuan stimulant, agar penerima BLT dana desa tidak double bantuan,” pungkasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Potensi Wisata Kecamatan Banjaranyar Ciamis, Dari Kampung Madu Sampai Air Terjun

Berita Ciamis, galuh.id - Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis merupakan pemekaran dari Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Banjaranyar sendiri saat ini baru menginjak usia...

Temukan Kami

49,406FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Lingkar Mata Hati Banjarsari Bersihkan Sampah di Sungai Anak Cikawasen

Banjarsari, galuh.id - Komunitas Lingkar Mata Hati Banjarsari membersihkan sampah di sungai Anak Cikawasen, tepatnya di Dusun Kubangpari, RT 5 RW 5,...

Kabar Baik! 4 PDP di Ciamis Dinyatakan Sembuh

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 4 PDP di Ciamis dari total 11 pasien dalam pengawasan (PDP), dinyatakan sembuh dan sudah tidak dirawat....

12 Tahun Moonraker Ciamis Untuk Ciamis Kondusif

Ciamis, Galuh ID - Klub motor Moonraker Ciamis memperingati anniversary ke-12 yang dirayakan di salah satu rumah makan di kabupaten Ciamis pada Sabtu siang...

Wanoja Galuh: Cinta Kami Pada PSGC Tidak Sebatas Gol Indah dan Pemain Tampan yang Berkeringat di Lapangan

Tania Alivia (18) mengaku tidak menyukai sepak bola sama sekali ketika pertama kali diajak teman-temannya menonton sepak bola langsung di Stadion Galuh Ciamis, "awalnya...

LPPM Unigal Ciamis Kaji Perubahan Perbup Tentang Toko Modern

Berita Ciamis, galuh.id - Kajian perubahan Peraturan Bupati Ciamis Nomor 51 Tahun 2004 tentang Pendirian Toko Modern serta Perlindungan Usaha Kecil, Warung/Toko dan Pasar Tradisional...