Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020
 
 

Diminta Data Penerima BLT Dana Desa, Pemdes Ciamis: Perbupnya Mana?

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Pemerintah Desa (Pemdes) diminta untuk menyiapkan data calon penerima BLT Dana Desa. Pihak Pemdes kemudian mempertanyakan Peraturan Bupati Ciamis.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Cijeungjing, M. Abdul Haris, S.Sos.I, Selasa (23/6/2020).

“Untuk data calon penerima bantuan kami sudah siap, tapi mana Peraturan Bupatinya, karena calon penerima tersebut harus dibuatkan Perdesnya,” jelasnya.

Baca Juga : Pemdes di Ciamis Diminta Segera Mendata Penerima BLT Dana Desa

Menurut Haris, idealnya untuk Peraturan Desa dasarnya adalah Peraturan Bupati, maka dari itu pihaknya mempertanyakan Perbup tersebut.

“Sampai sekarang belum ada Perbupnya, karena ada aturan atau teknis yang menjelaskan terkait bantuan yang berasal dari Dana Desa,” tambahnya.

Sedangkan untuk data, Haris mengakui desa-desa sudah menyiapkan daftar calon penerima bantuan dari Dana Desa tersebut.

Hanya saja belum bisa ditetapkan dalam Peraturan Desa yang disahkan melalui proses musyawarah khusus desa.

Haris menambahkan untuk pembuatan Perdes tidak serta merta atau bisa begitu saja dibuat, harus ada dasarnya.

Perbup Ciamis itulah yang menurut Haris akan menjadi dasar dibuatkannya Perdes tentang bantuan BLT Dana Desa.

Terlebih Pemerintah Desa diberikan kewenangan untuk menentukan jumlah penerima, dan juga bisa mengganti atau tetap seperti data penerima bantuan semula.

Selain dipertanyakannya Peraturan Bupati Ciamis, Haris mempertanyakan bantuan stimulan dari Gubernur Jawa Barat yang sampai saat ini belum ada keputusan.

Haris menjelaskan, Pemerintah Desa sudah mengirimkan data calon penerima bantuan stimulan gubernur, pendataan dilakukan oleh relawan desa.

Dengan belum adanya penyaluran atau keputusan dari bantuan stimulan gubernur, menjadi kekhawatiran jika terjadi double bantuan.

“Kami menunggu keputusan bantuan stimulan dari gubernur, karena sebagai bahan pemetaan untuk penerima BLT DD,” jelas Haris.

Jika bantuan stimulan gubernur tersebut sudah cair atau sudah ada keputusan siapa saja yang menerima, pemerintah desa akan lakukan pemetaan.

“Kami mohon pada Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menindak lanjuti bantuan stimulant, agar penerima BLT dana desa tidak double bantuan,” pungkasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

PNS di Ciamis Positif Covid-19, 2 Kantor Instansi Ditutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh id - Dua PNS di Ciamis Positif Covid-19. PNS tersebut berasal dari dua instansi yang berbeda yakni Bappeda dan...

Pengusaha Muda Ciamis Salurkan 100 Lele Untuk Poktan Wanajaya

Berita Ciamis, galuh.id - Pengusaha muda Ciamis Arga Susyla Prayoga memberikan 100 lele untuk Kelompok Tani (Poktan) Wanajaya, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...

HP Poco M3 Kapan Rilis di Indonesia? Cek Dulu Harganya

HP Poco M3 sebagai produk penutup akhir tahun yang telah rilis secara global pada Selasa, 24 November 2020 secara online. perilisan melalui...

Diego Maradona Meninggal Dunia, Menimbulkan Kesedihan Mendalam Bagi Semua Orang

Diego Maradona Meninggal Dunia, Legenda sepakbola dari Argentina tersebut dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 November 2020 malam WIB.