oleh

Dinas Pariwisata Akan Gelar Ciamis Berdzikir 378 Detik

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis berencana akan menggelar Ciamis Berdzikir. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan secara virtual pada Rabu (20/5/2020).

Tujuan digelarnya kegiatan Ciamis Berdzikir secara virtual ini untuk menghadapi pandemi Covid-19, menjelang lebaran, dan menyambut hari jadi Ciamis.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Wasdi Ijudin mengatakan, saat ini masyarakat di Kabupaten Ciamis sedang mengalami 3 situasi yang sulit dilupakan.

Situasi pertama yakni warga akan menghadapi hari raya idul fitri. Kedua, hari jadi Ciamis ke 378. Ketiga, situasi pandemi wabah Covid 19.

“Ciamis Berdzikir adalah wisata religi yang pas dalam menghadapi tiga situasi yang sedang kita alami saat ini,” ujar Wasdi, Selasa (19/5/2020).

Dengan berdzikir, kata Wasdi, hati dan pikiran bisa tenang. Berdzikir juga dapat membersihkan hati dan jiwa. Terlebih, saat ini masyarakat sedang menghadapi wabah virus Corona.

“Saya yakin virus ini tidak akan berakhir kecuali ada obatnya, namun dengan berdzikir setiap waktu, insya allah bisa membersihkan hati dan jiwa dari Covid-19,” terang Wasdi.

Wasdi menerangkan, angka 378 ini merupakan angka hari jadi Ciamis untuk tahun 2020. Angka ini juga akan di jadikan waktu dalam Ciamis Berdzikir, menjadi 378 detik.

Selain itu, Ciamis Berdzikir juga bisa disebut sebagai atraksi relaksi wisata religi. Dalam menghadapi hari jadi Ciamis, nantinya Ciamis Berdzikir akan mengangkat waktu dzikir selama 378 detik.

Alasan Berdzikir Secara Virtual

Wasdi pun menjelaskan alasan kenapa kegiatan Ciamis Berdzikir secara virtual ini dilaksankan pada hari rabu.

Karena menurut santri, kata Wasdi, hari rabu itu hari yang paling baik. Di hari itu juga bertepatan dengan hari kebangkitan bangsa. Yakni tanggal 20 Mei.

Selain itu, pada hari rabu itu juga tepat pada 27 ramadan. Jadi, lanjut Wasdi, pihaknya sengaja melaksanakan Ciamis Berdzikir di hari tersebut agar mendapat rahmat dan keberkahan di bulan ramadan.

Dalam Ciamis Berdzikir ini, nantinya akan dimeriahkan oleh beberapa sesepuh Ciamis dan ulama ternama di Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum.

“Untuk warga yang mau ikut nanti kita kasih link-nya, kegiatan ini gratis, tidak bayar,” pungkas Wasdi. (GaluhID/Ramdani)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA