Sabtu, 23 Januari 2021
Sabtu, 23 Januari 2021
 
 

Disnakkan: Populasi Ayam Sentul di Ciamis Meningkat

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakkan) kabupaten Ciamis melalui sekretaris Dinas H. Otong mengatakan populasi Ayam Sentul di Ciamis semakin menunjukkan peningkatan. Hal ini membantah pandangan masyarakat terkait populasi ayam Sentul (ayam Ras asal Ciamis) yang selama ini dianggap lebih banyak berkembang di luar kota daripada di kabupaten Ciamis sendiri.

“Masyarakat belum tahu secara detail mengenai ciri khas ayam Sentul, padahal ayam sentul ada di Ciamis sejak tahun 90-an, mungkin karena ciri ayam tersebut hampir sama dengan ayam kampung biasa,” ujar H. Otong kepada Galuh ID, Kamis, (13/6/2019).

Otong Bustomi Sekertaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis. Foto : Istimewa

Otong menambahkan, populasi ayam Sentul di Ciamis semakin berkembang, apalagi sekarang ada sebuah perusahaan besar di daerah Panumbangan yang sudah melakukan  breeding farm ayam Sentul dengan skala besar, yakni di PT Mulia Jaya Bangkit Perkasa. Hal ini membuktikan bahwa ras Ayam Sentul semakin diminati.

“Kendati demikian, tidak bisa dipungkiri di kota-kota lain pun ikut mengembangkan populasi ayam Sentul dikarenakan keunggulan dari ayam Sentul sendiri.  Produksi telurnya bisa mencapai 40 butir dan dagingnya pun sama dengan ayam kampung biasa. Kedua keunggulan ayam Sentul itulah yang menyebabkan pengembang-pengembang di luar kota Ciamis ikut mengembangkan populasi ayam khas Ciamis ini,” terang H. Otong.

Otong menambahkan, pembibitan ayam Sentul sendiri sudah mulai dilakukan di masyarakat dalam bentuk kelompok. Akan tetapi ada satu kendala dalam pembentukan telur menjadi DOC ayam, yaitu keterbatasan dalam jumlah mesin penetas.

“Walaupun keterbatasan di mesin tetas, masyarakat juga melakukan pembudidayaan ayam Sentul secara manual yang langsung dierami oleh indukannya. Dilihat di lapangan banyak masyarakat yang mempunyai ayam Sentul,” ujarnya.

Otong menambahkan ada beberapa populasi ayam Sentul di masyarakat. Diantaranya ayam Sentul jenis  Batu, Sentul Abu, Sentul Emas dan beragam jenis Ayam Sentul lainnya yang berkembang di masyarakat.

“Itu merupakan sebuah pembuktian bahwa populasi ayam Sentul di Ciamis masih banyak dan diminati,” pungkasnya. (galuh.id/Fahmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Terkena Banjir, Lansia 90 Tahun di Banjarsari Ciamis Dievakuasi

Berita Ciamis, galuh.id - Hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (22/1/2021) sore menyebabkan sebagian wilayah Banjarsari Kabupaten Ciamis terkena banjir. Seperti halnya, Dusun Cibeureum RT...

Sampah di TPA Banjaranyar Ciamis Capai 12 Ton per Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Sampah yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Banjaranyar Ciamis setiap hari capai 12 ton. Sampah itu berasal dari perumahan...

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Temukan Kami

48,111FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya