Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Domba Texel dari Belanda Jadi Primadona di Pesta Patok Ciamis

Rajadesa, galuh.id – Domba yang berasal dari Pulau Texel negara Belanda menjadi primadona pada Pesta Patok yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, Selasa (10/7/2019).

Banyak pengunjung yang penasaran dengan hadirnya domba Texel asal Negara Belanda yang beda dengan domba-domba biasanya. Domba ini bulunya lebih tebal di seluruh badannya.

“Bagus, unik, lucu dan tebal bulunya, saya baru kali ini lihat langsung domba Texel ini, biasanya saya lihat di televisi. Alhamdulilah berkat pesta patok saya bisa lihat langsung,” ujar Dede pengunjung asal Kawali kepada Galuh ID, Selasa (10/7/2019).

Sekertaris Dinas Peternakan dan Perikasanan Kabupaten Ciamis H Otong Bustomi mengatakan domba asli pulau Texel Belanda ini awalnya dicoba untuk dikembangkan di wilayah Panawangan dan Sukamatri Kabupaten Ciamis, hasilnya diakui Otong sangat responsif untuk pengembangan domba Texel di dua wilayah tersebut.

“Alhamdulilah awalnya kita coba domba Texel dikembangkan di Panawangan dan Sukamantri, hasilnya cukup baik dan responsif sehingga domba tumbuh dengan sehat, mungkin cuacanya sama dengan di pulau Texel Belanda,” ujarnya.

Domba Texel, menurut Otong, merupakan domba tipe dwiguna, yakni penghasil wol dan daging. Selain itu, domba tersebut sangat jinak sehingga cocok untuk bermain bersama anak-anak.

“Domba Texel itu bisa menghasilkan wol dan daging serta jinak dan bagus untuk bermain dengan anak-anak, cocok juga kalau di Ciamis ada arena bermain domba texel untuk wisata edukasi,” paparnya.

Otong berharap ke depan festival ternak atau pesta patok ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Ciamis, khususnya untuk dunia peternakan.

“Ke depan dengan adanya fesitval patok bisa menjadi daya tarik para wisatawan dari luar daerah untuk datang ke Ciamis, itu harapan kami,”pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Related Articles

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...

Norwich vs West Ham: Empat Gol Antonio Kirim The Canaries Degradasi

Berita Olahraga, galuh.id - Laga pembuka pekan ke-35 Liga Inggris akhir pekan ini, dibuka laga Norwich vs West Ham berjalan menarik dan...