Jumat, 18 Juni 2021
Jumat, 18 Juni 2021
BJB

Film Bahubali, Kisah Perebutan Kekuasaan

spot_img

Film Bahubali: The Beginning tayang pada hari Sabtu (5/9) pukul 13.45 WIB di ANTV. Merupakan film India genre action yang disutradarai oleh S.S. Rajamouli, menggunakan bahasa Telugu dan Tamil dalam dialognya. Film ini diproduksi oleh Shobu Yarlagadda dan Prasad Devineni.

Dalam film ini akan ditemui Prabhas, Rana Daggubati, Anushka Shetty, dan Tamannaah sebagai pemeran utama. Serta turut menampilkan Ramya Krishna, Sathyaraj, dan Nassar sebagai pemeran pendukung.

Film Bahubali, Sinopsis dan Alur Ceritanya

Dikutip dari Box Office Mojo, Film Bahubali:The Beginning tercatat sebagai film India termahal saat dirilis dengan menghabiskan biaya 25 juta dolar AS. Film yang berdurasi 158 menit pertama kali ditayangkan pada 10 Juni 2015 dan berhasil meraup keuntungan kotor 84 juta dolar AS.

Baca Juga: Film Seru September 2020, Tayang di TV Nasional

Tak hanya menjadi film india dengan pendapatan kotor tertinggi ketiga di dunia, Bahubali juga memenangkan beberapa penghargaan. Sebut saja Film Nasional untuk Efek Khusus Terbaik, Film Fitur Terbaik, dan film Telugu pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Film Bahubali: The Beginning bercerita tentang Kerajaan Mahishmati, Ratu Sivagami (Ramya Krishna) yang muncul dari sebuah gua dengan membawa bayi. Sang ratu membunuh tentara yang mengejar untuk menyelamatkan bayinya.

Penduduk desa melihat ratu yang hampir tenggelam dan menyelamatkan si bayi. Ratu menunjuk ke arah gunung di atas air terjun, lalu ia tenggelam. Sanga (Rohini) dan suaminya memutuskan untuk merawat bayi tersebut dan memberi nama Shivudu atau dipanggil Shiva (Prabhas).

Setelah Shivudu Tumbuh Dewasa

Shivudu tumbuh menjadi pemuda dengan tubuh yang kekar. Ia bercita-cita untuk mendaki gunung namun selalu gagal. Tampak bahwa ia memiliki kekuatan yang tak biasa di film Bahubali. Suatu hari, ia menemukan topeng yang terjatuh dari atas gunung.

Didorong oleh rasa ingin tahu tentang siapa pemilik topeng tersebut, Shivudu akhirnya berhasil mendaki gunung hingga ke puncak. Disana ia bertemu dengan seorang gadis bernama Avanthika (Tamannaah).

Avanthika adalah seorang pejuang dari kelompok pemberontak yang terlibat perang melawan Raja Bhallala Deva (Rana Daggubati) dari Kerajaan Mahishmati. Kelompok tersebut berusaha membebaskan mantan ratu mereka, Devasena (Anushka Shetty) yang telah dirantai di kerajaan Mahishmati selama 25 tahun.

Melanjutkan sinopsis film Bahubali, Avanthika menyukai Shivudu yang memanjat gunung untuknya. Shivudu kemudian membantu Avanthika untuk menyelinap ke Mahishmati dan menyelamatkan Devasena.

Dalam misi penyelamatan tersebut, mereka dikejar oleh Kattappa (Sathyaraj) yang terkenal sebagai prajurit tangguh. Kattappa menjatuhkan senjatanya dan menyadari bahwa Shivudu ternyata adalah Mahendra Bahubali, putra mahkota dari mendiang raja Amarendra Bahubali.

Masa Lalu Amarendra Bahubali

Jauh sebelum Mahendra Bahubali lahir, Ratu Sivagami dinobatkan sebagai raja berkat bantuan Kattappa. Dikisahkan Amarendra Bahubali dan Bhalala Deva tumbuh bersama dan mendapatkan berbagai macam pendidikan dari mulai seni, sains, politik, hingga perang tetapi masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda.

Amarendra Bahubali dikenal sebagai sosok yang bijaksana kepada semua orang, namun Bhalala Deva dikenal licik dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Perbedaan keduanya tampak jelas terlihat di film Bahubali.

Ketika Mahishmati harus berperang melawan Kalakeya, Sivagami berkata orang yang memenggal kepala Raja Kalakeya akan menjadi Raja Mahishmati berikutnya. Sivagami memerintahkan agar kedua sepupunya mendapatkan pasokan sumber daya perang merata.

Berkat bantuan ayahnya, Bhalala Deva mendapat pasokan sumber daya maksimal. Akibatnya Mahishmati terancam kalah saat perang. Namun, Amarendra Bahubali membangkitkan semangat prajurit untuk mengalahkan musuh.

Setelah perang berakhir, jelas bahwa Bhalala Deva berusaha menyingkirkan Amarendra Bahubali beserta dengan keturunannya untuk mendapat kekuasaan. Alasan mengapa Sivagami mengorbankan dirinya demi menyelamatkan sang bayi kini terjawab.

Tentunya, Film Bahubali:The Beginning akan terasa lebih seru ketika ditonton langsung. Film ini mendapat penghargaan Sutradara Terbaik untuk Rajamouli. Ramya Krishna juga mendapat penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Situs iMDb memberi skor 8,1 dari 10 berdasarkan penilaian 100.238 kritikus. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan