Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Gugus Tugas Covid-19 Jadi Penentu Kegiatan Olahraga di Era New Normal

Berita Olahraga, galuh.id – Kemeterian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini tengah mempersiapkan skenario agar kegiatan olahraga di era new normal dapat berjalan kembali.

Tentunya, kegiatan olahraga akan disesuaikan dengan situasi new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19.

Sejak kasus Covid-19 memuncak pada awal Maret lalu, pemerintah meniadakan semua kegiatan olahraga di Indonesia.

Termasuk PON Papua 2020 yang sedianya akan digelar pada 20 Oktober hingga 2 November 2020, juga ditunda akibat pandemi Corona ini.

Pemerintah kemudian memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai wilayah, demi menghentikan laju persebaran virus.

Olahraga di Era New Normal

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, cabang olahraga harus bersiap untuk memulai kembali kegiatan olahraga, namun dengan situasi new normal.

Namun, kegiatan olahraga ini tidak akan berjalan dengan normal seperti sebelum pandemi  mewabah.

“Kita tetap mempersiapkan untuk mulai ada kegiatan olahraga. Tapi jangan berharap kegiatan olahraga akan normal seperti sebelum ada pandemi,” ujar Amali, melalui video conference, Selasa, (26/5/2020).

Amali juga menganalogikan kegiatan olahraga dalam situasi era new normal ini seperti ketatnya pemeriksaan di bandara setelah terjadi teror bom.

”Pemeriksaan di bandara tidak terlalu ketat sebelum ada kasus teror bom. Tapi setelah adanya kasus bom itu, pemeriksaannya jadi ketat. Seperti itulah gambaran kegiatan olahraga di new era ini,” tutur Amali.

Amali menjelaskan, jika nanti olahraga sudah diperbolehkan kembali digelar, maka tentunya akan dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Kendati demikian, Kemenpora belum mengeluarkan panduan untuk kegiatan olahraga secara khusus, karena menunggu kepastian dari gugus tugas Covid-19.

Kemenpora akan membuat panduan kegiatan olahraga secara khusus dan terperinci, setelah ada kepastian dari gugus tugas Covid-19 terkait protokol kesehatan.

Mengenai panduannya, Amali menerangkan, hal itu terkait pelaksanaan kegiatan olahraga, baik secara indoor maupun outdoor, serta keterlibatan penonton.

”Kegiatan olahraga indoor dan outdoor kapan? Apakah boleh dengan penonton atau tidak? Jika boleh, berapa batasannya?,” terang Amali.

Pihaknya juga mengaku tidak ingin membuat panduan sekarang. Karena dikhawatirkan nantinya terjadi perbedaan panduan dengan gugus tugas Covid-19.

Amali menambahkan, panduan khusus olahraga di era new normal dari Kemenpora ini akan melibatkan masukan dari berbagai cabang olahraga (cabor), KONI, KOI dan lain-lainnya. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Cegah Covid-19, Aparat Gabungan Hentikan Kendaraan di Perbatasan Pangandaran – Ciamis

Berita Pangandaran, galuh.id - Aparat gabungan dari Kabupaten Pangandaran yang terdiri dari Dinas Kesehatan, TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub menghentikan seluruh...

Kopgab Lintas Komunitas Deklarasi Ciamis Damai dan Kondusif

Ciamis, galuh.id - Sejumlah pemuda dari Kopgab Lintas Komunitas Ciamis mendeklarasikan Ciamis damai dan kondusif. Setidaknya 20 komunitas hadir di acara yang...

Di Lakbok Ciamis, Putra Charly Van Houten ‘Dikeroyok’

Lakbok, galuh.id - Mohammad Restu Gibhran Van Houten atau lebih akrab disapa Restu Van Houten merupakan anak pertama dari penyanyi Charly Van...

Klasemen Liga 2: Nasib Persewar dan Persatu, Serta Cerita Lain di Wilayah Timur

Info Liga 2, galuh.id – Lanjutan pertandingan Liga 2 Indonesia fase babak pendahuluan sudah memasuki fase akhir. Seluruh tim yang bertanding punya...

4 Kriteria yang Jadi Pertimbangan Untuk Melonggarkan Aturan PSBB

Berita Nasional, galuh.id - Pemerintah pusat saat ini tengah menyusun skenario terkait rencana pelonggaran atau relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di...