Selasa, 26 Januari 2021
Selasa, 26 Januari 2021
 
 

Gugus Tugas Covid-19 Pusat Sebut Tak Lockdown Adalah Pilihan Terbaik

Berita Nasional, galuh.id – Semenjak masifnya penyebaran virus Corona di berbagai negara, kebijakan Lockdown kembali dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin besar.

Beberapa negara yang kini menerapkan Lockdown diantaranya Italia, Spanyol, Perancis, India dan Tiongkok.

Lockdown menjadi opsi kebijakan yang diambil oleh beberapa negara yang terdampak, guna mencegah kemungkinan semakin meluasnya penyebaran virus Corona.

Namun, negara Indonesia memiliki pendapat yang berbeda. Kendati juga terdampak wabah Corona, pemerintah Indonesia memilih untuk tidak melakukan Lockdown.

Pemerintah pusat Indonesia menilai, kebijakan Lockdown tidak dapat mengatasi penyebaran Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pusat Doni Monardo mengatakan, penerapan Lockdown dapat menyebabkan virus Corona semakin meluas.

Doni menerangkan, penerapan lockdown di sejumlah negara justru menyebabkan semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Sejumlah negara yang telah menerapkan lockdown tersebut merupakan negara dengan kawasan padat penduduk.

Penerapan lockdown di negara dengan kawasan padat penduduk ini, kata Doni, telah menimbulkan wabah Corona semakin meluas.

“Lockdown di kawasan padat penduduk memiliki risiko sangat besar dan telah menimbulkan wabah kian meluas,” kata Doni, dikanal Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (27/4/2020).

Maka dari itu, Doni menegaskan, pemerintah Indonesia berkukuh tidak akan menerapkan lockdown demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Doni juga mengingatkan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Diantaranya melakukan pembatasan jarak fisik, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat keluar rumah.

Doni menambahkan, dengan tidak menerapkan lockdown, pemerintah telah memperhatikan faktor psikologis masyarakat.

Jika lockdown diberlakukan, lanjut Doni, akan timbul tambahan beban psikologis di masyarakat.

“Sehingga pilihan untuk tidak lockdown merupakan upaya yang sangat baik,” kata Doni, Ketua Gugus Tugas Covid-19 dalam siaran persnya.

Lockdown Tidak Berhasil Mengatasi Penyebaran Virus Corona

Hal senada juga pernah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa pada Rabu (22/4/2020).

Jokowi menilai, tidak ada negara yang berhasil mengatasi penyebaran wabah virus Corona dengan menerapkan lockdown.

Sebagai catatan, Presiden Joko Widodo memilih untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketimbang lockdown.

Jokowi memilih memberlakukan PSBB daripada lockdown agar masyarakat tidak kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Doni Monardo Positif Covid-19, Berikut Kronologinya

Doni Monardo positif Covid-19 setelah ia melakukan tes swab PCR pada Jumat, 22 Januari 2021. Hal ini ia sampaikan melalui keterangan pers tadi pagi. Meski...

Profil Syekh Ali Jaber, Ulama yang Dikenal Lemah Lembut

Profil Syekh Ali Jaber, perjalanan sang ulama sekaligus pendakwah dari Madinah berakhir dengan tangis seluruh masyarakat Indonesia. Kabar meninggal dunia sang ulama disampaikan langsung oleh...

Listrik Gratis PLN Januari 2021, Berikut Cara Klaimnya

Cara klaim listrik gratis PLN Januari 2021 masihlah sama seperti bulan-bulan sebelumnya, pelanggan bisa menggunakan layanan WhatsApp, situs PLN atau mengunduh aplikasi PLN Mobile. Bantuan...

Temukan Kami

48,103FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya