Jumat, 10 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
 
 

Gugus Tugas Covid-19 Pusat Sebut Tak Lockdown Adalah Pilihan Terbaik

Berita Nasional, galuh.id – Semenjak masifnya penyebaran virus Corona di berbagai negara, kebijakan Lockdown kembali dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 semakin besar.

Beberapa negara yang kini menerapkan Lockdown diantaranya Italia, Spanyol, Perancis, India dan Tiongkok.

Lockdown menjadi opsi kebijakan yang diambil oleh beberapa negara yang terdampak, guna mencegah kemungkinan semakin meluasnya penyebaran virus Corona.

Namun, negara Indonesia memiliki pendapat yang berbeda. Kendati juga terdampak wabah Corona, pemerintah Indonesia memilih untuk tidak melakukan Lockdown.

Pemerintah pusat Indonesia menilai, kebijakan Lockdown tidak dapat mengatasi penyebaran Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pusat Doni Monardo mengatakan, penerapan Lockdown dapat menyebabkan virus Corona semakin meluas.

Doni menerangkan, penerapan lockdown di sejumlah negara justru menyebabkan semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Sejumlah negara yang telah menerapkan lockdown tersebut merupakan negara dengan kawasan padat penduduk.

Penerapan lockdown di negara dengan kawasan padat penduduk ini, kata Doni, telah menimbulkan wabah Corona semakin meluas.

“Lockdown di kawasan padat penduduk memiliki risiko sangat besar dan telah menimbulkan wabah kian meluas,” kata Doni, dikanal Youtube Sekretariat Kabinet, Senin (27/4/2020).

Maka dari itu, Doni menegaskan, pemerintah Indonesia berkukuh tidak akan menerapkan lockdown demi menekan laju penyebaran Covid-19.

Doni juga mengingatkan agar masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Diantaranya melakukan pembatasan jarak fisik, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat keluar rumah.

Doni menambahkan, dengan tidak menerapkan lockdown, pemerintah telah memperhatikan faktor psikologis masyarakat.

Jika lockdown diberlakukan, lanjut Doni, akan timbul tambahan beban psikologis di masyarakat.

“Sehingga pilihan untuk tidak lockdown merupakan upaya yang sangat baik,” kata Doni, Ketua Gugus Tugas Covid-19 dalam siaran persnya.

Lockdown Tidak Berhasil Mengatasi Penyebaran Virus Corona

Hal senada juga pernah disampaikan Presiden Joko Widodo dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa pada Rabu (22/4/2020).

Jokowi menilai, tidak ada negara yang berhasil mengatasi penyebaran wabah virus Corona dengan menerapkan lockdown.

Sebagai catatan, Presiden Joko Widodo memilih untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketimbang lockdown.

Jokowi memilih memberlakukan PSBB daripada lockdown agar masyarakat tidak kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,398FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

SMK Muhammadiyah 2 Banjarsari FC Siap Uji Nyali di Divisi Utama PSSI Askab Ciamis

Banjarsari, galuh.id - SMK Muhammadiyah 2 Banjarsari FC merupakan salah satu kontestan yang siap meramaikan Kompetisi Divisi Utama PSSI Askab Ciamis.

Ikut Pramuka, Siswa MTS Tenggelam di Sungai Leuwi Kunkun

Ciamis, Galuh ID - Nasib naas menimpa Cecep (15) siswa MTS Al Munawar yang tenggelam di sungai Leuwi Kunkun pada Sabtu (13/10/18) sekitar pukul...

Tutupi Utang Kampanye, Anggota DPRD Ciamis Gadaikan SK

Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis dilantik pada 5 Agustus 2019. Baru satu bulan, namun banyak anggota...

Jelang Liga 2 2020, Persijap Jepara Ditinggal Pelatih

Info Liga 2, galuh.id - Sahala Marudut Tigor Saragih pelatih Persijap Jepara yang berhasil membawa promosi ke Liga 2, Rabu (5/01/2020) resmi...

Gugus Tugas Covid-19 Jabar Gelar Operasi di Kawasan Puncak Bogor

Berita Jabar, galuh.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 akan menggelar operasi gabungan di kawasan Puncak,...