Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Gunakan Masker dengan Benar, Jangan Dipakai di Dagu

Hubungi Kami

Berita Nasional, galuh.id – Dalam masa pandemi Covid-19, gunakan masker menjadi barang penting untuk menghindari risiko penularan virus Covid-19 melalui hidung dan mulut.

Di awal pandemi Covid-19 di tanah air, masker menjadi barang langka di pasaran. Harga masker sempat melambung tinggi, beberapa alasan karena adanya penimbunan dari beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penggunaan masker menjadi salah satu bagian dari protokol kesehatan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Gunakan Masker Dengan Benar

Namun demikian pemakaian alat pelindung diri tersebut kiranya digunakan sesuai aturan, dengan tidak sekedar dipakai semata. Dalam penggunaan masker kiranya diperhatikan dari segi pemakaian, dan segi kebersihannya.

Sangat disayangkan saat ini masih banyak orang yang tidak tepat dalam menggunakan masker, seperti halnya masih banyak ditemukan masyarakat yang menyelipkan masker pada dagu.

Dilansir dari situs New York Times, dokter spesialis anestesiologi, Shan Shoe-Lin mengatakan, ketika seseorang tidak menggunakan masker dengan benar, seperti diletakkan di dagu, risiko untuk terinfeksi lebih besar.

“Terlebih jika anda dihadapkan dengan banyak orang. Sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” katanya.

Pemakaian tidak tepat masker yang diselipkan pada dagu, justru meningkatkan risiko penyebaran virus. Apalagi saat dagu dalam keadaan kurang bersih. Kemungkinan ada kuman ataupun bakteri yang menempel, hingga dengan mudah terhirup melalui hidung atau mulut, saat masker kembali dipasang.

“Bukan sekedar dilepas dan diletakan pada area dagu, melainkan dicopot dari wajah anda dan dibuang. Apabila membutuhkannya kembali, gunakan yang baru agar lebih steril,” tambahnya.

Saat ini masker kerap diproduksi dengan motif unik, seperti halnya dengan corak gambar ataupun tulisan, ataupun disatukan dengan jilbab.

Beberapa produsen masker unik tersebut mengaku bahwa hal tersebut agar penggunakan masker lebih fashionable, sekaligus meredakan ketegangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Masker Atau Face Shield yang Lebih Efektif?

Dikutip dari Web MD, face shield dipilih untuk menambah perlindungan dari penularan virus Covid-19. Beberapa tim ahli mengatakan pelindung wajah tersebut dapat menambah proteksi diri, guna mencegah penularan virus Covid-19.

Dikutip dari Medpage Today, Eli Perecvich, MD, dari Universitas Lowa. Dalam tulisan yang dipublikasikan di jurnal JAMA, mengartakan face shield dapat dipilih sebagai alternatif yang layak.

Menurut Eli, masker medis memiliki daya tahan terbatas, dan sedikit potensi untuk digunakan kembali. Sementara face shield dapat digunakan tanpa batas waktu, dan mudah untuk dibersihkan dengan sabun, air, ataupun desinfektan. (GaluhID/Dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...

Kapan BSU Kemendikbud Cair? Siapkan Dokumen Berikut

Kapan BSU Kemendikbud cair? Pertanyaan ini kerap kali masyarakat lontarkan kepada pemerintah terutama para guru honorer yang sudah lama menunggu lama akan...

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Avanza Seruduk Rumah Warga di Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah mobil avanza berwarna silver menabrak pagar rumah milik warga hingga ambruk di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/11/2020).

Bangkitkan Kepercayaan Politik, 4 DPC BMI di Jabar Resmi Dilantik

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia atau BMI di Jabar dilantik. Yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Profil Diego Maradona, Legenda Sepak Bola Argentina

Profil Diego Maradona menggambarkan kesuksesan sepak bola Negara Argentina. Ia juga banyak mempersembahkan gelar prestisius untuk klub dan negaranya.

Harga HP Realme Narzo 20 Pro, Ketahui Beberapa Fitur Unggulannya!

Harga HP Realme Narzo 20 Pro sangat spesial karena terjangkau dan bersahabat bagi semua kalangan pada pasar Indonesia. Seperti...