Sabtu, 31 Juli 2021
Sabtu, 31 Juli 2021
BJB

Gunakan Masker dengan Benar, Jangan Dipakai di Dagu

Berita Nasional, galuh.id – Dalam masa pandemi Covid-19, gunakan masker menjadi barang penting untuk menghindari risiko penularan virus Covid-19 melalui hidung dan mulut.

Di awal pandemi Covid-19 di tanah air, masker menjadi barang langka di pasaran. Harga masker sempat melambung tinggi, beberapa alasan karena adanya penimbunan dari beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penggunaan masker menjadi salah satu bagian dari protokol kesehatan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Gunakan Masker Dengan Benar

Namun demikian pemakaian alat pelindung diri tersebut kiranya digunakan sesuai aturan, dengan tidak sekedar dipakai semata. Dalam penggunaan masker kiranya diperhatikan dari segi pemakaian, dan segi kebersihannya.

Sangat disayangkan saat ini masih banyak orang yang tidak tepat dalam menggunakan masker, seperti halnya masih banyak ditemukan masyarakat yang menyelipkan masker pada dagu.

Dilansir dari situs New York Times, dokter spesialis anestesiologi, Shan Shoe-Lin mengatakan, ketika seseorang tidak menggunakan masker dengan benar, seperti diletakkan di dagu, risiko untuk terinfeksi lebih besar.

“Terlebih jika anda dihadapkan dengan banyak orang. Sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal,” katanya.

Pemakaian tidak tepat masker yang diselipkan pada dagu, justru meningkatkan risiko penyebaran virus. Apalagi saat dagu dalam keadaan kurang bersih. Kemungkinan ada kuman ataupun bakteri yang menempel, hingga dengan mudah terhirup melalui hidung atau mulut, saat masker kembali dipasang.

“Bukan sekedar dilepas dan diletakan pada area dagu, melainkan dicopot dari wajah anda dan dibuang. Apabila membutuhkannya kembali, gunakan yang baru agar lebih steril,” tambahnya.

Saat ini masker kerap diproduksi dengan motif unik, seperti halnya dengan corak gambar ataupun tulisan, ataupun disatukan dengan jilbab.

Beberapa produsen masker unik tersebut mengaku bahwa hal tersebut agar penggunakan masker lebih fashionable, sekaligus meredakan ketegangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Masker Atau Face Shield yang Lebih Efektif?

Dikutip dari Web MD, face shield dipilih untuk menambah perlindungan dari penularan virus Covid-19. Beberapa tim ahli mengatakan pelindung wajah tersebut dapat menambah proteksi diri, guna mencegah penularan virus Covid-19.

Dikutip dari Medpage Today, Eli Perecvich, MD, dari Universitas Lowa. Dalam tulisan yang dipublikasikan di jurnal JAMA, mengartakan face shield dapat dipilih sebagai alternatif yang layak.

Menurut Eli, masker medis memiliki daya tahan terbatas, dan sedikit potensi untuk digunakan kembali. Sementara face shield dapat digunakan tanpa batas waktu, dan mudah untuk dibersihkan dengan sabun, air, ataupun desinfektan. (GaluhID/Dodi)

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan