Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Hari Pertama PSBB Ciamis, Pedagang Pasar Belum Tahu Jam Operasional

Berita Ciamis, galuh.id – Hari pertama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Ciamis belum sepenuhnya efektif.

Pasalnya, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa dari mulai tanggal 6 sampai 19 Mei 2020, Kabupaten Ciamis akan diberlakukan PSBB.

Seperti halnya pemberlakuan jam operasional pasar tradisional dan pasar modern.

Saat PSBB diberlakukan, jam operasional pasar tradisional menurut peraturan Bupati Ciamis buka dari pukul 04.00 WIB dan tutup pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan toko modern buka pukul 10.00 dan tutup pukul 20.00 WIB.

Namun, baru satu hari diberlakukan PSBB, para pedagang pasar manis Ciamis belum sepenuhnya mengetahui jam tutup operasional tersebut.

Kurangnya sosialisasi dari Dinas terkait kepada para pedagang pasar, disinyalir menjadi penyebab pedagang belum mengetahui aturan baru buka tutup pasar saat PSBB.

Pengurus Himpunan Pedagang Pasar Ciamis (HPPC), Koko mengatakan, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis sebelumnya tidak mensosialisasikan ataupun memberitahu kepada pedagang tentang PSBB.

“Wajar saja, hari ini kita belum tutup meskipun harus tutup jam 13.00 saat PSBB. Sosialisasi atau diberitahu saja tidak tentang aturan jam operasional pasar selama PSBB,” katanya, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, kalau saja Dinas terkait ataupun UPTD Pasar memberikan sosialisasi tentang jam operasional pasar Ciamis saat PSBB kepada para pedagang sudah pasti para pedagang akan mematuhinya.

Karena, lanjut dia, para pedagang juga akan mendukung tindakan Pemerintah daerah untuk memutuskan mata rantai virus Corona di Kabupaten Ciamis.

“Banner pemberitahuan PSBB saja baru dipasang tadi siang, harusnya satu hari sebelumnya sosialisasi dulu dengan para pedagang agar para pedagang mengetahuinya,” tegasnya.

Koko menambahkan, di blok Pasar Subuh ini kebanyakan pedagang sayur-sayuran. Jadi jika hari ini tidak habis, mungkin besok akan busuk, terlebih para pedagang sudah menyetok sayuran yang banyak.

“Pedagang sudah membeli sayuran banyak, jadi ditakutkan kalau dijual besok sayurannya akan busuk. Maka dari itu, para pedagang ngotot tidak mau tutup,” terangnya.

Dinas KUKMP Mengakui Sudah Sosialisasi

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Tri Suratno mengatakan, Dinas melalui bidang pengelolaan pasar sebenarnya sudah menyosialisasikan akan diberlakukannya PSBB kepada para pedagang pasar.

“Memang waktu sosialisanya baru tadi pagi, mungkin para pedagang belum sepenuhnya mengetahuinya,” bebernya.

Namun, kata dia, pasar yang masih buka adalah pasar subuh. Sementara pasar yang yang ada di bawah pada pukul 13.00 WIB semuanya sudah tutup.

“Untuk hari ini, jam tutup di pasar atas (Subuh) sementara belum ditentukan. Namun kami berusaha agar para pedagang mengerti tentang keadaan saat ini yang darurat Covid 19, dan bisa memakluminya,” terangnya.

Tri menegaskan, memang hari ini jam tutup pasar belum sepenuhnya efektif karena mungkin kurang sosialisasi dengan para pedagang. Namun mulai hari besok, jam tutup pasar Ciamis akan efektif.

“Mungkin para pedagang sudah membeli bahan sayuran yang banyak. Kan kalau di pasar Subuh kebanyakan penjual sayuran, jadi kalau tidak habis hari ini ditakutkan besok akan membusuk,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...