Sabtu, Juni 15, 2024

HUT ke-382 Ciamis, Pj Bupati Kunjungi 5 Makam Leluhur Galuh

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Penjabat (Pj) Bupati Ciamis Jawa Barat, Engkus Sutisna dan jajarannya melakukan kunjungan ke makam leluhur Galuh, Senin (10/06/2024).

Kunjungan ke makam bupati terdahulu ini sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis.

Ziarah ini dengan tujuan menghormati dan memperingati jasa leluhur dalam membentuk sejarah dan identitas Tatar Galuh di Kabupaten Ciamis.

- Advertisement -

Selain itu, rangkaian aktivitas perjalanan ini juga merupakan cara untuk menghormati para leluhur yang telah memberikan kontribusi penting.

Kemudian juga menurut Engkus, kegiatan tersebut menjaga nilai-nilai moral yang telah mereka ajarkan.

Engkus berkeinginan agar warga di Kabupaten Ciamis dapat mengambil contoh dan mengadopsi perjuangan dan nilai-nilai positif dari leluhur Galuh melalui ziarah ke makam mereka.

Harapannya, hal ini dapat masyarakat terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap agar semua orang di Ciamis dapat mengambil teladan dari berbagai sisi, seperti kepahlawanannya, perjuangannya, religi, dan nilai-nilai positif lainnya,” kata Engkus.

Selain itu, harapan Engkus adalah agar prestasi yang telah para leluhur Galuh raih pada masa lalu, bisa menjadi dorongan untuk mengembalikan kejayaan tersebut di era modern sekarang.

Menurutnya, jika Galuh berhasil dalam masa kejayaannya yang lampau, maka Ciamis juga harus mencapai kejayaan dalam era modern.

Dalam kegiatan ziarah tersebut, juga hadir warga sekitar area makam leluhur Galuh, termasuk pemimpin agama dan tokoh masyarakat.

Perjalanan Ziarah Menuju Makam Leluhur Galuh

Perjalanan ziarah mulai dengan kunjungan ke pemakaman Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635-1678), Bupati pertama yang dimakamkan di Ciwahangan Girang, sebuah desa di Imbanagara Ciamis.

Pada ziarah kedua, mengunjungi makam Raden Tumenggung Wiradikusumah, yang menjabat sebagai Bupati ke-14. Makam ini terletak di Cigadung, Desa Imbanagara.

Berikutnya, perjalanan ziarah ketiga di Makam Rd. Adipati Adikusumah dari tahun 1819 hingga 1839 menjadi Bupati ke-15 di Desa Imbanagara, Ciamis. Ia dimakamkan di Gunung Galuh.

Rangkaian perjalanan keempat menuju lokasi makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839-1886) sebagai Bupati ke-16, di makam Jambansari yang terletak di Selagangga, Ciamis.

Berikutnya, perjalanan kelima menuju makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914) Bupati ke-17 dan berlokasi di makam Sukasirna Ciamis.

Setelah itu, berlanjut dengan perjalanan ke tempat pemakaman leluhur Astana Gede Kawali.

Tiap ziarah mulai dengan membacakan riwayat singkat, berdoa bersama, dan meletakkan bunga oleh Pj Bupati Ciamis, turut hadir pula seluruh anggota Forkopimda. (GaluhID/Tegar)

Editor : Evi

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Warga Kota Banjar Curhat ke Polisi, Keluhkan Geng Motor

Berita Banjar, galuh.id - Warga Desa Cibeureum, Kecamatan/Kota Banjar, Jawa Barat, ramai-ramai curhat dan mengeluh ke Polisi soal adanya...

Artikel Terkait