oleh

IMM Ciamis Adakan Gerakan Literasi Sejak Dini di MI Cikohkol

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ciamis sukses mengadakan gerakan Literasi Sejak Dini (LISDI), Kamis (23/1/2020).

Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Cikohkol, kegiatan tersebut sudah diadakan beberapa kali yang merupakan program berkelanjutan.

Loading...

Para guru dan siswa tampak antusias dalam menyambut gerakan literasi yang bertema ‘Menanamkan Sikap Senang Belajar, Melalui Minat Baca Sejak Dini’.

Program literasi ini sebenarnya merupakan hasil kerja sama antara PC IMM Ciamis dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis.

Mengenai tujuan gerakan ini adalah sebagai upaya PC IMM Ciamis Raya dalam menggembirakan dan menyebarkan kebaikan. Literasi dalam hal ini membaca adalah suatu sarana dalam membuka wawasan dunia.

Apalagi menurut para mahasiswa Muhammadiyah tersebut bangsa yang besar adalah bangsa yang gemar membaca.

Hal inilah yang dicoba dilakukan IMM untuk membudayakan dalam masyarakat membaca, khususnya anak-anak usia dini.

Menurut ketua pelaksana, Alfian Muhammad, gerakan Lisdi ini bisa dikategorikan sebagai dakwah secara kultural yang menggembirakan.

“Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari intelektualitas dan humanitas yang konkret dan bertujuan menyiarkan dakwah menggebirkan yang diupayakan Muhammadiyah,” ujar Alfian.

Ketua PC IMM Ciamis Raya, Rafi Akhsanul Khalikin menambahkan hal positif tentang pentingnya membaca.

“Dengan membaca kita akan memiliki banyak rasa cinta. Rasa yang kemudian dapat menjadi acuan untuk berjuang dan mengajak seluruh insan Ciamis membaca. Kita mencoba mengelaborasikan membaca untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, seperti jargon Muhammadiyah saat ini,” jelas Rafi.

Adapun pihak MI Muhammadiyah Cikohkol menyambut baik atas program LISDI ini, bahkan salah satu guru memberikan tanggapan positif.

“Alhamdulillah bahwa kegiatan membaca ini hadir di sekolah kami, kegiatan ini relevan untuk anak-anak. Selain membaca landasan agama pun penting guna mencerahkan dan pengawasan disaat kebablasan. Agama dan membaca adalah suatu yang penting untuk kita semua terutama anak-anak dalam fase perkembangannya,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, gerakan Literasi Sejak Dini bersifat terbuka dan akan dilaksanakan secara berkeliling ke sekolah lainnya se-Ciamis. (GaluhID/Waskito)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA