Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Ini Alasan Karang Taruna di Ciamis Hentikan Acara Ngabuburit

Berita Ciamis, galuh.id – Acara Ngabuburit di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis berakhir tidak sesuai jadwal sesuai rencana.

Seharusnya acara garapan Karang Taruna Bina Remaja Desa Handapherang tersebut berakhir kemarin, Rabu (11/5/2021), namun panitia menghentikan lebih awal.

Panitia menutup acara tersebut lebih awal yaitu pada Hari Minggu (9/5/2021) dengan pagelaran wayang golek.

Padahal acara tersebut bernilai dan berdampak positif khususnya pada warga Desa Handapherang dan juga pengunjung lainnya.

Selain untuk mengisi waktu menunggu waktu berbuka, acara tersebut juga sebagai wahana menjemput rizki para pedagang.

Selain itu gelaran yang baru pertama kali tersebut memberikan ruang untuk berkreasi, yaitu dengan adanya panggung beserta soundsystem.

Ketua Karang Taruna Bina Remaja Desa Handapherang, Endang Ali Syahbana menyampaikan alasan acara penutupan lebih cepat.

“Dengan terpaksa kami menutup acara lebih cepat tidak sesuai dengan jadwal, ini semata-mata untuk meminimalisir kerumunan,” jelas Endang alias Abeng.

Abeng juga menyampaikan, penutupan tersebut sebagai bukti pihaknya mendukung program pemerintah setelah adanya arahan dari pihak Polres.

Acara Ngabuburit Jadi Agenda Rutin

Acara Ngabuburit tersebut menurut Abeng sebagai awal atau pembuka untuk menjadi agenda rutin tahunan setiap Bulan Ramadan.

“Iya ini kali pertama kami menggelar acara seperti ini, Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti,” jelasa Abeng.

Abeng juga menambahkan setelah berhasil menggelar acara tersebut, aka nada Ngabuburit jilid 2 dan tempatnya tetap di Lapang Desa Handapherang.

“Insya Alloh ini akan menjadi agenda rutin, dan di tempat yang sama karena ini sebagai alun-alun desa kami,”tambah Abeng.

Yang menjadi perhatian menurut Abeng, mengenai Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 sehingga sedikit menjadi perhatian dari panitia.

Bahkan adanya dari pihak Polres Ciamis yang berpatroli berpengaruh pada pengunjung yang semula ramai dan juga gebyar menjadi menurun.

Karena pengunjung mengira acara tidak berlanjut serta terdapat kekhawatiran dari pengunjung adanya operasi gabungan dan juga penindakan oleh petugas.

Abeng juga pada acara tersebut mengadakan bazar, karena menurutnya uang warga Desa Handapherang berputar secara ekonomi di Desa Handapherang.

“Salah satu pada Acara Ngabuburit ini adalah bazar, dengan tujuan uang masyarakat Desa Handapherang berputar secara ekonomi di sini,” pungkasnya.(GaluhId/Aridiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan