Jumat, Maret 1, 2024

Ini Dia Alasan Herdiat-Yana Menangkan Pilkada Ciamis Menurut Peneliti LSI

Baca Juga
- Advertisement -

Ciamis- Hitung Cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengunggulkan Herdiat-Yana sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Ciamis 2018. Pilkada serentak yang dilaksanakan hari ini (27/6/2018) di Kabupaten Ciamis mempertemukan Herdiat-Yana dengan paslon petahana Iing-Oih.

Hasil Quick Count ini diterangkan oleh salah satu peneliti LSI Fadli Fahri Fauzan, di salah satu hotel di Ciamis. Dari hasil 96% suara yang masuk Herdiat-Yana unggul 61,97% jauh mengungguli lawannya Iing-Oih yang hanya mendapat 38,03% suara.

Menurut Fadli ada beberapa faktor yang membuat warga Ciamis mengalihkan suaranya pada Herdiat-Yana. Diantaranya, Herdiat Yana dianggap mampu menyelesaikan masalah-masalah di Kabupaten Ciamis dibandingkan lawannya, walaupun tingkat kepuasaan warga tidak sedikit pada petahana Iing-Oih, tapi Herdiat-Yana dengan pengalamannya dianggap mampu membuat Ciamis lebih maju lagi.

Selain itu faktor pendidikan juga membuat warga Ciamis memilih Herdiat-Yana, sebagaimana diketahui Herdiat Sunarya merupakan lulusan S3 dan bertitel doktor. Alasan lainnya, kepopuleran Herdiat juga terangkat ketika dirinya dikenal sebagai Manajer PSGC Ciamis.

“Berdasarkan survei kami sebelumnya, Masyarakat Ciamis menginginkan bupati baru. Dan hasil quick count saat ini, di mana Herdiat-Yana unggul 60,97% merupakan kemenangan mutlak, mengingat lawannya yaitu Iing-Oih merupakan Petahana yang sebelumnya juga adalah wakil bupati yang memimpin Ciamis bersama Bupati Engkon Komara. Jadi 10 tahun petahana sudah memimpin. Dengan keunggulan ini, maka Ciamis sudah dipastikan akan mendapatkan bupati baru.” Tutur Fadli.

(K. Putu Latief) Galuh ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Pilkada Ciamis 2024, Pengamat Politik: Parpol Harus PD Usung Kader Sendiri

Ciamis, galuh.id - Pengamat Sosial dan Politik, Endin Lidinillah meminta partai politik (Parpol) percaya diri (PD) usung kader sendiri...

Artikel Terkait