oleh

Ini Dokumen CPNS 2019, Siapkan dari Sekarang!

 
 

Info CPNS 2019, galuh.id – Pembukaan pendaftaran CPNS 2019 sebentar lagi akan dibuka. Banyak orang sudah tidak sabar menunggu pendaftaran CPNS 2019 dibuka, namun sebelumnya jangan lupa siapkan sejumlah dokumen CPNS 2019 yang diperlukan.

Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB), pemerintah telah resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka mulai hari Senin, 11 November 2019. Tahun 2019 ini, pemerintah telah memastikan akan membuka 152.286 formasi baru.

Detailnya, sebanyak 37.425 formasi akan dibutuhkan pada 68 kementerian instansi pusat dan sebanyak 114.861 akan mengisi formasi pada 462 lembaga serta instansi emerintah daerah.

Hal tersebut tertuang dalam pengumuman KemenPAN RB terkait Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang telah ditandatangani dan disetujui oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo.

Ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan para peserta CPNS 2019, salah satu adalah tentang persiapan dokumen. Setidaknya, terdapat lima dokumen penting yang harus disiapkan peserta CPNS 2019. Apa saja dokumen tersebut?

Kelima dokumen penting diatas adalah: scan KTP asli; foto; swafoto; ijazah dan transkrip nilai asli; dan beberapa dokumen tambahan lainnya yang ditentukan oleh instansi yang akan Anda masuki.

Kelima dokumen yang wajib ada ini, wajib diupload para peserta CPNS 2019 ke portal SSCASN.

Sementara itu, menurut siaran pers Badan Kepegawaian Negara (BKN), akan ada dua jenis formasi yang dibuka nantinya pada CPNS 2019 ini. Dua formasi tersebut adalah formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus mencakup para cumlaude, diaspora, dan penyandang disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua. Sedangkan formasi umum lainnya akan bersifat strategis pada instansi pusat.

Formasi jabatan PNS yang dibuka pendaftarannya adalah tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

Tiga besar formasi yang paling dibutuhkan pada penerimaan CPNS kali ini adalah posisi guru sebanyak 63.324 formasi, tenaga kesehatan sebesar 31.756 formasi, dan teknis fungsional berjumlah 23.660 formasi.

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui para peserta CPNS 2019 sebelum mendaftar.  Pertama, pendaftaran penerimaan CPNS 2019 dilakukan pada website SSCASN BKN yang beralamat di situs SSCASN.

Kedua, satu orang pelamar hanya diperbolehkan mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan saja di kementerian/lembaga/daerah.

Selain itu, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada penerimaan CPNS 2019 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Jadi diharapkan para peserta sudah mempelajari dahulu seperti apa.

Menurut agenda pemerintah, tes SKD telah dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Februari 2020 dan kemudian dilanjutkan dengan tes Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada bulan berikutnya, yaitu Maret 2020.

Untuk pengumuman yang berhubungan dengan syarat pendaftaran dan lainnya akan diumumkan oleh anggota Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri dan instansi masing-masing baik kementerian/lembaga/daerah.

Lalu, selama masa pengumuman tersebut,  instansi yang membuka lowongan CPNS 2019 akan mempublikasikan pengumuman resminya di website masing-masing dan media sosial dari masing-masing instansi.

Selain itu, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan jika pada tahun ini pemerintah tidak membuka formasi baru untuk tenaga administrasi baik di kementerian/lembaga/daerah.

Mengapa begitu? Hal itu disebabkan menurut beliau jumlah tenaga administrasi dalam pemerintah sudah mendekati separuh dari total PNS di seluruh Indonesia.

Bima mengatakan, saat ini pemerintah sedang lebih fokus untuk membuka formasi pada jabatan yang dinilai dapat berkontribusi untuk memberikan perubahan.

Dia berharap saat pendaftaran CPNS 2019 secara online telah dibuka, masyarakat bisa terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang pastinya akan dicantumkan di portal SSCASN.

Jika menemukan kesulitan, peserta dapat mempelajari dahulu informasi yang ada di bagian Frequently Asked Question (FAQ). Bagian ini akan menyediakan jawaban atas kesulitan yang umumnya menjadi masalah bagi peserta.

Layanan bantuan helpdesk yang secara offline juga akan dibuka di Kantor Regional BKN yang dapat memberikan solusi, apabila masalah peserta masih belum terselesaikan melalui jawaban dari FAQ dan helpdesk online.

Nah, sudah kita jelaskan di awal mengenai dokumen CPNS 2019 yang harus disiapkan bagi pendaftar. Bagi kalian peserta CPNS 2019, sudahkah menyiapkan dokumen-dokumennya? Segera persiapkan ya! (GaluhID)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA