Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Kabar Gembira Insentif Kartu Prakerja Kedua Segera Cair

Berita Nasional, galuh.id – Insentif kartu prakerja kedua segera cair, informasi tersebut merupakan kabar gembira bagi peserta kartu prakerja.

Dikutip dari laman Kompas, kabar gembira tersebut dibenarkan oleh Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, Jum’at (26/6/2020).

Penantian pencairan terjawab sudah, peserta akhirnya mendapatkan jawaban tentang pencairan insentif sebesar Rp. 600 ribu.

Pekan ini peserta kartu prakerja akan menerima pencairan untuk gelombang ke satu, dan juga akan dicairkan insentif kartu prakerja kedua.

Setelah pencairan selesai untuk gelombang ke satu dan gelombang ke dua, kemudian pencairan selanjutnya untuk gelombang ke tiga.

Bahkan menurut Panji, insentif kartu prakerja tersebut sudah mulai dapat diambil atau dicairkan sejak Jum’at (26/6/2020) lalu.

Sementara itu Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyampaikan alasan tentang pencairan.

Menurut Denni, pemerintah mempercepat proses evaluasi serta penyempurnaan program kartu prakerja atas dorongan dari kritikan serta masukan.

Banyaknya kritikan serta masukan membuat pemerintah mempercepat proses evaluasi, sehingga pencairan akan cepat disalurkan pada peserta kartu prakerja.

Setelah pencairan insentif kartu prakerja kedua selesai, kemudian pencairan gelombang ketiga juga selesai, pendaftaran untuk gelombang keempat segera dibuka.

Untuk peserta gelombang tahap pertama sebanyak 120 ribu peserta bisa segera mencairkan pada pekan ini, selain peserta gelombang tahap 2.

Sebanyak 200 ribu orang peserta gelombang tahap ke 2 yang belum dapat mencairkan insentif, bisa mencairkan pada pekan ini.

Insentif Kartu Prakerja Kedua Harus Cair Seluruhnya Pekan Ini

Pekan ini pencairan insentif kartu prakerja gelombang pertama, kedua dan ketiga harus tersalurkan seluruhnya agar gelombang keempat bisa segera dilaksanakan.

Kemudian menurut Denni, untuk pencairan insentif gelombang pertama, kedua dan ketiga tidak perlu verifikasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Tidak perlunya verifikasi dari BPKP RI untuk pencairan insentif kartu prakerja, mengakibatkan proses pencairan insentif lebih cepat.

Pekan ini pihak dari kartu prakerja akan focus mencairkan insentif bagi peserta kartu prakerja untuk tahap 1 dan tahap 2.

Jika insentif kartu prakerja kedua selesai tercairkan seluruhnya pada pekan ini maka akan dilanjut untuk tahap ke tiga.

Sehingga peserta kartu prakerja yang akan mencairkan insentif harus memperhatikan hal-hal terkait dengan pencairan tersebut.

Peserta yang telah menanti pencairan tersebut harus memperhatikan syarat-syarat pencairan, agar insentif Rp. 600 ribu per tahap dapat diterima.

Manajemen kartu prakerja akan mengunggah tips terkait mekanisme serta persyaratan pada akun Instagram resmi yaitu parakerja.go.id.

Peserta diharuskan terus memperhatikan dengan seksama apa yang dicantumkan pada akun tersebut, jangan sampai terkendala karena tidak mengikuti petunjuk.

Peserta Perhatikan Syarat Pencairan Insentif

Karena pada akun resmi kartu prakerja tersebut dicantumkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peserta yang akan menerima insentif.

Terlebih dahulu peserta sudah memberikan ulasan dan rating pelatihan, kemudian pastikan rekening bank dan akun e-wallet yang tersambung.

Rekening dan akun tersebut harus dapat tersambung dengan akun prakerja yang masih aktif, agar pencairan dapat diterima.
Kemudian perhatikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) harus sama dengan bank dan akun e-wallet yang tersambung saat mendaftar akun prakerja.

Selanjutnya peserta harus memastikan akun e-wallet sudah diperbaharui (upgrade), lalu nomor handphone pada akun e-wallet tersambung dengan akun kartu prakerja.

Untuk memandu peserta, pihak manajemen kartu prakerja telah mengunduh tata cara upgrade akun e-wallet, agar peserta tidak bingung.

Ini adalah petunjuk atau langkah-langkah sesuai dengan provider e-walet yang dipilih oleh peserta kartu prakerja.

Untuk upgrade akun link, peserta klik ‘akun’, klik ‘tipe akun’ dan klik ‘upgrade full service’, kemudian peserta lengkapi data diri.


Kemudian jika sudah selesai mengisi seluruh data diri, ambil foto wajah peserta sesuai dengan intruksi, dan foto sesuai dengan KTP.

Sedangkan untuk upgrade akun Ovo, klik banner ‘upgrade’ pada halaman utama aplikasi Ovo atau masuk ke menu ‘profile’.

Setelah masuk pada menu ‘profile’ kemudian peserta klik menu ‘upgrade’, isi semua data dengan lengkap dan benar sesuai KTP.

Lalu unggah foto KTP dan swafoto peserta, dan perhatikan agar saat ambil foto tidak buram sehingga terlihat dengan jelas.

Kemudian untuk upgrade akun GoPay, peserta klik ‘lainnya’ pada menu GoPay, klik ‘upgrade ke GoPay Plus’, dan klik ‘upgrade sekarang’.

Selanjutnya ungga foto KTP dan swafoto peserta, pastikan wajah peserta saat ambil foto terlihat jelas atau tidak buram.

Terkakhir untuk proses upgrade akun GoPay, pilih atau klik ‘kirim dokumen’, pastikan semua langkah tidak salah klik atau pilih.

Ikuti petunjuk tersebut oleh peserta, agar gelombang 4 segera dibuka , karena terlebih dahulu insentif kartu prakerja kedua harus cair. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,406FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Kontra PSPS Riau Ditunda, PSGC Ciamis Alihkan Fokus Hadapi Persibat Batang

Berita PSGC, galuh.id - Setelah laga PSPS Riau kontra PSGC Ciamis di matchday ke-19 Liga 2 2019 resmi ditunda, kini PSGC Ciamis...

Kolam Renang Tirta Winaya Milik Pemda Ciamis Tak Terurus

Ciamis, galuh.id - Kolam Renang Tirta Winaya milik Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis tidak terurus. Hal ini terlihat...

Bobotoh Persib Ciamis Utara Bagi-bagi Takjil di Taman Surawisesa Kawali

Kawali, galuh.id - Bobotoh Persib yang menamakan diri Squad Ciamis Utara menggelar bagi-bagi takjil kepada masyarakat dan pengendara yang melintas di Taman...

Hasil Liga 3 Seri 2 Zona Jabar: Galuh FC Lolos ke 12 Besar

Info Liga 3, galuh.id - Tim kesebelasan Galuh FC Ciamis berhasil menduduki juara grup E Liga 3 Seri 2 Zona Jawa Barat,...

Kota Galuh Ingin Ciamis Jadi Pusat Akademi Voli se-Indonesia

Ciamis, galuh.id - Setelah sukses mengelar Liga Voli tahun 2018 yang berlanjut di tahun 2019, Kota Galuh perusahaan develover perumahan di...