Minggu, 19 September 2021
Minggu, 19 September 2021
spot_img

Intip Kelebihan Honda CBR150R Terbaru, Kompetitor Lewat!

Kelebihan Honda CBR150R apa saja? Motor terbaru keluaran dari PT Astra Honda Motor (AHM) ini memiliki perubahan untuk versi terbarunya yang semakin baik.

Adapun pembaruan oleh pengembang tak hanya pada desainnya saja, melainkan pada performa mesin maupun pada fitur unggulannya.

Honda CBR150R dari sisi desain ternyata hampir mirip dengan Honda CBR250RR serta penggunaan suspensi terbalik pada bagian depan yang membuatnya terlihat semakin gagah.

Sebagai penunjang kenyamanan maupun keselamatan pengendara, Honda CBR150R menambahkan fitur slipper clutch.

Baca Juga: Honda All New CBR150R 2021, Ini Spesifikasi dan Harganya!

Tak hanya itu saja, masih terdapat banyak kelebihan CBR150R daripada dengan kompetitor di kelas motor sport 150 cc seperti Yamaha R15 maupun Suzuki GSX-R150.

Kelebihan Honda CBR150R

Berikut beberapa kelebihan dari motor keluaran Honda ini:

Memiliki Suspensi Terbalik atau Upside Down

Honda CBR150R memiliki suspensi terbalik dengan ukuran diameter sebesar 37 mm. Suspensi tersebut membuat motor tampak lebih gagah dan berkesan lebih sporty daripada versi lama.

Bukan hanya soal estetika, ternyata suspensi terbalik membuat motor lebih stabil ketika bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Suspensi terbalik pun lebih unggul karena brand competitor sekelasnya seperti Suzuki GSX-R150, masih menggunakan suspensi telescopic.

Fitur ABS yang menunjang Keselamatan

Fitur ini tentu merupakan fitur yang sangat mumpuni untuk mendukung keselamatan pengendara. Kelebihan Honda CBR150R adalah memiliki Anti-lock Braking System (ABS) dual chanel.

ABS berguna untuk mencegah ban motor terkunci ketika dalam situasi tertentu yang membuat pengendara harus melakukan pengereman mendadak.

Hal ini tentu membuat pengendara terhindar dari resiko kecelakaan dari arah depan. Fitur ABS pada Honda CBR150R tentu unggul karena rivalnya Suzuki GSX-R150 belum memiliki fitur tersebut.

Terpasang Fitur ESS

Kelebihan Honda CBR 150RR lainnya adalah terpasangnya fitur ESS. ESS atau Emmergency  Stop Signal merupakan fitur unggulan CBR1250R yang hanya ada pada Honda. Kompetitor seperti Suzuki GSX-R150 maupun Yamaha R15 tidak memilikinya.

Fitur ESS ini berfungsi untuk memberikan sinyal berupa lampu hazard secara otomatis ketika ABS bekerja. Dengan ESS ini tentu memberikan sinyal pada pengendara di belakangnya sebagai peringatan untuk menghidari tabrakan.

Baca Juga: Fitur Terbaru Honda PCX 160, Intip Berbagai Keunggulannya

ESS ini akan mampu mengedipkan lampu hazard sebanak 4 kali dalam 1 detik. Namun demikian, tidak setiap melakukan pengereman mendadak dapat mengaktifkan otomatis ESS. Terdapat kondisi tertentu yang harus terpenuhi, yaitu kecepatan motor yang lebih dari 50 Kpj.

Fitur Assist dan Slipper Clutch

Kelebihan Honda CBR150R lainnya adalah adanya fitur assit dan slipper clutch. Fitur ini tentu berguna untuk membuat kopling menjadi lebih ringan.

Klaim keringanan tersebut mencapai 15 persen daripada kopling konvensional. Sederhananya, fitur ini membuat pengendara menjadi lebih rileks ketika berkendara terutama pada kondisi jalanan macet.

Sedangkan fitur slipper clutch sangat menunjang keselamatan pengendara. Teknologi dalam fitur ini mampu untuk mencegah ban motor selip pada saat pengendara menurunkan gigi transmisi secara drastis atau terburu- buru.

Fitur ini selain sudah ada pada Honda CBR150R, ternyata sudah ada pula pada Yamaha R15. Adapun Suzuki GSX-R150 belum memiliki fitur tersebut.

Posisi Jok Rendah

Kelebihan Honda CBR 150RR juga ada pada tampilannya. Tampilan dari Honda CBR150R memang sangat segar, bahkan menyerupai kakaknya yaitu Honda CBR250RR. Selain itu juga ada perubahan pada beberapa komponen termasuk pada jok yang lebih rendah.

Dalam spsesifikasi motor, CBR150R terbaru memiliki tinggi jok 782 mm, yang tentu lebih rendah 5 mm daripada versi sebelumnya.

Hal ini tentu menjadi kelebihan Honda CBR150R yang memiliki jok paling rendah.Adapun tinggi jok motor kompetitor seperti Yamaha R15 mencapai 815 mm.

Dengan posisi jok yang lebih rendah tentu saja membuat kaki lebih mudah menapak ke jalan. Hal ini tentu sangat berguna ketika jalanan sedang macet-macetnya.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan Honda CBR150R terbaru dengan fitur-fitur unggul dari AHM. (GaluhID/Dianti Rahayu)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan