Senin, 14 Juni 2021
Senin, 14 Juni 2021
BJB

IRMA Masjid Agung Ciamis Adakan Pesantren Kilat Online

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H, Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Masjid Agung Ciamis menggelar Pesantren Kilat Online.

Pesantren Kilat online tersebut bekerjasama dengan DTA Qurrotul Ain.

Pesantren kilat dalam jaringan (Daring/Online) ini digelar sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Ciamis No 005/320-Kesra.

SE tersebut terkait pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan di tengah pandemi Corona di Kabupaten Ciamis.

Ketua Irma DKM Masjid Agung Ciamis, Asep Nurul Huda mengatakan, sesuai ajuran Pemerintah baik pusat, provinsi maupun daerah melarang untuk tidak berkerumun di suatu tempat. IRMA Masjid Agung Ciamis menggelar kegiatan Pesantren Kilat Online.

“Pesantren kilat online ini juga sudah tertuang dalam surat edaran Bupati Ciamis. Hal itu tentang ibadah bulan suci Ramadhan di pandemi Covid-19. Tentunya agar pelaksanaan pesantren kilat dilaksanakan melalui media daring atau online,” kata Asep, Senin (27/4/2020).

Asep menjelaskan, Pesantren kilat online ini diisi oleh berbagai tingkatan seperti, tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. Untuk kelasnya juga nanti akan terpisah, seperti kelas laki-laki dan perempuan akan dipisahkan.

“Pesantren kilat online ini sangatlah sederhana, dan bisa diikuti berbagai kalangan yang hanya bermodalkan HP saja pesantren kilat online ini sudah bisa di ikuti,” jelasnya.

Sedangkan untuk materi pembelajaran, lanjut dia, ada kelas tahfidz, al-quran, tauhid, akhlak, fiqih, dan sirah.

Sementara untuk teknik pembelajaran akan menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet dan WhatsApp.

“Untuk WhatsApp kita gunakan untuk mengumpulkan peserta dan wali kelasnya. Lalu untuk pertemuan daringnya kita nanti gunakan Google Meet maupun aplikasi Zoom sesuai jaringan yang ada nanti,” tegasnya.

Asep menuturkan, setiap materi, nantinya akan direkam dahulu, untuk durasinya sesuai kelasnya. Nanti setelah direkam, langsung diedit dan masukkan langsung ke grup WhatsApp.

“Jadi mereka (peserta) melihat dari video itu. Sehingga nantinya tidak terlalu banyak online. Saat ini semuanya serba online namun kan kita kendalanya pada jaringan, jadi kalau offline peserta bisa melihat video pembelajaran berkali-kali,” terangnya.

Pelaksanaannya sendiri akan dimulai pada tanggal 1 sampai 20 Mei 2020, namun untuk pendaftaran tanggal 26 sampai 30 April 2020. Untuk biayanya pun sungguh murah, hanya Rp 50 ribu.

“Untuk calon peserta yang akan mendaftar nanti akan ada call centernya, dan untuk peserta yang sudah mengikuti pesantren kilat online ini akan di beri E-Sertifikat,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan