oleh

Jalan Penghubung Ciamis ke Pangandaran Amblas

Hubungi
 
 

Jalan Penghubung Ciamis ke Pangandaran Amblas

Berita Ciamis, galuh.id – Hujan lebat yang mengguyur wilayah tatar galuh Ciamis mengakibatkan putusnya jalan penghubung antara Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

Jalan tersebut berlokasi di wilayah Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Jumat (28/2/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Loading...

Badan Jalan Angsana Gunungkelir amblas  sepanjang satu meter hingga 20 meter, dengan kedalaman 80 sentimeter.

Tingginya curah hujan menjadi pemicu amblasnya badan jalan. Akses tersebut yang menjadi penghubung antara Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran dengan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Siaga Bencana wilayah Selatan, Baehaki, Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi, saat dikonfirmasi menerangkan jalan amblas sepanjang 20 meter, dengan kedalaman 80 sentimeter.

“Awalnya diketahui amblas jalan hanya sedalam 80 sentimeter. Namun saat ini terus bertambah, diperkirakan pergerakan tanah masih akan terus terjadi,” katanya.

Selain itu, katanya, dua rumah warga di blok Pasirnagara Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican juga dilaporkan terancam roboh akibat jalan amblas.

Baehaki mengatakan, bagi warga Pamarican yang akan ke Langkaplancar Pangandaran, harus memutar jalan melalui Kecamatan Cidolog-Cimaragas.

“Atau bisa juga mewati ke jalan Karangkamiri, tapi jaraknya cukup jauh hampir 20 kilometer,” katanya.

Amblasnya Jalan penghubung Ciamis ke Pangandaran Akbit Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Kepala Desa Sidamulih Hadli menyebut, amblasnya ruas jalan kabupaten penghubung antar Pamarican Ciamis dan Langkaplancar Pangandaran ini disebabkan hujan deras yang terus mengguyur.

Dikatakannya, pergeseran tanah akibat hujan deras yang terus mengguyur. Hal itu yang membuat akses jalan penghubung antar Pamarican dan Langkaplancar, putus total akibat amblas.

Saat ini kondisi jalan yang amblas mengalami rusak parah sehingga menghambat pada transportasi warga.

“Kondisi jalan rusak parah akibat amblas, akses jalan pun jadi terputus karena jalan tidak bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Akses jalan yang terputus juga telah membuat warga satu RW di blok Pasirnagara Dusun Malabar Desa Sidamulih terancam terisolir.

Pasalnya, lokasi blok Pasirnagara Dusun Malabar berada cukup jauh dari pusat Pemerintahan Desa, sekolah dan pasar.

“Untuk bisa ke balai desa, warga kami terpaksa harus memutar jalan lebih jauh,” terangnya.

Selain jalan amblas, tutur Hadli, pergerakan tanah akibat didera hujan deras juga telah menyebabkan dua rumah di wilayahnya mengalami rusak berat.

“Salah satu penghuni rumah yang terdampak rusak berat terpaksa harus mengungsi ke kerabatnya karena khawatir rumah roboh,” tukasnya. (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA