Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Jalan Penghubung Ciamis ke Pangandaran Amblas

Jalan Penghubung Ciamis ke Pangandaran Amblas

Berita Ciamis, galuh.id – Hujan lebat yang mengguyur wilayah tatar galuh Ciamis mengakibatkan putusnya jalan penghubung antara Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis.

Jalan tersebut berlokasi di wilayah Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Jumat (28/2/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Badan Jalan Angsana Gunungkelir amblas  sepanjang satu meter hingga 20 meter, dengan kedalaman 80 sentimeter.

Tingginya curah hujan menjadi pemicu amblasnya badan jalan. Akses tersebut yang menjadi penghubung antara Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran dengan Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Siaga Bencana wilayah Selatan, Baehaki, Kabupaten Ciamis Baehaki Efendi, saat dikonfirmasi menerangkan jalan amblas sepanjang 20 meter, dengan kedalaman 80 sentimeter.

“Awalnya diketahui amblas jalan hanya sedalam 80 sentimeter. Namun saat ini terus bertambah, diperkirakan pergerakan tanah masih akan terus terjadi,” katanya.

Selain itu, katanya, dua rumah warga di blok Pasirnagara Dusun Malabar, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican juga dilaporkan terancam roboh akibat jalan amblas.

Baehaki mengatakan, bagi warga Pamarican yang akan ke Langkaplancar Pangandaran, harus memutar jalan melalui Kecamatan Cidolog-Cimaragas.

“Atau bisa juga mewati ke jalan Karangkamiri, tapi jaraknya cukup jauh hampir 20 kilometer,” katanya.

Amblasnya Jalan penghubung Ciamis ke Pangandaran Akbit Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Kepala Desa Sidamulih Hadli menyebut, amblasnya ruas jalan kabupaten penghubung antar Pamarican Ciamis dan Langkaplancar Pangandaran ini disebabkan hujan deras yang terus mengguyur.

Dikatakannya, pergeseran tanah akibat hujan deras yang terus mengguyur. Hal itu yang membuat akses jalan penghubung antar Pamarican dan Langkaplancar, putus total akibat amblas.

Saat ini kondisi jalan yang amblas mengalami rusak parah sehingga menghambat pada transportasi warga.

“Kondisi jalan rusak parah akibat amblas, akses jalan pun jadi terputus karena jalan tidak bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Akses jalan yang terputus juga telah membuat warga satu RW di blok Pasirnagara Dusun Malabar Desa Sidamulih terancam terisolir.

Pasalnya, lokasi blok Pasirnagara Dusun Malabar berada cukup jauh dari pusat Pemerintahan Desa, sekolah dan pasar.

“Untuk bisa ke balai desa, warga kami terpaksa harus memutar jalan lebih jauh,” terangnya.

Selain jalan amblas, tutur Hadli, pergerakan tanah akibat didera hujan deras juga telah menyebabkan dua rumah di wilayahnya mengalami rusak berat.

“Salah satu penghuni rumah yang terdampak rusak berat terpaksa harus mengungsi ke kerabatnya karena khawatir rumah roboh,” tukasnya. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.