Rabu, 28 Juli 2021
Rabu, 28 Juli 2021
BJB

Jelang HUT RI, Puluhan Anak di Ciamis Ikuti Gerakan Cuci Bendera

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) RI ke 75, puluhan anak di Ciamis mengikuti tradisi gerakan cuci bendera bersama di lingkungan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kamis (14/8/2020).

Meski di masa pandemi Covid-19, perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 75 di Kabupaten Ciamis masih meriah.

Seperti yang dilakukan masyarakat di Lingkungan Janggala. Puluhan anak, remaja dan ibu-ibu berkumpul di jalan kop bernama Gang Warga untuk mengikuti gerakan cuci bendera.

Sebelum mencuci bendera merah putih yang berjumlah 17 buah, puluhan anak-anak terlebih dulu mengarak bendera sembari menyanyikan lagu nasional Hari Merdeka (17 Agustus).

Selain menyanyikan lagu nasional 17 Agustus, anak-anak di lingkungan Janggala yang mengarak bendera ini pun sambil membawa foto Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

Setelah itu, mereka langsung mencuci bendera tersebut di gang dengan menggunakan ember dan sabun detergen. Setelah bersih dan kering, bendera akan dipasang di setiap rumah.

Bendera merah putih yang dicuci oleh anak-anak di Ciamis ini mulai dari ukuran normal sampai ukuran panjang sekitar 5 meter.

Cuci Bendera Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Anak

Tedi Setiadi, pemuda warga setempat menuturkan bahwa kegiatan cuci bendera rutin dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Makna dari mencuci bendera bersama ini, kata Tedi, sebagai bentuk gotong-royong warga yang masih terus dilestarikan.

“Terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita senantiasa harus menjaga kebersihan. Anak-anak diajak ikut bersih-bersih dibiasakan sejak dini,” ujarnya.

Tedi menjelaskan, anak-anak diajak dalam kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini. Rasa kebangsaan cinta tanah air dapat tertanam hingga dewasa dan berbakti untuk negeri.

Dengan menyanyikan lagu kebangsaan, mencuci bendera, memasang tokoh nasional dan presiden RI, merupakan bentuk sosialisasi untuk anak-anak agar rasa nasionalisme tumbuh.

Seorang anak, Mahira (6) mengaku senang mengikuti kegiatan cuci bendera. Ia baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Meski mengaku tangannya sedikit pegal tapi senang melakukannya.

“Senang sekali. Cuci bendera sambil main air juga. Ini bendera merah putih. Bendera negara Indonesia. Sudah tau karena di sekolah juga belajar,” kata Mahira. (GaluhID/Evi)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan