Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Ciamis Lakukan Razia Angkutan Umum

Ciamis, galuh.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru Polres Ciamis bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan TNI melakukan razia.

Razia tersebut untuk memeriksa kendaraan angkutan umum yang digelar di Gapura Selamat Datang batas kota Cijeungjing, Jalan Ciamis-Banjar, Senin (9/12/2019).

Alhasil polisi berhasil mengamankan 2 kendaraan angkutan umum yang tak laik jalan. Pasalnya kendaraan tersebut, surat-surat kelengkapan kendaraan tidak lengkap.

Sehingga para penumpang terpaksa diturunkan dan beralih ke angkutan umum lainnya yang sudah diperiksa dan laik jalan untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Setiap kendaraan yang melintas pihak kepolisian memerikasa surat-surat kelengkapan kendaraan. Lalu dari pihak Dinas Perhubungan memeriksa surat trayek serta melakukan cek fisik kendaraan.
Seperti, sistem pengereman, lampu, kemudi, hingga kondisi ban.

Selain itu, ada beberapa supir bus yang tidak melengkapi surat kendaraan SIM dan STNK sehingga pihak kepolisian menindak tegas dengan menilangnya.

Untuk kendaraan yang tak laik sementara ditahan terlebih dahulu dan disarankan untuk dilengkapi kelengkapan yang tidak ada.

“Razia ini kami salah satu persiapan menjelang hari raya Natal dan Tahun baru. Supaya nantinya ketika hari H angkutan umum laik jalan dan kondisinya sudah aman digunakan, pasalnya saat hari raya tersebut penumpang akan mengalami peningkatan,”ujar Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari saat ditemui di lokasi.

Sumari mengakatan pihaknya mengaku banyak menemukan angkutan umum yang kondisinya kurang laik jalan. Seperti: ban sudah gundul atau mengunakan ban vilkanisir serta surat-surat kendaraan yang tidak lengkap.

“Kondisi ini sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang apabila angkutan umumnya seperti ini dan kelengkapan kendaraan pun tidak dipatuhi,”tuturnya.

Pemeriksaan tersebut, kata Sumari ini juga dalam rangka persiapan menghadapi operasi Lilin Lodaya 2019. Targetnya, untuk menurunkan angka kecelakaan serta menjaga keselamatan para penumpang serta pengemudinya.

“Kita cek semuanya untuk menjaga keselamatan para penumpang dan kelaikan kendaraannya,”ucapnya.

Sumari menyapaikan pemeriksaan ini akan dilakukan secara rutin guna untuk meminimalisir kendaraan yang tak laik jalan dan memeriksa surat kelengkapan kendaraan. Tentunya dilokasi yang berbeda beda.

“Apalagi  jalan raya Ciamis merupakan jalur utama untuk ke obyek wisata Pangandaran dan menuju ke wilayah jawa tengah,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Related Articles

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...

Norwich vs West Ham: Empat Gol Antonio Kirim The Canaries Degradasi

Berita Olahraga, galuh.id - Laga pembuka pekan ke-35 Liga Inggris akhir pekan ini, dibuka laga Norwich vs West Ham berjalan menarik dan...