oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Ciamis Lakukan Razia Angkutan Umum

 
 

Ciamis, galuh.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru Polres Ciamis bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan TNI melakukan razia.

Razia tersebut untuk memeriksa kendaraan angkutan umum yang digelar di Gapura Selamat Datang batas kota Cijeungjing, Jalan Ciamis-Banjar, Senin (9/12/2019).

Alhasil polisi berhasil mengamankan 2 kendaraan angkutan umum yang tak laik jalan. Pasalnya kendaraan tersebut, surat-surat kelengkapan kendaraan tidak lengkap.

Sehingga para penumpang terpaksa diturunkan dan beralih ke angkutan umum lainnya yang sudah diperiksa dan laik jalan untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Setiap kendaraan yang melintas pihak kepolisian memerikasa surat-surat kelengkapan kendaraan. Lalu dari pihak Dinas Perhubungan memeriksa surat trayek serta melakukan cek fisik kendaraan.
Seperti, sistem pengereman, lampu, kemudi, hingga kondisi ban.

Selain itu, ada beberapa supir bus yang tidak melengkapi surat kendaraan SIM dan STNK sehingga pihak kepolisian menindak tegas dengan menilangnya.

Untuk kendaraan yang tak laik sementara ditahan terlebih dahulu dan disarankan untuk dilengkapi kelengkapan yang tidak ada.

“Razia ini kami salah satu persiapan menjelang hari raya Natal dan Tahun baru. Supaya nantinya ketika hari H angkutan umum laik jalan dan kondisinya sudah aman digunakan, pasalnya saat hari raya tersebut penumpang akan mengalami peningkatan,”ujar Kabag Ops Polres Ciamis Kompol Sumari saat ditemui di lokasi.

Sumari mengakatan pihaknya mengaku banyak menemukan angkutan umum yang kondisinya kurang laik jalan. Seperti: ban sudah gundul atau mengunakan ban vilkanisir serta surat-surat kendaraan yang tidak lengkap.

“Kondisi ini sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang apabila angkutan umumnya seperti ini dan kelengkapan kendaraan pun tidak dipatuhi,”tuturnya.

Pemeriksaan tersebut, kata Sumari ini juga dalam rangka persiapan menghadapi operasi Lilin Lodaya 2019. Targetnya, untuk menurunkan angka kecelakaan serta menjaga keselamatan para penumpang serta pengemudinya.

“Kita cek semuanya untuk menjaga keselamatan para penumpang dan kelaikan kendaraannya,”ucapnya.

Sumari menyapaikan pemeriksaan ini akan dilakukan secara rutin guna untuk meminimalisir kendaraan yang tak laik jalan dan memeriksa surat kelengkapan kendaraan. Tentunya dilokasi yang berbeda beda.

“Apalagi  jalan raya Ciamis merupakan jalur utama untuk ke obyek wisata Pangandaran dan menuju ke wilayah jawa tengah,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA