Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Jelang Pendaftaran 11 November, Sudah Tahu Jadwal Seleksi CPNS 2019?

CPNS 2019, galuh.id– Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, telah resmi mengumumkan jadwal seleksi CPNS 2019 yang akan dibuka pada bulan November.

Bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2019, sudah bisa menyiapkan diri secara rohani dan jasmani sejak sekarang, beserta dokumen-dokumen penting yang akan dibutuhkan.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, proses pendaftaran CPNS 2019 akan dilakukan secara online melalui situs web resmi SSCASN BKN.

Pendaftaran administrasi, untuk seleksi CPNS 2019, akan dilakukan pada tanggal 11 sampai 24 November 2019.

Setelah melakukan pendaftaran administrasi, pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 16 Desember 2019. Peserta yang lolos berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sedangkan bagi yang tidak terpilih lulus seleksi administrasi, mereka diberi kesempatan untuk mengajukan sanggahan atau komplain selama masa sanggah tiga hari, tertanggal 16-19 Desember 2019.

Pada tanggal 26 Desember 2019, BKN akan mengumumkan peserta yang komplainnya diterima.

Setelah lolos seleksi administrasi, tahap berikutnya adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang rencananya akan mulai berjalan pada awal Februari 2020.

Menurut Bima, tidak menutup kemungkinan jika ternyata ada kementerian/lembaga negara yang sudah siap untuk melanjutkan tes, jadwalnya bisa dimulai lebih awal. Mungkin jadi pertengahan Januari sudah bisa dilanjutkan untuk tes berikutnya.

Selanjutnya digelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang telah dijadwalkan akan dilakukan pada bulan April 2020.

Bima pun berharap agar bulan April nanti semua proses penerimaan CPNS 2019 dapat selesai, karena mereka harus mengantisipasi kalau-kalau nanti dibuka pendaftaran CPNS 2020.

Menurut informasi yang telah beredar, akan dibuka sebanyak 197.111 formasi dengan rincian pemerintah pusat 37.854 formasi di 74 kementerian dan pemerintah daerah 159.257 formasi di 467 Pemda.

Dari informasi yang dikabarkan, akan ada dua jenis formasi CPNS yang akan dibuka, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus yaitu para peserta yang meliputi cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua.

Sebelum mendaftar, akan lebih baik jika Anda juga sudah belajar dan mengetahui tes yang akan dilakukan. Untuk belajar dan latihan soalnya, Anda bisa membukanya di halaman situs BKN.

Dalam pasal 23 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 11 tahun 2017 terkait Manajemen Pegawai Negeri Sipil, telah tercantumkan apa saja syarat peserta CPNS 2019.

Berikut di bawah ini adalah syarat-syaratnya:

1. Paling muda berumur 18 tahun sedangkan paling tua berusia 35 tahun pada saat melamar.

2. Tidak pernah dihukum pidana dengan hukuman pidana penjara berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap disebabkan melakukan tindak pidana dengan hukuman pidana penjara dua tahun atau lebih.

3. Tidak pernah dipecat dengan hormat atas permintaan sendiri atau dengan tidak hormat sebagai PNS, salah satu prajurit Tentara Nasional indonesia, anggota dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau dipecat dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak memiliki kedudukan sebagai calon PNS, PNS, bagian dari prajurit Tentara Nasional Indonesia, ataupun salah satu anggota Kepolisian Republik Indonesia.

5. Bukan salah satu anggota atau pengurus dari partai politik maupun ikut terlibat dalam politik praktis.

6. Mempunyai kualifikasi pendidikan seperti yang telah disesuaikan dalam persyaratan jabatan yang akan dilamar.

7. Sehat baik secara jasmani dan juga rohani sesuai dengan kualifikasi jabatan yang akan dilamar.

8. Bersedia dilokasikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia maupun negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.

Nantinya, bisa saja akan ada persyaratan tambahan lain yang dibutuhkan sesuai dengan bidang yang dilamar masing-masing peserta CPNS, tentunya sesuai kebutuhan masing-masing instansi.

Untuk dokumen yang akan dikumpulkan, hampir sama seperti seleksi tahun sebelumnya. Minimal, calon peserta harus mempersiapkan scan KTP, kartu keluarga, foto diri, swafoto, ijazah dan transkrip nilai.

Lembaga atau kementerian tempat calon peserta melamar bisa saja memberi tambahan persyaratan dokumen, seperti surat sertifikasi keahlian, surat keterangan sehat dan sejenisnya. Nantinya dapat disesuaikan kalau sudah ada lampiran persyaratan yang resmi dari pemerintah.

Itulah informasi terkait jadwal seleksi CPNS 2019 beserta persyaratannya dan dokumen yang dibutuhkan. (GaluhID1)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.