oleh

Jelang Pendaftaran CPNS 2019, Begini Cara Daftar Online di Situs BKN

 
 

Info CPNS 2019, Galuh.id– Pada bulan November 2019 pendaftaran CPNS 2019 akan kembali dibuka.

Mohon diingat, situs pendaftaran CPNS 2019 ini berbeda dengan sebelumnya. Laman pendaftaran CPNS tahun 2019 di SSCASN situs BKN.

Pendaftaran CPNS 2019 sudah di depan mata. Bagi yang ingin mendaftar, segeralah bersiap-siap. Melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN), pemerintah sudah siap membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru tahun 2019.

Seperti yang sudah dikabarkan melalui siaran pers, BKN mengumumkan jika dalam CPNS tahun 2019, sebanyak 197.117 formasi akan dibuka dengan rincian 37.854 formasi untuk pusat (74 K/L) dan 159.257 formasi (467 Pemda) untuk daerah.

Ada dua jenis formasi CPNS yang dibuka untuk seleksi PNS tahun 2019 ini, yakni selain formasi umum, ada juga formasi khusus. Formasi khusus diperuntukkan bagi pelamar cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan sebagainya yang bersifat strategi di pusat.

Kepala Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan bahwa jadwal perndaftaran CPNS akan dimulai pada akhir Oktober ini hingga awal November 2019 nanti.

Tahapan pertama merupakan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D). Lalu setelah itu, aka nada pengumuman pendaftaran dan akan dilanjutkan dengan pendaftaran online pada bulan November 2019.

Untuk pengumuman hasil seleksi administrasi telah dijadwalkan pada Desember 2019 yang kemudian akan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di bulan Januari 2020.

Hasil SKD ini rencananya sudah diagendakan pengumumannya dan akan dilakukan pada Maret 2020 dilanjuti dengan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

BKN sudah menyediakan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT). Kedua alat ini merupakan perangkat utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

Di samping itu, BKN juga mengajak kepada masyarakat agar waspada terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Antusiasme masyarakat dalam menunggu pendaftaran seleksi CPNS sering kali dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Karena itu, pemerintah berharap agar masyarakat selalu mendapatkan sumber informasi resmi dari BKN.

BKN bahkan sudah menyiapkan petugas helpdesk untuk seleksi CPNS 2019. Petugas tersebut nantinya akan menolong admin instansi ataupun pendaftar dalam menggunakan potal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, Efni Surayadi mengimbau masyarakat agar memanfaatkan aplikasi resmi milik pemerintah untuk mencari bahan ajaran.

Efni mengatakan kuota maksimal yang dapat mendaftar percobaan soal SKD dibatasi 1500 per hari. Saat ini, BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD lewat situs resmi yang bisa diakses lewat laman CAT situs BKN.

Efni menambahkan bahwa pembatasan kuota pendaftaran simulasi SKD itu, dilakukan untuk memastikan pengalaman akses yang bagus. Tapi, untuk jumlah akses yang mengikuti simulasi tidak dibatasi. Calon peserta dapat mencobanya kapanpun dan dimanapun.

Lalu bagaimana cara pendaftaran CPNS 2019 yang dilakukan secara online?

Pertama, para peserta CPNS diwajibkan untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.

Sebelum melakukan pendaftaran awal, pelamar diwajibkan untuk memastikan bahwa kedua data tersebut harus sesuai dengan data kependudukan yang terdaftar di Dirjen Dukcapil Pusat.

Berikut rincian alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

Buka situs SSCASN BKN, buat akun SSCN 2019 menggunakan nomor KTP dan nomor KK. Login menggunakan NIK dan password Lalu Lengkapi biodata.

Selanjutnya pilih formasi beserta jabatan sesuai pendidikan. Isi data kemudian upload dokumen. Cek resume. Terakhir, cetak kartu pendaftaran.

Selain alur pendaftaran CPNS 2019 secara tersebut, berikut agenda jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2019:

Oktober 2019: Penetapan formasi CPNS 2019, Pengumuman pendaftaran.

November 2019: Pengumuman pendaftaran, pembukaan pendaftaran seleksi.

Desember 2019: Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019.

Januari 2020: Masa sanggah, Pengumuman jadwal pelaksanaan tes SKD.

Februari 2020: Jadwal pelaksanaan tes SKD.

Maret 2020: Pengumuman hasil tes seleksi SKD, Jadwal pelaksanaan tes seleksi SKB.

April 2020: Jadwal intregasi nilai dari tes SKD dan SKB.

Nah, itulah cara pendaftaran CPNS 2019 secara online dan jadwal seleksi CPNS 2019. Semoga beruntung ya. (GaluhID1)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA