Kamis, Juni 20, 2024

Jelang Ramadhan, Warga Ciamis Sucikan Diri Lewat Tradisi Nyepuh

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Jelang Ramadhan, warga Desa Ciomas Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat gelar upacara adat nyepuh untuk mensucikan diri lahir dan batin, Sabtu (11/3/2023).

Sebagai informasi, kegiatan Nyepuh sudah jadi tradisi warga setempat menjelang bulan puasa atau ramadhan. Upacara adat itu mulai sejak pukul 07:00 WIB.

Warga mengawali acara tersebut dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ade Hilman santri dari pesantren Sirnarasa Ciomas.

- Advertisement -

Lalu berlanjut dengan takziah kubur ke Situs Keramat Makam Eyang Panghulu Gusti yang berada di Hutan Geugeur Emas yang jaraknya tidak begitu jauh dari kantor Desa Ciomas.

Enok sebagai kuncen Maqom, menyampaikan bahwa kegiatan ini intinya mensucikan diri lahir dari hal-hal yang tidak baik menjelang bulan suci ramadhan.

Dalam kesempatan tersebut, Enok juga menerangkan tata cara dalam takziah ke Maqom Eyang Penghulu dengan membaca surat Al Ikhlas.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

DPRKPLH Ciamis Gandeng Sejumlah Unsur Bersih-bersih Sungai Cileueur

Berita Ciamis, galuh.id - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan bersih-bersih Sungai...

Artikel Terkait