Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Kapan Insentif Kartu Prakerja Cair? Ini Jawabannya

Berita Nasional, galuh.id – Kapan Insentif kartu prakerja cair? Pertanyaan ini terlontar dari calon penerima insentif kartu prakerja yang telah selesai melaksanakan pelatihan.

Kartu prakerja adalan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi yang ditujukan untuk pencari kerja.

Peruntukan insentif kartu prakerja bukan hanya untuk pencari kerja saja, namun juga untuk pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Selain untuk pencari kerja dan yang terkena PHK, kartu prakerja juga diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Namun kenyataanya masih terdapat peserta gelombang I dan gelombang II yang insentifnya belum dapat dibayarkan pada peserta.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky, insentif kartu prakerja belum seluruhnya tersalurkan.

“Belum tersalurkan seluruhnya, karena verifikasi belum otomatis, butuh beberapa hari untuk menyelesaikan, lalu dipadankan kemudian insentif dibayarkan,” jelas Panji.

Panji menyampaikan hal tersebut melalui Video Conference, Senin (12/6/) terkait banyaknya peserta kartu prakerja yang belum mendapatkan insentif.

Kapan Insentif Kartu Prakerja Cair? Padahal Sudah Selesai Pelatihan

Karena verifikasi masih secara manual dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), mengakibatkan insentif kartu prakerja belum dapat dicairkan.

Meskipun peserta tersebut telah menempuh tahapan-tahapan yang menjadi syarat cairnya insentif kartu prakerja, salah satunya telah selesai melaksanakan pelatihan.

Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) diakui oleh Manajemen Pelaksana (Project Management Office/PMO), yang mengakibatkan pada keterbatasan sumber daya dalam verifikasi.

Dengan adanya keterbatasan SDM dan proses verifikasi secara manual tersebut, mengakibatkan insentif pasca pelatihan peserta kartu prakerja belum cair.

Panji menyampaikan saat ini terjadi backlog atau penumpukan data pada peserta gelombang I dan gelombang II yang insentifnya belum dicairkan.

Itulah penyebab yang menimbulkan pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, pertanyaan yang muncul pada peserta yang telah selesai melaksanakan pelatihan.

Hanya 51.255 peserta yang sudah mendapatkan insentif kartu prakerja dari jumlah seluruh peserta gelombang I dan gelombang II.

Yang sudah mendapatkan insentif tersebut dari jumlah total 456.256 orang peserta yang sudah lolos dari gelombang I dan gelombang II.

Insentif pasca pelatihan yang diterima oleh peserta yang lolos verifikasi sebesar Rp. 600 ribu untuk bulan pertama.

Kemudian peserta yang sudah menyelesaikan satu pelatihan sebanyak 219.489 peserta, sebagai salah satu syarat dicairkannya uang insentif.

Yang sudah selesai registrasi akun e-wallet atau rekening bank pada mitra pembayaran atau melalui situs kartu prakerja baru 132.509 orang.

Peserta Kartu Prakerja Perhatikan Akun Instagram Kartu Prakerja

Muncul pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, bisa jadi terdapat beberapa peserta yang tidak mengikuti keseluruhan petunjuk dari pihak kartu prakerja.

Peserta harus memperhatikan agar insentif kartu prakerja dapat cair, diantaranya NIK di akun dan rekening e-wallet harus sama.

Panji juga menyampaikan pihaknya telah mengingatkan peserta melalui akun instagram kartu prakerja, agar peserta melakukan verifikasi.

“Pada akun instagram kartu prakerja kami sudah mengingatkan peserta agar verifikasi akun e-wallet jika menggunakan e-wallet,” jelas Panji.

Sedangkan peserta yang menggunakan rekening Bank, menurut Panji untuk BNI sudah melakukan QYC sesuai dengan aturan Bank Indonesia.

Kemudian tambah Panji, untuk e-wallet tidak semua tergistrasi dan melalui proses QYC yaitu dengan foto KTP dan swafoto.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu pihak kartu prakerja serta mitra untuk melakukan verifikasi pembayaran insentif kartu prakerja.

“Yang benar-benar memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan benar telah didaftarkan sebagai pemegang akun, itulah yang akan menerima insentif,” jelasnya.

Sehingga peserta dari awal harus benar-benar memperhatikan petunjuk-petunjuk yang ada pada akun instragram kartu prakerja.

Sehingga pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, terdapat jawabannya dan tidak menimbulkan keresahan, terlebih yang telah menyelesaikan pelatihan.

Kaena adanya backlog atau penumpukan data, pihak kartu prakerja menunda pembukaan pendaftaran gelombang IV yang awalnya akan dibuka pada Mei.

Pihak PMO alasan menunda pembukaan, karena masih focus pada pencairan insentif peserta yang sudah selesai pelatihan tapi belum mendapatkan insentif.

Selain focus pada pencairan insentif, PMO kartu prakerja sedang mengembangkan system agar proses tidak dilakukan secara manual.

Itulah alasan serta jawaban bagi peserta yang bertanya kapan Insentif kartu prakerja cair, pihak kartu prakerja akan secepatnya melakukan pencairan. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan