Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Kapan Insentif Kartu Prakerja Cair? Ini Jawabannya

Berita Nasional, galuh.id – Kapan Insentif kartu prakerja cair? Pertanyaan ini terlontar dari calon penerima insentif kartu prakerja yang telah selesai melaksanakan pelatihan.

Kartu prakerja adalan bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan kompetensi yang ditujukan untuk pencari kerja.

Peruntukan insentif kartu prakerja bukan hanya untuk pencari kerja saja, namun juga untuk pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Selain untuk pencari kerja dan yang terkena PHK, kartu prakerja juga diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Namun kenyataanya masih terdapat peserta gelombang I dan gelombang II yang insentifnya belum dapat dibayarkan pada peserta.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky, insentif kartu prakerja belum seluruhnya tersalurkan.

“Belum tersalurkan seluruhnya, karena verifikasi belum otomatis, butuh beberapa hari untuk menyelesaikan, lalu dipadankan kemudian insentif dibayarkan,” jelas Panji.

Panji menyampaikan hal tersebut melalui Video Conference, Senin (12/6/) terkait banyaknya peserta kartu prakerja yang belum mendapatkan insentif.

Kapan Insentif Kartu Prakerja Cair? Padahal Sudah Selesai Pelatihan

Karena verifikasi masih secara manual dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), mengakibatkan insentif kartu prakerja belum dapat dicairkan.

Meskipun peserta tersebut telah menempuh tahapan-tahapan yang menjadi syarat cairnya insentif kartu prakerja, salah satunya telah selesai melaksanakan pelatihan.

Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) diakui oleh Manajemen Pelaksana (Project Management Office/PMO), yang mengakibatkan pada keterbatasan sumber daya dalam verifikasi.

Dengan adanya keterbatasan SDM dan proses verifikasi secara manual tersebut, mengakibatkan insentif pasca pelatihan peserta kartu prakerja belum cair.

Panji menyampaikan saat ini terjadi backlog atau penumpukan data pada peserta gelombang I dan gelombang II yang insentifnya belum dicairkan.

Itulah penyebab yang menimbulkan pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, pertanyaan yang muncul pada peserta yang telah selesai melaksanakan pelatihan.

Hanya 51.255 peserta yang sudah mendapatkan insentif kartu prakerja dari jumlah seluruh peserta gelombang I dan gelombang II.

Yang sudah mendapatkan insentif tersebut dari jumlah total 456.256 orang peserta yang sudah lolos dari gelombang I dan gelombang II.

Insentif pasca pelatihan yang diterima oleh peserta yang lolos verifikasi sebesar Rp. 600 ribu untuk bulan pertama.

Kemudian peserta yang sudah menyelesaikan satu pelatihan sebanyak 219.489 peserta, sebagai salah satu syarat dicairkannya uang insentif.

Yang sudah selesai registrasi akun e-wallet atau rekening bank pada mitra pembayaran atau melalui situs kartu prakerja baru 132.509 orang.

Peserta Kartu Prakerja Perhatikan Akun Instagram Kartu Prakerja

Muncul pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, bisa jadi terdapat beberapa peserta yang tidak mengikuti keseluruhan petunjuk dari pihak kartu prakerja.

Peserta harus memperhatikan agar insentif kartu prakerja dapat cair, diantaranya NIK di akun dan rekening e-wallet harus sama.

Panji juga menyampaikan pihaknya telah mengingatkan peserta melalui akun instagram kartu prakerja, agar peserta melakukan verifikasi.

“Pada akun instagram kartu prakerja kami sudah mengingatkan peserta agar verifikasi akun e-wallet jika menggunakan e-wallet,” jelas Panji.

Sedangkan peserta yang menggunakan rekening Bank, menurut Panji untuk BNI sudah melakukan QYC sesuai dengan aturan Bank Indonesia.

Kemudian tambah Panji, untuk e-wallet tidak semua tergistrasi dan melalui proses QYC yaitu dengan foto KTP dan swafoto.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu pihak kartu prakerja serta mitra untuk melakukan verifikasi pembayaran insentif kartu prakerja.

“Yang benar-benar memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan benar telah didaftarkan sebagai pemegang akun, itulah yang akan menerima insentif,” jelasnya.

Sehingga peserta dari awal harus benar-benar memperhatikan petunjuk-petunjuk yang ada pada akun instragram kartu prakerja.

Sehingga pertanyaan kapan Insentif kartu prakerja cair, terdapat jawabannya dan tidak menimbulkan keresahan, terlebih yang telah menyelesaikan pelatihan.

Kaena adanya backlog atau penumpukan data, pihak kartu prakerja menunda pembukaan pendaftaran gelombang IV yang awalnya akan dibuka pada Mei.

Pihak PMO alasan menunda pembukaan, karena masih focus pada pencairan insentif peserta yang sudah selesai pelatihan tapi belum mendapatkan insentif.

Selain focus pada pencairan insentif, PMO kartu prakerja sedang mengembangkan system agar proses tidak dilakukan secara manual.

Itulah alasan serta jawaban bagi peserta yang bertanya kapan Insentif kartu prakerja cair, pihak kartu prakerja akan secepatnya melakukan pencairan. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...