Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Bertambah Jadi 5 Orang, Pamarican Kembali Zona Merah

Berita Ciamis, galuh.id – Seorang warga Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis terkonfirmasi positif Corona setelah dilakukan tes swab dengan teknik PCR. Wilayah Pamarican yang tadinya sempat menjadi zona hijau, kini kembali berstatus zona merah.

Warga yang terkonfirmasi positif Corona terebut merupakan laki-laki berusia 57 tahun yang terpapar dari klaster seminar MTR (Masyarakat Tanpa Riba). Penularannya berasal dari transmisi lokal atau terpapar dari pasien positif yang ada di Ciamis.

Juru Bicara Covid-19 Center Ciamis, dr Bayu Yudiawan, mengatakan, kasus positif Covid-19 terbaru di Kabupaten Ciamis masih berkaitan dengan kasus positif kedua yang menimpa seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Pamarican.

“Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Ciamis berdasarkan tes PCR totalnya menjadi 5 orang. Dimana 2 orang sembuh, dan 3 orang masih menjalani isolasi mandiri,” ujar dr Bayu, Kamis (7/5/2020).

Menurut Bayu, kasus positif 05 adalah Tuan A, suami dari Nyonya H, yang sempat positif Corona dan menjadi kasus 02 di Kabupaten Ciamis.

“Nyonya H, usia 54 tahun asal Kecamatan Pamarican, terpapar dari klaster seminar MTR. Nyonya H sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil konfirmasi PCR yang menunjukkan hasil negatif dua kali berturut-turut,” kata Bayu.

Saat pemeriksaan rapid test, Tuan A terindikasi positif Corona. Namun hasil PCR-nya pada awalnya menunjukkan hasil negatif.

“Baru kemarin hasil PCR hasilnya positif untuk Tuan A. Pada pemeriksaan awal kemungkinan sampel swabnya belum bereaksi karena masih masa inkubasi,” ungkapnya.

Isolasi Mandiri

Nyonya H, sebelumnya menjalani isolasi mandiri meskipun dinyatakan positif, dan tidak dirawat di rumah sakit lantaran tidak menunjukkan gejala sakit Covid-19. Dia pun masih satu rumah dengan suaminya Tuan A, namun disiplin menjalankan protokol isolasi mandiri.

“Ketika PCR menunjukkan hasil negatif, kemungkinan karena euphoria, terlalu gembira sehingga lengah dan lalai tidak menjalankan protokol isolasi mandiri, kemungkinan saat itu menularkan kepada suaminya,” kata dr Bayu.

Saat ini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ciamis masih berkonsultasi dengan Gugus Tugas Provinsi terkait langkah selanjutnya untuk menangangi kasus 05, Tuan A.

“Tuan A menjalani isolasi mandiri, rata-rata kasus positif Covid-19 di Ciamis merupakan klaster tanpa gejala. Kemarin Tuan A hanya batuk pilek sedikit,” katanya.

Bayu menegaskan saat ini ada 5 kasus positif di Ciamis, dua diantaranya dinyatakan sembuh, sementara 3 orang lainnya masih menjalai isolasi mandiri.

“Kasus 05 berasal dari Kecamatan Pamarican. Jadi Pamarican kembali zona merah. Saat ini Ciamis ada 2 kecamatan zona merah, yaitu Banjarsari dan Pamarican,” tandasnya. (GaluhID/Ndu)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...

PLN LIstrik Gratis Bulan Agustus, Ini Cara Mudah Klaimnya

PLN listrik gratis bulan Agustus menjadi kabar gembira bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Pemerintah bersama dengan...